Menikmati Pesona Wisata Probolinggo yang Menenangkan

Destination | Senin, 21 Oktober 2019 11:11

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Walau tak setenar Malang, Probolinggo punya pesona wisata yang tak kalah indah.

Dream - Kabupaten Probolinggo, mungkin tidak setenar Malang. Padahal, kabupaten yang masuk dalam kawasan Tapal Kuda di Jawa Timur ini punya banyak destinasi yang mempesona. 

Berdasarkan catatan sejarah, nama Probolinggo berasal dari dua kata dalam bahasa Sansekerta, Probo dan Lingga. Probo berarti sinar, dan Lingga berarti tanda.

Konon, dulu ada meteor atau benda bercahaya yang jatuh di Probolinggo. Tempat ini lalu menjadi petilasan perdamaian raja-raja Jawa.

Secara geografis, Probolinggo berada di lokasi strategis. Dekat dengan Gunung Bromo dan pantai-pantai di utara Jawa yang tenang, membuat Probolinggo jadi destinasi kota kedua yang menyenangkan.

Wisata Probolinggo masih belum seramai dan seterkenal kota-kota tetangganya. Walau begitu pesona keindahan alamnya tidak bisa diragukan.

Menikmati Pesona Wisata Probolinggo yang Menenangkan
Sumber: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Pegunungan Kawasan Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Karena lokasinya dekat dengan Gunung Bromo, Probolinggo memiliki banyak tempat wisata yang masih satu kesatuan dengan gunung legendaris tersebut. Salah satunya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Jalan Bromo KM. 3, Kota Probolinggo.

Kawasan ini memiliki 12 kawasan alam dengan luas keseluruhan sekitar 50 ribu hektar. Kawasan ini terdiri dari hutan seluas 26 ribu hektar, kawasan rehabilitasi 2 ribu hektar dan kawasan-kawasan lain.

Bukit Teletubbies Bromo

 Wisata Probolinggo
© https://pesona.travel/keajaiban/480/perjalanan-menuju-bukit-teletubies-bromo

Siapa yang tak kenal dengan serial anak Teletubbies? Yang paling mudah diingat dari serial itu adalah bukitnya.

Di Probolinggo, ada satu tempat wisata tak jauh dari Bromo bernama Bukit Teletubbies. Bukit ini dipenuhi savanna hijau mempesona.

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari Coban Pelangi, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

3 dari 5 halaman

Air Terjun

Air Terjun Madakaripura

 Wisata Probolinggo
© https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-madakaripura/

Di Probolinggo, ada satu air terjun yang sangat terkenal bernama Madakaripura. Air terjun ini dipercaya sebagai tempat Gadjah Mada menempat diri dengan pengetahuan dan kanuragan hingga menjadi Mahapatih di Kerajaan Majapahit. 

Pemandangan air terjun ini sangat indah dengan ketinggian air 200 meter. Harga tiket masuknya hanya Rp11 ribu.

Air Terjun Buto Ijo

Selain Madakaripura, ada air terjun unik bernama Buto Ijo. Air terjun ini terletak di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris. Tidak hanya memamerkan pemandangan asri saja, tapi ada banyak wisata air seperti rafting di Songa.

Air Terjun Triban

Satu lagi air terjun unik yang wajib dikunjungi ketika berada di Probolinggo, yaitu Triban. Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Ngepung, Sukapura, 23 kilometer dari pusat kota.

Air terjun ini tidak tinggi dan sangat cocok untuk berenang karena aliran di bawahnya sangat tenang.  

4 dari 5 halaman

Gunung

Gunung Argapura

Selain Gunung Bromo, Probolinggo memiliki satu gunung yang masih alami yaitu Argapura di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil. Gunung ini terkenal dengan hutan damarnya yang masih alami. Ada pula Danau Taman Hidup yang indah.

Wisata Probolinggo ini sangat cocok bagi para pendaki. Jalur pendakian Argapura cukup menantang, dan termasuk dalam kategori ekstrem di Pulau Jawa.

Begitu sampai di puncak, pemandangan alam akan mengobati rasa lelah selama pendakian.

 Wisata Probolinggo
© https://pesonajatim.com/tirto-ageng-pemandian-alam-probolinggo/

Tirto Ageng

Di tengah hutan kecil Desa Lumbang, ada satu mata air terkenal bernama Tirto Ageng. Mata air ini cukup besar seperti kolam renang di tengah pepohonan hijau.

Akar-akar pepohonan menambah indah warna airnya. Wisatawan bisa sekadar berfoto atau bermain air di Tirto Ageng, tak perlu membayar retribusi.  

5 dari 5 halaman

Pantai Mempesona

Gili Ketapang

Tempat wisata satu ini jadi andalan Probolinggo. Pesonanya tak kalah dengan pantai-pantai di Lombok atau Bali.

Pulau kecil di utara lepas pantai Probolinggo ini memiliki pasir putih halus dan pemandangan bawah laut yang indah. Wisatawan bisa melakukan penyelaman dan snorkeling di kawasan Gili Ketapang.

Untuk bisa sampai di kawasan ini, wisatawan bisa menaiki perahu dari Pelabuhan Tanjung Tembaga selama satu jam.

Bee Jay Bakau

 Wisata Probolinggo
© https://www.beejaybakauresort.com/

Kalau enggan menyeberangi laut, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di Probolinggo. Salah satu pantai unik yang wajib dikunjungi adalah Bee Jay Bakau, kawasan resor pantai bakau yang mempesona.

Wisatawan bisa masuk ke kawasan ini dengan membayar tiket seharga Rp30 ribu-Rp50 ribu. Di tempat wisata ini, ada banyak fasilitas dan hiburan menyenangkan, dijamin bikin liburan semakin berkesan.  

Pantai Duta

Satu lagi pantai yang tak kalah unik. Kali ini berada di Desa Randutatah yang dipenuhi dengan pohon pinus rindang di tepi pantainya. Selain bersantai dan bermain ombak, wisatawan bisa melihat aktivitas nelayan sambil menikmati kuliner khas Probolinggo yang menggoda.

Dirangkum dari berbagai sumber

Join Dream.co.id