Hwaeomsa, Harta Karun Tersembunyi Jirisan

Destination | Selasa, 3 Agustus 2021 20:42

Reporter : Ahmad Baiquni

Kuil ini sudah berdiri sejak abad ke-5 dan menyimpan banyak peninggalan sejarah Korsel.

Dream - Kuil Buddha di kaki Gunung Jirisan, Joella, Korea Selatan ini, bak surganya warisan kekayaan negara. Terdapat 4 aset penting Korsel yang tersimpan di dalamnya.

Hwaeomsa, kuil Buddha di antara Gunung Geumgangsan dan Gunung Hallasan ini dibangun oleh biarawan asal India. Kuil bersejarah ini sudah berdiri sejak abad ke-5, dan menawarkan pemandangan indah di setiap sisinya.

Dikutip dari Korea Herald, sejak dulu, warga Korsel sangat memuja kuil Hwaeomsa. Karena pemandangan pegunungan yang eksotis dan termasu dalam daftar 10 kuil yang mewakili idealisme Hwaom.

Kuil Hwaemosa didaftarkan oleh guru Buddhis terkenal, Uisang. Kuil ini dimanfaatkan tempat pendidikan dan sarana untuk mempromosikan agama Buddha.

Menurut catatan Yeongi, pembangunan kuil ini disempurnakan oleh Dinasti Silla yang memerintah Korea pada abad ke-7. Penyempurnaan bangunan kuit dijalankan di era Raja Moonmu.

 

Hwaeomsa, Harta Karun Tersembunyi Jirisan
Hwaeomsa, Kuil Buddha Tertua Korsel (Koreaherald.com)
2 dari 2 halaman

Banyak Harta Karun Nasional

Di sekitar bangunannya tersimpan berbagai harta karun tersembunyi. Seluruhnya sudah dalam pengakuan negara sebagai aset berharga yang dilindungi

Lukisan Buddha yang mengantung di aula utama Hwaemosa, Daeungjeon, ditetapkan sebagai Harta Nasional No.1363. Sedangkan aula Gakhwangjeon terdaftar sebagai harta nasional No. 67.

Kemudian, di depan Gakhwangjeon, berdiri lentera batu setinggi 6,36 meter, sudah ditetapkan sebagai Harta Nasional No. 12. Batu yang memiliki alas berbentuk segi delapan dan mempunyai motif ukiran bunga di tengahnya ini, diperkirakan sudah ada sejak Dinasti Silla.

Cara pembuatannya cukup sulit dengan teknik pahat yang unik. Ini menjadikannya benda dari batu terbesar di Korea.

Di antara aset sejarah lainnya adalah Batu Pagoda, tiga tingkat singa empat, yang merupakan Harta Nasional No. 35.

Laporan : Delfina Rahmadhani

Join Dream.co.id