Ekranoplan Lun Class, Monster Laut Kaspia Milik Rusia yang Tinggal Nama

Ilustrasi ekranoplan Lun Class yang terdampar di bibir pantai, terlihat kusam dan berkarat di sana-sini (Foto: Derbent News/via Oddity Central)
DESTINATION  |  25 Oktober 2020 13:11

Akhir yang tragis untuk sebuah kapal bersayap yang paling mengesankan secara visual dan kemampuan yang pernah dibuat manusia.

Reporter : Arini Saadah

Dream – Ekranoplan Lun Class MD-160 yang terlihat futuristik milik Rusia ini terdampar di pantai Laut Kaspia dengan kondisi yang mengenaskan.

Saat perang dingin, Uni Soviet berusaha mengembangkan Ekranoplan sebagai senjata untuk menyerang musuh. Ekranoplan Lun Class merupakan wahana hibrida kapal-pesawat dengan teknologi Wings in Group Effect (WIG).

Karena dirancang secara futuristik, Ekranoplan dipasang tenaga turbojet yang bisa membuatnya melayang cepat di atas laut. Ekranoplan Lun Class adalah satu proyek yang berhasil dibangun dan dibekali persenjataan anti kapal yang mematikan.

Dilansir dari Oddity Central, kini Ekranoplan yang mendapat julukan Monster Laut Kaspia itu terdampar di pantai. Sejarahnya sudah tiba pada bab terakhir untuk segera dimasukkan ke dalam museum. Kapal semi pesawat ini berada di tepi pantai Laut Kaspia dengan kondisi yang mengenaskan tak terurus.

Selanjutnya : Tergorok ke Bibir Pantai
Diary POPA #51 bersama Rara & Jirayut | Pop Academy 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Diary POPA #51 bersama Rara & Jirayut | Pop Academy 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :