Dibangun di China, Ini Dia Jalan Bertenaga Surya Pertama Dunia

(Foto: XinhuaNet)
DESTINATION  |  2 Januari 2018 16:25

Negara satu ini memang nggak ada matinya ya untuk urusan pembangunan infrastruktur berteknologi canggih. Kalau sebelumnya jembatan tertinggi dan terpanjang dunia, kali ini China bikin 'Jalan Surya'.

Reporter : Puri Yuanita

Dream - China telah membuka jalan sepanjang 1 kilometer di Jinan, ibukota Provinsi Shandong di selatan Beijing. Jalan dua jalur itu mencakup 5.875 meter persegi dan dapat menghasilkan tenaga hingga 1 juta kilowatt-hours setiap tahun - cukup untuk memberi daya 800 rumah di China menurut XinhuaNet. Listrik akan digunakan untuk menjalankan lampu jalan, papan reklame, kamera pengintai, dan plaza tol. Ini juga akan digunakan untuk memanaskan permukaan jalan saat musim salju.

Permukaan jalan ini terbuat dari beton transparan yang bisa menahan tekanan 10 kali lebih banyak daripada beton biasa, menurut Slate. Di bawah beton ada panel surya yang mengubah sinar matahari menjadi listrik. Di bawah panel surya adalah lapisan isolasi yang dirancang untuk melindungi mereka dari panas atau dingin yang berlebihan.

 jalan surya

" Proyek ini akan menghemat ruang untuk membangun panel tenaga surya dan memperpendek jarak transmisi," kata Xu Chunfu, Ketua Qilu Transportation Development Group, pengembang proyek. Dia mengklaim biaya jalan surya China nyaris sama dengan jalan serupa di negara lain. Seperti Prancis misalnya yang sudah bereksperimen membuat jalan matahari.

Tapi Slate mengklaim bahwa biaya jalan China $458 per meter persegi - kira-kira 90 kali biaya jalan aspal tradisional. " Dengan pengembangan tenaga surya di China, biayanya bisa dikurangi," kata Xu. Di kota-kota padat (China memiliki lebih dari 120 kota dengan populasi satu juta lebih), tidak selalu ada ruang untuk panel surya, sehingga menemukan lokasi alternatif seperti jalan dan badan air menjadi lebih umum.

Namun, orang bertanya-tanya apakah beton cukup transparan untuk membiarkan sinar matahari menembus. Banyak juga yang khawatir jika jalan tersebut mungkin menyebabkan lebih banyak kecelakaan lalu lintas. Ada pula yang mempertanyakan, bagaimana cara mengganti panel surya yang rusak jika terbungkus dengan lapisan beton. Semua itu akan terjawab seiring pengoperasian jalan ini nantinya.

(Sumber: cleantechnica.com)

 

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jawab Isu Pernikahan, Ini Kabar Terbaru Juwita Bahar
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :