Menguak Misteri Gua Terbesar di Dunia

Gua Han San Dong layak kamu coba. (Foto: Amusing Planet)
DESTINATION  |  22 Juli 2018 13:30

Sensasinya luar biasa, tapi ada bahaya terbesar yang harus kamu waspadai.

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Dream – Sahabat Dream, di Vietnam, ada salah satu warisan dunia yang bisa kamu kunjungi. Situs tersebut bernama Gua Han Son Dong.

Dikutip dari Amusing Planet, Jumat 20 Juli 2018, Gua Han Son Dong ini terletak di di Phong Nha-Ke Bàng National Park, Distrik Bo Trach, provinsi Quang Bình, Vietnam. Jaraknya 500 km ke arah selatan dari Hanoi.

Gua yang di dalamnya memiliki hutan dan sungai di dalamnya ini memiliki panjang hampir 8,8 km dan tingginya mencapai gedung setinggi 40 lantai. Son Dong dalam bahasa Vietnam artinya sungai gunung, karena di dalamnya terdapat aliran sungai deras yang mengalir.

 Penampakan Gua Han San Dong dari atas.

Pada 1991 gua ini ditemukan oleh penduduk setempat oleh Ho Khanh yang secara tidak sengaja berburu di goa tersebut. Namun, temuan ini baru dieksplorasi lebih jauh tahun 2009 oleh anggota British Cave Research Association (BCRA), Howard dan Deb Limbert, bersama Ho Khanh.

Gua vertikal terbesar di dunia ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2014. Pada saat itu pemerintah setempat telah memberikan izin pada operator wisata untuk mengajak wisatawan menjelajahi keindahan gua vertikal ini. Sejak saat itu, tercatat sudah ada 900 orang yang menjelajahi keindahan gua vertikal terbesar di dunia ini. 

 Gua Han San Dong menjadi gua terbesar di dunia.

Perlu dicatat, nih, ada bahaya terbesar di gua ini yang menjadi peringatan adalah sungai bawah tanah. Para pengunjung yang ingin menjelajah pun dipilih berdasar kategori mahir (advance).

Tak mudah memang untuk mencapai gua yang digambarkan bak negeri dongeng ini. Di pintu masuk gua, Sahabat Dream akan langsung merasakan aura keindahan dan kemegahan gua. Kalau betah, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di dalam gua vertikal tersebut.

Perjalanan menuju Gua Han Son Doong hampir memakan waktu setengah hari menembus hutan dengan pepohonan lebat masih berdiri dan terlihat sangat alami. Bahkan, sekelompok kupu-kupu yang beterbangan akan sangat mudah dijumpai di hutan lebat ini.

Salah satu aspek keindahan gua ini adalah di saat cahaya matahari masuk ke dalam gua yang kemudian menimbulkan berkas cahaya yang sangat indah untuk diabadikan dengan kamera seperti drone dan GoPro.

 Sinar matahari masuk ke gua.

Pastikan kamu membawa perlengkapan ke gua. Yang terpenting, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan Gua Han San Dong.

(Laporan: Rahma Yulius)

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lika-liku Perjalanan Cinta Roger Danuarta dan Cut Meyriska
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :