Desa Hobbiton Dinobatkan Sebagai Habitat Kupu-Kupu Terbaik di Dunia

Destination | Minggu, 29 November 2020 13:11

Reporter : Arini Saadah

Hobbiton merupakan desa yang menjadi rujukan negara-negara di dunia.

Dream – Desa Hobbiton di Selandia Baru ini begitu fenomenal sampai ditiru di berbagai negara termasuk Indonesia. Desa Hobbiton merupakan salah satu objek wisata Selandia Baru yang terkenal karena pernah digunakan sebagai lokasi syuting film The Lord of The Ring dan The Hobbit.

Dilansir dari Lonely Planet, baru-baru ini, desa Hobbiton dinobatkan sebagai habitat kupu-kupu terbaik di dunia. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya dimanjakan dengan hijaunya perbukitan dan bunga liar yang tumbuh di Hobbiton namun juga bisa melihat kupu-kupu yang indah.

Lokasi ini juga merupakan tujuan populer bagi para penggemar film dan wisatawan mancanegara. Desa ini baru saja mendapat anugerah sebuah plakat dari Moths and Butterflies of New Zealand yang menyatakan tempat ini adalah contoh terbaik untuk habitat kupu-kupu dan ngengat.

Desa Hobbiton Dinobatkan Sebagai Habitat Kupu-Kupu Terbaik di Dunia
Ilustrasi Desa Hobbiton Di Selandia Baru Yang Dinobatkan Sebagai Habitat Kupu-kupu Terbaik Di Dunia (Foto: Hobbiton/Lonely Planet)
2 dari 4 halaman

Habitat Kupu-kupu

Kupu-kupu membutuhkan dua jenis tanaman untuk berkembang biak dengan baik yang menjadi sumber nektar untuk makanannya serta tempat untuk inang yang digunakan sebagai lokasi betina bertelur.

Sehingga ulat dari telur-telur kupu-kupu bisa memakan tanaman inang, menjadi kepompong di situ, dan akhirnya menjadi kupu-kupu yang cantik.

Juru Bicara The Moths and Butterflies of New Zealand Trust Jacquil Knight mengatakan perkebunan di desa Hobbiton akan didesain untuk kenyamanan habitat kupu-kupu dan ngengat.

“ Jenis berkebun di sekitar Hobbiton akan diklasifikasikan sebagai berkebun di rumah. Desainnya informal menggunakan bahan tradisional dan tanaman lebat berwarna-warni, karena ada banyak bunga berbentuk daisy, untuk kupu-kupu yang membutuhkan bantalan sebagai tempat duduk untuk mengisap nektar,” ujar Knight.

3 dari 4 halaman

Bebas Pestisida

Sejak 2009 MBNZT telah melakukan pencarian terhadap negara-negara yang bisa dijadikan contoh habitat yang baik kupu-kupu.

Mereka tidak secara cuma-cuma memberikan sertifikasi, tetapi benar-benar menjamin bahwa tempat itu bisa menampung tiga spesies berbeda dan memenuhi syarat untuk habitat kupu-kupu dan ngengat, seperti sinar matahari cukup dan bebas pestisida.

Jacqui mengatakan reaksi masyarakat terhadap penganugerahan itu sangatlah baik.  Tempat itu sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh MBNZT sebaagi habitat kupu-kupu.

“ MBNZT sangat prihatin dengan kondisi Selandia Baru yang terus kehilangan spesies hewan setiap tahunnya, jadi di tahun-tahun mendatang akan lebih banyak orang yang sadar bahwa kita memiliki kupu-kupu yang indah untuk dijaga,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Kupu-Kupu dan Penyerbukan

Taman Hobbiton adalah bagian yang sangat penting dalam cerita kisah Shire. Kupu-kupu merupakan bagian integral untuk membantu tanaman tetap hidup dengan simbiosis mutualisme karena kupu-kupu membantu perkembangbiakan tanaman.

Tim MBNZT mengajak masyarakat untuk mencintai dan menghormati serangga dan burung yang membantu perkembangbiakan tanaman melalui proses penyerbukan.

“ Hobbiton adalah rumah bagi serangga, maka dari itu kami berusaha menyediakan lingkungan terbaik untuk perkembangbiakan mereka,” kata Lily Craig dari Hobbiton. (Beq)

Join Dream.co.id