Daftar Tempat yang Ramai Dikunjungi Warga Hong Kong Saat Imlek

Destination | Kamis, 11 Februari 2021 10:49

Reporter : Dwi Ratih

Banyak tempat-tempat keren nih!

Dream – Tahun baru Imlek jadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu. Pada perayaan ini, masing-masing orang dapat membuat harapan untuk ke depannya.

Berkumpul dan makan malam bersama keluarg serta menikmati pertunjukan barongsai dan tari naga adalah bagian dari perayaan Imlek.

Namun, masa pandemi seperti ini mengubah perayaan Tahun Baru Imlek, yang semula dapat berkumpul beramai-ramai, jadi harus menahan untuk tidak berkerumun.

Tapi tunggu dulu, di Hong Kong, seluruh masyarakat masih tetap melakukan beberapa ritual tertentu untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek meski tetap dalam aturan kesehatan yang berlaku.

Salah satunya dengan berkunjung ke beberapa tempat. Memangnya tempat apa saja sih yang biasanya banyak dikunjungi warga Hong Kong saat Imlek?

Daftar Tempat yang Ramai Dikunjungi Warga Hong Kong Saat Imlek
Chinese New Year Hong Kong (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

1. Temple (kuil)

Kuil adalah tempat orang biasa datang untuk meminta permohonan tertentu.

Beberapa temple di Hongkong yang kerap dikunjungi sebagai berikut:

- Man Mo Temple

 Man Mo Temple
© shutterstock.com

Di kuil ini biasanya para orang tua membawa anak-anak mereka untuk berdoa kepada Dewa Man, agar diberikan berkah untuk mendapatkan nilai yang baik pada pendidikannya.

Hal unik ini selalu terjadi saat akan menjelang Tahun Baru Imlek dan pada September.

Selain itu, orang juga datang untuk berusaha memegang Pena Emas yang ada di depan kuil. Konon bila pelajar memegang pena emas ini dapat menambah keterampilan dalam belajar dan bagi para penulis bisa menambah berkah dalam mencari nafkah.

3 dari 5 halaman

Wong Tai Sin Temple dan Che Kung Temple

- Wong Tai Sin Temple

Di kuil ini orang berbondong-bondong memberi persembahan secepatnya, karena hal ini dipercaya semakin cepat orang memberi persembahan, semakin cepat pula permintaan dikabulkan.

 Wong Tai Sin Temple
© shutterstock.com

Menjelang perayaan imlek orang banyak mengunjungi kuil ini agar permintaanya cepat terkabulkan.

Dikisahkan Wong Tai Sin mengambulkan permintaan melalui Kao Chim (tongkat permintaan), para pengunjung yang datang akan diminta mengguncangkan wadah berisi banyak Kao Chim sehingga terdapat 1 Kao Chim yang jatuh, sebelum mengguncang penggunjung diwajibkan mengajukan pertanyaan.

Kao Chim yang terjatuh itu akan menjadi jawaban atas pertanyaan yang diajukan.

- Che Kung Temple

Sebelum perayaan imlek orang berkunjung ke kuil ini untuk berdoa kepada Jendral Che Kung, dengan memukul genderang perang yang terletak pada luar kuil, menandakan sebagai pembertahuan kepada jendral bahwa mereka sedang berdoa di kediamannya.

Selain itu ritual yang sering dilakukan pada kuil ini adalah roda keberuntungan (Windmill), ritual ini dipercaya untuk menentukan garis keberuntungan di tahun mendatang.

Bila setahun sebelumnya hidup banyak dihampiri keberuntungan, putar roda sesuai arah jarum jam. Begitu pula sebaliknya, bila setahun sebelumnya hidup banyak tantangan, putar roda berlawanan dengan arah jarum jam.

Untuk menambah berkatnya, selesai melakukan ritual mereka akan membeli windmill yang dipercaya sebagai magnet pembawa keberuntungan ke dalam rumah.

4 dari 5 halaman

2. Upper Lascar Row

Tempat yang biasa disebut juga Antique Street, di mana pada jalan ini terdapat banyak toko yang menjual barang-barang antik khas Tiongkok.

 Upper Lascar Row
© shutterstock.com

Pengunjung mengahampiri tempat ini biasanya untuk membeli keperluan barang-barang yang dibutuhkan saat menjelang pesta perayaan Imlek. Misalnya patung kucing selamat datang, gantungan-gantungan Imlek, angpao dan lainnya.

3. Shin Hing Street

Menjelang perayaan banyak orang hadir ke tempat ini untuk membeli Folk Chinese Blessing, seperti semacam gantungan yang biasa di tempel pada rumah-rumah berisi tulisan-tulisan permohonan dan harapan. Pada tempat ini kamu akan menemukan toko yang menjual Folk tersebut.

Penulisan harapan pada folk dapat dibuat sesuai keinginan pembeli. Biasanya ditulis dengan tinta warna gold di atas kertas warna merah, yang menggambarkan nuansa imlek.

5 dari 5 halaman

4. Yiu Fung

Tempat terakhir yang akan di kunjungi adalah Yiu Fung, tempat ini menjual banyak makanan manis dan makanan ringan untuk kebutuhan imlek.

 Chinese New Year Hong Kong
© shutterstock.com

Biasanya orang-orang akan berkunjung dan membeli beberapa makanan manis kesukaan untuk dikonsumsi saat perayaaan imlek berlangsung. Salah satu nya adalah Chinese New Year Candy Box yang berisi beberapa jenis permen manis.

(Laporan: Josephine Widya, Sumber: Tur Virtual bersama Hong Kong Tourism Board)

Join Dream.co.id