Curug Batu Templek, Sensasi Berlibur di Tebing Batu

Curug Batu Templek Bandung (Pesona.travel)
DESTINATION  |  20 Januari 2020 11:11

Destinasi ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memang terkenal dengan destinasi alamnya yang eksotis. Sebut saja di antaranya Kawah Putih, Situ Patenggang, Perkebunan Teh Rancabali, dan masih banyak lagi.

Ada juga destinasi alam menarik namun tak banyak diketahui. Namanya Curug Batu Templek, yang berlokasi di Kampung Cisanggarung Lebak, Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan.

Destinasi ini menawarkan pemandangan berupa tebing batu yang terbentuk karena proses alam. Tidak terlalu tinggi tapi air yang jatuh di sela-sela tebing memberikan kesan eksotis.

Situs Batu Templek dulunya merupakan lokasi tambang batu. Masyarakat sekitar mengolah batu dari tempat ini sebagai bahan material bangunan.

 Curug Batu Templek

Batu-batu dari tempat ini digunakan untuk membangun Gedung Sate di era kolonial. Aktivitas tambang berlanjut meski Gedung Sate sudah berdiri namun dengan intensitas yang menurun.

Tetapi, aktivitas tambang batu di Curug Batu Templek saat ini sudah tidak berjalan. Karena pemandangannya yang unik, pemerintah setempat bersama masyarakat menjadikannya sebagai destinasi wisata.

Di situs ini, kamu dapat menjumpai tebing batu dengan susunan bertumpuk. Mirip dengan bukit karst yang terdapat di Yogyakarta.

Pemandangan di sini sangat memanjakan mata. Dua mata sungai di atas tebing mengalirkan air terjun yang menyatu pada muara di bawah.

 Curug Batu Templek

Air yang terkumpul di muara bawah tebing dapat dimanfaatkan untuk bermain atau naik perahu. Masyarakat setempat juga memanfaatkannya untuk pertanian dengan mengalirkannya ke sawah mereka.

Debit air ketika musim kemarau akan menurun sementara saat musim pengujan cukup tinggi, memperindah pemandangan curug ini. Dari atas curug, kamu juga dapat menyaksikan keindahan Gunung Manglayang di sisi timur.

Selain menikmati keindahan air terjun, ada sejumlah kegiatan wisata ekstrem yang bisa kamu lakukan. Tersedia beberapa spot menantang seperti tebing untuk memanjat, jembatan gantung sepanjang 50 meter yang menghubungkan tebing air terjun ke tebing batu di sisi timur.

Kegiatan wisata ekstrem di tempat ini dijamin aman. Sebab, ada pemandu yang siap mendampingi dan perlengkapan standar keamanan yang bisa disewa.

Menuju destinasi ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 40 menit dari pusat kota Bandung. Tetapi jika ditempuh dari Terminal Cicaheum, lama perjalanan hanya sekitar 25 menit.

Sumber: pesona.travel

Streaming Dove Super Hair Super Day Class Launch #2
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Dove Super Hair Super Day Class Launch #2
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :