Berwisata Ramah Muslim di Filipina, Mindanao Jadi Pilihan Tepat

Destination | Rabu, 8 Desember 2021 11:10

Reporter : Ahmad Baiquni

Mindanao selain punya alam yang cantik, juga banyak masjid dan tempat makan halal.

Dream - Soal wisata, negara-negara Asia Tenggara jagonya. Kawasan ini terkenal dengan keindahan alamnya, yang jadi daya tawar jika disejajarkan dengan destinasi di negara-negara lain.

Asia Tenggara rata-rata memiliki kondisi geografis yang lengkap. Ada laut, pantai, pulau, hingga gunung yang selalu bikin penasaran traveler.

Apalagi bicara soal prestasi di bidang wisata. Negara-negara Asia Tenggara kerap masuk di daftar teratas.

Salah satunya Filipina, yang terkenal dengan kecantikan bentang alamnya. Apalagi dipadu unsur budaya, wisata Filipina terasa komplit.

Siapa bilang Filipina tak ramah Muslim? Negara ini punya banyak destinasi traveling yang nyaman untuk orang Islam.

Buat kamu yang tertarik berwisata halal di Filipina, Mindanao bisa jadi pilihan tepat. Sebagai pulau terbesar di selatan Filipina dan terletak di Semenanjung Melayu, Mindanao memiliki penduduk beragama Islam cukup banyak.

Kamu cukup mudah menemukan masjid juga makanan halal. Dua hal yang sangat penting diperhatikan untuk wisata halal.

Ada beberapa alasan Mindanao perlu dikunjungi buat wisata halal. Berikut daftarnya, seperti dikutip dari Halal Trip.

 

Berwisata Ramah Muslim di Filipina, Mindanao Jadi Pilihan Tepat
Masjid Tepi Danau Di Mindanao, Filipina (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Budaya dan Karakter Masyarakat

Sebagai pulau terbesar kedua Filipina, Mindanao jadi tempat pertemuan beragam budaya dan agama. Masyarakat Mindanao dikenal plural soal keyakinan dan tetap damai.

Selain itu, tradisi masyarakat yang terjaga secara turun temurun. Banyak orang Mindanao bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan.

Kamu bisa bersantai di tengah hamparan ladang. Atau, sesekali belanja ikan di dekat pantai.

Selain itu, masyarakat Mindanao sangat ramah. Mereka tidak akan keberatan membantumu mendapatkan pengalaman menarik.

Keramahan ini juga jadi daya tarik kuat buat liburan di Mindanao. Sekali mengenal penduduk setempat, kamu pasti betah dan tak ingin pulang cepat-cepat.

 

3 dari 3 halaman

Atraksi yang Menarik, Juga Pas Buat Muslim

Mindanao adalah rumah bagi atraksi yang tidak akan pernah kamu lupakan. Dari pegunungan yang menakjubkan seperti Gunung Apo yang suci, pulau-pulau yang menakjubkan seperti Pulau Samal dan Pulau Camiguin, dan tujuan ekowisata seperti Danau Sebu.

Belum lagi situs-situs menakjubkan seperti Hinatuan Enchanted River dan cagar alam seperti Suaka Margasatwa Agusan Marsh dan Pusat Elang Filipina. Mindanao memiliki semua itu.

Tetapi yang terpenting, kamu tidak akan kesulitan menjalankan kewajiban sebagai Muslim. Meski penduduk Muslim bukan mayoritas, ada banyak tempat yang pas buat umat Islam di Mindanao.

Ada banyak masjid dan kedai makanan halal dapat ditemukan di sejumlah kota besar di Mindanao. Seperti Kota Davao dan Marawi, yang lebih ramah Muslim daripada yang lebih kecil.

Apalagi, Daerah Otonom di Mindanao Muslim terdiri dari lima provinsi, yaitu Lanao del Sur, Maguindanao, Sulu, Tawi-Tawi dan Basilan (tidak termasuk Kota Isabela). Provinsi-provinsi ini mayoritas Muslim sehingga menemukan fasilitas sholat dan makanan halal relatif lebih mudah.

Jadi, tidak ada alasan lagi menghapus Filipina dalam daftar tujuan wisata halal kamu, bukan?

Join Dream.co.id