Menjelajahi Destinasi Bahari Kepulauan Seribu nan Eksotik

Destination | Senin, 4 November 2019 11:11

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kepulauan Seribu jadi tempat yang cocok untuk sejenak melepas penat dari bisingnya Ibu Kota.

Dream - Sebagai Kota Metropolitan, Jakarta tentu padat dengan berbagai aktivitas masyarakatnya. Tidak jarang kemacetan timbul di sana sini akibat terlalu banyaknya kendaraan bermotor. 

Suasana ini tentu membuat kita kelelahan baik secara fisik maupun pikiran. Ditambah pekerjaan yang menumpuk, rasa penat bisa datang melanda. 

Ingin liburan, tapi waktu yang ada sangat terbatas? Tenang, ada destinasi yang indah dan menarik di pinggiran Jakarta, tepatnya di Kepulauan Seribu.

Letaknya yang tidak jauh dari Ibu Kota membuatmu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menuju Kepulauan Seribu. Liburanmu akan penuh kesan meski berlangsung cukup singkat. 

Kepulauan Seribu memiliki sejumlah pulau menarik dikunjungi. Beberapa pulau bahkan sudah dilengkapi sejumlah fasilitas wisata. 

Berikut delapan pulau yang bisa dijadikan destinasi liburan.

Menjelajahi Destinasi Bahari Kepulauan Seribu nan Eksotik
Sumber: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Pulau Bidadari dan Pulau Ayer

Pulau Bidadari

Pulau ini letaknya paling dekat dengat pesisir Jakarta. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit saja menggunakan kapal.

Pulau Bidadari dikenal memiliki pepohonan langka, seperti Pohon Perdamaian, Pohon Sentigi, dan Pohon Kayu Hitam. Rindangnya pepohonan membuat pulau ini sangat nyaman untuk bersantai.

Pulau Ayer

 Wisata Bahari Jakarta
© https://www.indonesia.travel/gb/en/trip-ideas/10-islands-to-plunge-into-in-jakarta-s-thousand-island

Pulau Ayer terletak tak jauh dari Pulau Bidadari. Pulau ini memiliki fasilitas paling lengkap dari pulau-pulau lainnya.

Dari villa, restoran, lapangan olahraga, taman bermain, dan fasilitas olahraga air, semuanya ada. Uniknya lagi, resor di Pulau Ayer memiliki desain tradisional Papua.

Sahabat Dream yang ingin mengunjungi kedua pulau ini bisa melalui penyedia jasa liburan. Atau bisa juga datang langsung ke pulau ini dari Pelabuhan Marina Ancol.

3 dari 5 halaman

Pulau Onrust dan Pulau Tidung

Pulau Onrust

Nama pulau satu ini cukup unik dan berbeda dari lainnya. Pulau Onrust menyimpan banyak situs sejarah, terutama di masa penjelajahan Belanda.

Dalam Bahasa Belanda, Onrust berarti Unrest (tidak beristirahat). Pulau ini juga disebut sebagai pulau museum karena meninggalkan banyak jejak sejarah dari tahun 1800.

Sahabat Dream yang ingin melakukan perjalanan sejarah, Onrust sangat cocok untukmu

Pulau Tidung

 Wisata Bahari Jakarta
© http://pulau-seribu.com/paket-wisata-pulau-tidung/

Pulau Tidung memiliki dua bagian, Tidung Besar dan Tidung Kecil. Juga ada satu jembatan ikonik yang menghubungkan dua pulau ini bernama Jembatan Cinta.

Keberadaan jembatan ini membuat suasana pulau jadi lebih romantis. Selain cocok jadi tempat bulan madu, Pulau Tidung juga tepat untuk menyelam dan snorkeling.

4 dari 5 halaman

Pulau Pari dan Pulau Pramuka

Pulau Pari

 Wisata Bahari Jakarta
© https://www.jejakpiknik.com/pulau-pari/

Lokasi Pulau Pari tak terlalu jauh dari Pelabuhan Marina Ancol dan sangat cocok untuk menghabiskan liburan singkat saat berada di Jakarta. Pulau ini memiliki pesona pemandangan alam yang cukup asri.

Wisatawan bisa menikmati laut utara Jakarta sambil memancing. Jangan lupa pula mengunjungi Bukit Matahari untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Pulau Pramuka

Kalau pulau-pulau sebelumnya dihuni oleh sedikit orang dan dipusatkan untuk pariwisata, Pulau Pramuka berbeda. Di pulau ini, wisatawan bisa menjumpai penduduk lokal, menemukan bangunan sekolah, masjid, bank dan masih banyak fasilitas umum lainnya.

Walau berpenghuni, pulau ini tak kalah indah dengan pulau lainnya. Di Pulau Pramuka ini, ada spesies penyu sisik hijau dengan nama latin Eretmochelys imbricata.

Penyu ini merupakan satwa endemik di Pulau Pramuka. Jika, beruntung, wisatawan bisa melihat langsung penyu ini.

5 dari 5 halaman

Pulau Sepa dan Pulau Pelangi

Pulau Sepa

 Wisata Bahari Jakarta
© Shutterstock

Hampir setiap pulau di Kepulauan Seribu memiliki keunikan tersendiri. Di Pulau Sepa, pesisir pantai penuh dengan pasir halus menjadi ciri khasnya.

Selain itu, pulau ini menyediakan fasilitas olahraga air seperti snorkeling, banana boat, menyelam dan jet ski.

Pulau Pelangi

Satu lagi pulau yang wajib dikunjungi yaitu Pulau Pelangi. Pulau ini terletak 70 kilometer dari Pelabuhan Marina Ancol.

Hampir sama dengan fasilitas di pulau lain, snokerling, menyelam dan banana boat. Bedanya, kondisi air laut di pulau ini jauh lebih tenang dan jernih.

Semua pulau di Kepulauan Seribu sangat cocok untuk menghilangkan penat di waktu yang singkat di Jakarta. Terlebih untuk kabur dari keriuhan kota metropolitan yang tak pernah istirahat.

Sumber: Wonderful Indonesia

Join Dream.co.id