Bersantai di Watergong, Dulu Penuh Sampah Kini Jadi Sungai Indah

Watergong (Instagram @@albertus_bagusr)
DESTINATION  |  9 Oktober 2020 11:23

Watergong punya pemandangan indah, dengan air jernih berisi banyak ikan.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Sungai selalu jadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan bermain. Apalagi jika sungai tersebut bersih dan punya pemandangan indah.

Sayangnya, sungai semacam itu hanya dapat ditemui di kawasan pegunungan dan perbukitan. Sementara sungai di kawasan permukiman rata-rata dipenuhi sampah.

Tetapi tidak demikian dengan Watergong. Sungai ini kini menjadi destinasi wisata, dengan airnya yang jernih dan penuh ikan.

Watergong terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Destinasi wisata tersebut sudah dibuka sejak lima tahun lalu.

Pengelola Watergong, Bagong Margono, mengatakan dulunya sungai tersebut sangat kotor dan penuh sampah. Bagong tergerak membersihkan sungai tersebut karena rasa cintanya pada alam.

 Watergong

Watergong (Instagram @wisatasemarang)

Butuh waktu bertahun-tahun bagi Bagong untuk membersihkan sampai di sungai tersebut. Setelah bersih, Bagong menabur bibit ikan nila hingga satu ton.

Lambat laun, upaya Bagong menuai hasil. Banyak orang datang lantaran tertarik untuk bersantai di Watergong.

Apalagi setelah tempat itu viral. Pengunjung Watergong jadi semakin banyak.

" Setelah viral, ada yang setengahnya saya kasih bibit ikan koi. Jadi, ikan koi baru ada setelah viral, tujuannya supaya kelihatan lebih bagus dan pengunjung lebih senang untuk datang kembali," ujar Bagong.

 Watergong

Watergong (Instagram @@albertus_bagusr)

Jumlah ikan koi yang saat ini hidup di Watergong sudan lebih dari 2.000 ekor dengan sebagian dijual kepada pengunjung. Sementara ikan nila dimanfaatkan untuk menu makanan di restoran Watergong, sebagian juga dijual.

Pengunjung Watergong berasal dari berbagai tempat dan tetap ramai meski di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu, Bagong mengakui ada beberapa fasilitas yang harus ditiadakan, seperti live musik pada malam hari.

Restoran Watergong tetap buka saat pandemi. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan.

" Jadi, di sini ada 20 tempat air untuk cuci tangan, kita nggak pakai hand sanitizer, sementara untuk masker itu harus selalu dipakai," kata Bagong.

Buat kamu yang ingin liburan dan tetap aman Covid-19, tempat ini bisa jadi referensi. Tetap sehat ya.

Sumber: Liputan6.com/Henry

Backstage POPA #36 bersama Jirayut & Indra Bekti | Pop Academy 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Backstage POPA #36 bersama Jirayut & Indra Bekti | Pop Academy 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :