Berkeliling Solo Dengan Mobil Listrik Bergaya Vintage

Destination | Sabtu, 16 Oktober 2021 15:07

Reporter : Ahmad Baiquni

Wisata Solo makin lengkap dengan hadirnya delapan unit mobil listrik vintage.

Dream - Membayangkan " Solo" , pasti yang terlintas di pikiran adalah wisata kota dengan suasana klasik. Solo memang kaya dengan bangunan-bangunan khas tempo dulu.

Mulai dari Keraton Kasunan, Pura Mangkunegaran, Benteng Vastenburg dan masih banyak lagi. Belum lagi alat transportasi klasik untuk wisata seperti Kereta Uap Jaladara dan Bus Wisata Werkudara, membuat suasana seperti kembali ke masa lalu.

Solo memang sangat berkomitmen untuk semakin mengembangkan sektor pariwisata. Selain merevitalisasi sejumlah tempat, Solo juga meningkatkan fasilitasnya untuk memanjakan para pelancong.

Baru-baru ini, Solo mendapat hibah delapan unit mobil listrik bergaya vintage. Mobil ini merupakan hibah dari Yayasan Tahir untuk turut menggeliatkan sektor pariwisata Solo.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno, mengatakan setelah uji coba nanti, delapan unit mobil listrik ini akan beroperasi di tujuh rute destinasi. Wisatawan dapat menikmati nyamannya berkeliling Kota Solo memanfaatkan fasilitas transportasi unik ini.

" Tiketnya per orang untuk sementara. Harganya sesuai dengan bus (Bus Wisata Werkudara) yang ada itu, Rp20 ribu," ujar Hari.

 

Berkeliling Solo Dengan Mobil Listrik Bergaya Vintage
Mobil Listrik Bergaya Vintage Turut Promosikan Pariwisata Solo (Merdeka.com/Arie Sunaryo)
2 dari 2 halaman

Tiket Online

Nantinya, pelancong yang ingin mengakses mobil ini dapat mendaftar di Dinas Perhubungan. Dinas akan mengeluarkan tiket yang bisa diakses secara online.

" Sementara ini kita operasikan tiak week end atau Sabtu dan Minggu," kata Hari.

Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Surakarta, Retno Wulandari, menyambut baik hibah mobil listrik vintage tersebut. Dia mengatakan mobil tersebut memperbanyak moda transportasi dan berharap dapat turut mempromosikan wisata Kota Solo.

" Solo itu punya moda transportasi yang cukup banyak, mulai dari Bus Werkudara, Bus MICE Gatotkaca, Kereta Uap Jaladara, dan ini ditambah delapan unit mobil listrik," kata Retno.

Retno mengatakan banyaknya moda transportasi dapat menjadi alternatif berwisata di Kota Solo. Wisatawan bisa menikmati suasana Solo dengan cara berbeda, dikutip dari Merdeka.com.

Join Dream.co.id