9 Museum Gratis di Jogja yang Wajib Dikunjungi

9 Museum Gratis di Jogja
DESTINATION  |  17 Juni 2019 14:34

Wisata gratis dan edukatif bisa Sahabat Dream temui di Jogja. Ada banyak museum yang bisa dikunjungi secara gratis. Berikut daftar 13 museum gratis di Jogja yang wajib dikunjungi.

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Museum Gratis di Bantul

1.    Museum Gumuk Pasir

Dilansir dari Parangtritis Geomaritime Science Park, merupakan hasil kerja sama dengan antara Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional dengan Fakultas Geografi UGM pada 2001. Museum ini berlokasi di Kawasan Kagungan Dalem Gumuk Pasir, Depok, Bantul.

museum gumuk pasir

Museum ini terdiri dari 4 lantai yang memiliki banyak ruangan seperti ruang audio visual, bilik interaktif, zona teras Yogyakarta, zona antara, zona bahariku di lantai 1, hingga zona ufuk parangtritis di lantai 4.

museum gumuk pasir


Museum Gumuk Pasir membuka layanan kunjungan setiap Senin-Jumat pukul 08.00 hingga 16.00. Sedangkan untuk akhir pekan, harus mengajukan permohonan khusus.

2.    Museum Purbakala Pleret

Museum Purbakala satu ini terletak di Dusun Kedaton, Kecamatan Pleret, Bantul. Museum ini memang masih begitu asing, karena letaknya yang cukup jauh dari keramaian kota Yogyakarta. Namun selayaknya museum lainnya, museum ini memiliki cukup banyak koleksi dari benda-benda sejarah.

Salah satu koleksinya berasal dari Candi Gampingan dan Situs Payak, dan ada juga beberapa pinjaman koleksi dari museum lainnya. Yang unik dari museum ini adalah sumur Gumuling, sumur berwarna merah yang kono airnya magis.

Untuk sampai ke museum ini, Sahabat Dream bisa melewati Jalan Imogiri Timur sampai ke perempatan Wonokromo.

3.    Museum Jendral H.M Soeharto

Siapa yang tidak mengenal Jendral Besar Soeharto? Tentu Sahabat Dream mengenal sosok pemimpin rezim Orde Baru ini ya.

Museum Soeharto

Di Dusun Kemusuk, Sedayu, Bantul terdapat museum yang berisi memorial Soeharto lho. Museum ini dibangun atas prakarsa sang adik, H. Probosutejo. Selain itu, museum ini bertujuan untuk mengenang prestasi dan keberhasilan Soeharto saat menjadi pemimpin Indonesia.

4.    Museum Wayang Beber Sekartaji

Museum yang satu ini berada di kawasan Kanutan, Sumbermulyo, Bantul. Selain gratis, museum ini juga memiliki pementasan wayang beber dan koleksi wayang serta lukisan-lukisan bersejarah, lho.

Koleksi Museum Wayang Sekartaji


Museum Sekartaji sendiri memiliki visi melestarikan wayang beber sebagai karya agung adiluhung asli nusantara. Selain pementasan wayang beber, museum Sekartaji juga memiliki program melukis wayang beber dan membuat kertas nusantara. Wah menarik ya, Sahabat Dream!

Selanjutnya : Museum Gratis di Kota Yogyakarta
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :