Ada 'Taj Mahal' Merah, Kisahnya Hampir Sama

Taj Mahal Merah (Atlas Obscura)
DESTINATION  |  18 Februari 2021 11:09

Bangunan ini punya bentuk sangat mirip dengan Taj Mahal.

Reporter : Ahmad Baiquni

Dream - Taj Mahal, salah satu destinasi wajib dikunjungi saat liburan ke India. Bangunan bersejarah ini menyimpan kisah cinta yang melegenda.

Tetapi, tahukah kamu ada bangunan menyerupai Taj Mahal? Bentuk bangunan persis sama, hanya warnanya merah.

Kisah di balik berdirinya bangunan itu juga mirip. Hanya, tokohnya dari dunia Barat.

Dikutip dari Atlas Obscura, seorang musafir Belanda, John Hessing menjadi perwira militer pada pergantian abad ke-19. Saat itu, dia berdinas Scindia Marathas di Agra.

 Taj Mahal Merah

Hessing juga memiliki peran penting dan bertanggung jawab penuh mempertahankan Benteng Agra. Tetapi pada 1803, dia terbunuh saat pertempuran melawan Inggris.

Sama seperti Taj Mahal yang dibangun sebagai simbol cinta kaisar Shah Jehan untuk istrinya, monumen ini dibuat istrinya, Ann Hessing untuk mengenang suaminya. Rasa cintanya kepada Hessing begitu besar.

Makam yang dikenal sebagai Red Taj Mahal ini memiliki banyak kesamaan desain. Jika Taj Mahal menggunakan marmer putih, Red Taj Mahal ini menggunakan batu pasir merah sebagai bahannya.

Selain itu makan tersebut juga menggunakan ukiran khas gaya Mughal, lengkungan, kubah, dan desain simetris. Walaupun begitu masih tetap terdapat perbedaan antara Taj Mahal yang asli dari segi strukturnya yang jauh lebih rapat serta tata letak persegi yang sederhana.

 Taj Mahal Merah

Di pintu masuk kuburan terdapat dua prasasti yang tertulis dalam Bahasa Persia. Satu prasasti mengungkapkan kesedihan istrinya dan yang lainnya menandai tahun kematiannya.

Makam Hessing mencerminkan interaksi berbagai budaya yang terjadi sebelum India dikuasai Pemerintah Kolonial Inggris. Hessing dimasukkan ke dalam kerajaan Hindu lokal dan diberi posisi otoritas tinggi untuk mempertahankan kerajaan dari kekuatan Eropa.

Monumen yang bertempat di pemakaman Katolik ini menggabungkan elemen umum dari arsitektur makam Islam. Makam ini berada di pemakaman di salah satu jalan utama Agra dan lokasinya dapat diakses lewat Google Maps.

Tetapi pemakaman ini tidak memiliki waktu resmi buka. Sehingga untuk bisa berkunjung ke pemakaman itu, kamu harus sering datang untuk memastikan jam buka.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Millen Cyrus Tersandung Narkoba (Lagi)
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :