Puaskan Keinginan Selfie di Destinasi Instagramable Gunung Kidul

Destination | Minggu, 22 September 2019 13:17
Puaskan Keinginan Selfie di Destinasi Instagramable Gunung Kidul

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Tak hanya pantai-pantai yang indah, ada banyak tempat wisata Gunung Kidul lainnya yang wajib dikunjungi.

Dream - Gunung Kidul, salah satu kabupaten yang masuk wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belakangan menjadi tujuan populer di kalangan pecinta traveling. Ini lantaran Gunung Kidul punya banyak destinasi menarik dengan pemandangan menakjubkan. 

Keindahan alam Gunung Kidul bisa dinikmati lewat sejumlah pantainya yang cantik. Juga lewat wisata gua maupun air terjun yang menenangkan. 

Selalu ada pengalaman seru setiap kali liburan ke Gunung Kidul. Wajar saja jika semakin banyak traveler memasukkan Gunung Kidul dalam daftar tujuan liburan mereka. 

Dalam beberapa tahun terakhir, destinasi baru banyak bermunculan di Gunung Kidul. Uniknya, setiap destinasi tidak pernah sepi pengunjung. 

Tempat-tempat wisata ini juga jadi andalan liburan kaum kekinian.Karena pemandangannya yang cantik, sangatpas untuk berfoto selfie dan mengunggahnya di Instagram.

2 dari 6 halaman

Telaga Biru Semin

Kawasan bekas pertambangan yang dijadikan sebagai tempat wisata ternyata juga ada di Gunung Kidul, namanya Telaga Biru Semin. Tempat wisata ini memang belum lama dibuka, dan belum banyak pengunjung yang datang berkunjung.

Lubang bekas pertambangan yang terisi air memancarkan warna kehijauan yang cantik, ditambah dengan bebatuan berwarna kecoklatan, dijamin bakal bikin hasil foto menjadi lebih ciamik.

 Wisata Gunung Kidul
© https://www.instagram.com/p/BkHvh-NhMtw/?utm_source=ig_web_copy_link


Tak hanya bisa menikmati keindahan Telaga Biru Semin yang berlokasi di Dusun Ngemplak. Candirejo, Kecamatan Semin ini, wisatawan juga bisa bermain air genangan telaga ini dengan menyewa pelampung seharga 10 ribu rupiah.

3 dari 6 halaman

Wisata Gunung Kidul Watu Giring

Sama dengan Telaga Biru Semin, tempat wisata yang satu ini juga merupakan bekas pertambangan. Bedanya, Watu Giring terbentuk dan disusun dari batu-batu bekas tambang. Bekas batu tambang ini disusun sedemikian rupa sehingga membentuk satu kompleks batu seperti tangga berundak.

Walau kawasan ini tak terlalu besar, tapi berpose di Watu Giring membuat hasil foto tampak seperti berada di situs purba yang terungkap. Ditambah lagi dengan sekeliling Watu Giring yang dipenuhi dengan pepohonan hijau, menambah estetik foto hasil jepretan.

Tempat wisata ini tak jauh berbeda dengan Tebing Breksi di Kalasan, Sleman. Akses menuju lokasi ini cukup mudah, tepatnya di Desa Jelok, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul.  

4 dari 6 halaman

Wisata Gunung Kidul Embun Batara Sriten

Tempat wisata Gunung Kidul yang tak kalah indahnya ialah Embun Batara Sriten. Kawasan wisata ini menyuguhkan pemandangan alam dari ketinggian, yang tergolong baru, karena baru dibuka dan diresmikan pada tahun 2014 lalu.

Dari Embun Batara Sriten, wisatawan bisa menikmati pemandangan danau buatan yang berfungsi sebagai penampung air hujan dan digunakan untuk mengairi perkebunan warga sekitar.

Tak hanya bisa menikmati pemandangan perbukitan yang asri, wisatawan juga bisa berjalan-jalan mengelilingi kawasan agrowisata klengkeng dan manggis. Bila beruntung, wisatawan bisa membeli langsung buah klengkeng dan manggis yang masih segar.

Tempat wisata ini berlokasi di Perbukitan Batur Agung, Sriten, Nglipar, Gunung Kidul. 

5 dari 6 halaman

Wisata Gunung Kidul Gardu Pandang Mangol Kencana

Masih di ketinggian, Gardu Pandang Mangol Kencana bisa dijadikan destinasi wisata Gunung Kidul yang dijamin akan membuat foto-foto liburan tampak lebih apik. Tempat wisata ini juga jadi andalan bagi para kaum muda yang senang fotografi untuk jadi lokasi hunting foto.

Lokasi wisata ini tak jauh dari Bukit Bintang, salah satu tempat wisata Gunung Kidul lainnya yang punya pesona hampir sama. Keduanya sama-sama berada di ketinggian dan menyuguhkan pemandangan bukit yang indah.

Walau berada di kawasan perbukitan, wisatawan tak perlu khawatir tentang fasilitas untuk wisatawan. Mulai dari kamar mandi, gardu kecil, dan musala sudah tersedia dan terawat dengan baik di sini.

Bagi Sahabat Dream yang ingin berlibur ke Gardu Pandang Mangol bisa langsung menuju ke alamat Dusun Sumber Tetes Kelurahan Pathuk, Gunung Kidul.

6 dari 6 halaman

Wisata Gunung Kidul Watu Payung

Menikmati pemandangan senja di bukit, pasti sangat menyenangkan. Dan, foto yang dihasilkan pun pasti sangat indah. Dua hal ini bisa Sahabat Dream peroleh dengan berkunjung ke Watu Payung yang berlokasi di Desa Girisuko, Panggang, Gunung Kidul.

Kawasan ini juga menyajikan beberapa titik wisata yang menarik, seperti air terjun, gua, dan sungai Oya. Wisatawan bisa menghabiskan waktu ke beberapa titik tersebut dengan trekking sambil menikmati pemandangan perbukitan yang menawan.

Selain itu, di tempat wisata ini juga disediakan titik untuk berfoto dengan pemandangan bukit yang menawan. Sudah pasti instgramable banget dan pas untuk membuat feed Instagram jadi lebih menarik.

Dirangkum dari berbagai sumber

Join Dream.co.id