7 Tempat Wisata Alam China yang Menyejukkan

Destination | Rabu, 17 Juli 2019 09:09

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Selain Beijing, ada banyak tempat wisata China yang bisa dikunjungi lho!

Dream - Atraksi spesial di Beijing, patung prajurit Terracotta di Xian dan hutan pencakar langit Shanghai, sudah tidak asing lagi bagi traveler yang ingin berkunjung ke China. Tiga destinasi tersebut hanya sebagian dari seluruh tempat wisata yang dimiliki Negeri Tirai Bambu.

Dikutip dari CNN Travel, China memiliki wilayah teritorial yang luas dengan beragam kontur permukaan. Kondisi alam ini membuat China punya banyak sekali tempat wisata alam sekaligus mengandung nilai sejarah.

Selain tiga tempat di atas, masih ada tujuh destinasi lain di China yang cocok untuk liburan. Kamu bisa merasakan sensasi menyatu dengan alam sekaligus menikmati tradisi setempat yang kaya.

7 Tempat Wisata Alam China yang Menyejukkan
Sumber: Pixabay
2 dari 8 halaman

Desa Kuno Hongcun

Desa kuno di Anhui ini merupakan salah satu yang tertua di China. Desa ini sudah berusia sekitar 900 tahu, ditandai dengan bangunan dengan arsitektur khas.

Pemandangan Gunung Huangshan menjadi latar belakang yang memperindah suasana Hongcun. Selain itu, desa ini juga memiliki danau 'Moon Lake' atau 'Danau Bulan'.

Desa ini dihuni penduduk yang ramah dan sebagian besar adalah petani. Lokasi tepatnya berjarak 70 kilometer barat laut dari Kota Huangshan.

Untuk bisa sampai di desa ini, wisatawan bisa melalui beberapa kota besar yang terhubung dengan Bandara Huangshan, seperti penerbangan dari Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Xian.

3 dari 8 halaman

Xiapu Mudflat

Xiapu Mudflat merupakan destinasi favorit para fotografer. Tempat ini berada di daerah kecil di sepanjang garis pantai China bagian tenggara.

Xiapu Mudflat ini memiliki danau lumpur panas terbesar di China dengan luas 40 kilometer persegi dan berada di garis pantai sepanjang 400 kilometer. Di sepanjang pantai Xiapu Mudflat ini terbentuk garis seperti belang harimau.

Di atasnya, terdapat kutub bambu, pelampung dan kapal para penangkap ikan yang menambah indah struktur Xiapu Mudflat ini.

Kerennya, berkunjung ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya. Untuk sampai di Xiapu Mudflat, wisatawan harus menempuh jarak sejauh 175 kilometer dari Fuzhou, Provinsi Fujian.

4 dari 8 halaman

Menara Fortress, Kaiping, Guangdong

Menara Fortress jadi tempat wisata China yang juga populer. Menara ini berdiri awal abad ke-20 oleh Kaipingers, sekelompok arsitek yang terkenal.

Kaipingers pulang melancong dan kembali ke Guangdong membawa gaya arsitek yang unik, perpaduan gaya Islam, Romawi, bahkan Yunani.

Menara-menara ini dibangun untuk menunjukkan kekayaan yang dimiliki daerah tersebut sekaligus berfungsi melindungi penduduk setempat dari perang dan perampokan. Ada sekitar 1.800 menara benteng yang masih berdiri di tengah sawah penduduk.

Untuk bisa sampai ke Kaiping, wisatawan harus menempuh jarak 130  kilometer dari Guangzhou, ibukota provinsi Guangdong. Selain dengan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa datang ke tempat wisata ini menggunakan bus regular dari terminal Guangzhou.

5 dari 8 halaman

Yangshuo, Guangxi

Yangshuo di Guangxi punya pemandangan alam yang sangat indah. Tempat ini memadukan perbukitan dan sungai yang mempesona.

Tempat wisata Yangshou terletak di tepi sungai. Penduduk sekitar bermata pencaharian sebagai nelayan tradisional.

Wisatawan bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kawasan Yangshou yang asri dan damai. Selain itu, traveler juga bisa menikmati pemandangan sungai berisi perahu nelayan berlalu lalang atau para petani yang bekerja di ladang.

Untuk bisa sampai di kawasan ini, wisatawan bisa naik bus dari Guilin, Zhongshan Lu. Bisa juga menggunakan kereta dari Guilin Selatan dengan waktu tempuh 90 menit.

6 dari 8 halaman

Huangguoshu Waterfall, Guizhou

Huanguoshu Waterfall di Provinsi Guizhou dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Asia. Tingginya mencapai 77.8 meter dengan lebar 101 meter.

Wisata alam ini bisa diakses dari segala penjuru, mulai dari atas, bawah, depan, belakang, serta dari samping. Air terjun ini memiliki aliran air 700 meter kubik per detik ini paling pas dikunjungi di bulan Juni hingga Agustus.

Untuk sampai di tempat wisata China ini, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Bandara Huangguoshu dengan penerbangan dari Beijing atau Guangzhou.

7 dari 8 halaman

Guanyin Statue, Hainan

Destinasi menarik di China lainnya yaitu Patung Guanying yang terletak di Pantai Sanya. Patung ini didirikan dekat Gunung Nanshan yang ada di balik pantai.

Berdasarkan mitos setempat, ada tiga patung menghadap daratan yang terletak di China, Taiwan, dan dekat dengan Laut China Selatan. Patung-patung ini dipercaya akan memberi keberkatan.

Patung ini memiliki tinggi 108 meter. Sejak 2005 diklaim jadi salah satu patung tertinggi di dunia.

Untuk bisa sampai ke patung ini, wisatawan bisa berkendara atau naik bus dari Kota Sanya.

8 dari 8 halaman

Yalong Bay, Hainan

Yalong Bay di Provinsi Hainan menawarkan pemandangan alam tropis yang mempesona. 

Tidak hanya pemandangan pantai, wisatawan juga bisa menikmati olahraga air seperti berselancar, dan berenang di tepi pantainya.

Teluk ini berada tak jauh dari Kota Sanya, tepatnya 28 kilometer. Untuk sampai ke Sanya, wisatawan bisa menggunakan penerbangan internasional dari Singapura, Hongkong, Tokyo dan Seoul.

Join Dream.co.id