7 Hotel AS yang Kaya Akan Sejarah Politik, Watergate Jadi Primadona

Destination | Kamis, 29 Oktober 2020 13:08

Reporter : Arini Saadah

Tetapi The Watergate bukanlah satu-satunya hotel yang kaya akan sejarah politik kepresidenan Amerika Serikat.

Dream – Hanya beberapa tahun setelah dibuka di pusat kota Washington D.C, hotel The Watergate yang terjerat skandal politik yang rumit. Tetapi The Watergate bukanlah satu-satunya hotel yang kaya akan sejarah politik kepresidenan Amerika Serikat.

Sejak 1789 ketika George Washington dilantik sebagai Presiden Pertama AS, para pemimpin telah makan, berunding, menulis, dan mengistirahatkan kepala mereka di hotel-hotel di seluruh AS.

Selain The Watergate, masih banyak lagi hotel-hotel di AS yang memiliki sejarah politik. Berikut ini 7 Hotel AS yang kaya akan seajrah politik seperti dikutip dari Lonely Planet.

7 Hotel AS yang Kaya Akan Sejarah Politik, Watergate Jadi Primadona
Ilustrasi Hotel Del Coronado Di San Diego, California (Foto: Hotel Del Coronado)
2 dari 8 halaman

Hotel Watergate di Washington DC

Hotel Watergate identik dengan skandal politik paling terkenal di AS tahun 1972 yang melibatkan presiden Richard Nixon. Insiden itu berupa pembobolan markas besar Komite Nasional Demokrat.

Hotel Watergate didesain oleh seorang arsitek Italia bernama Luigi Moretti dan pertama kali dibuka pada 1976. Watergate dibuka kembali pada 2016 setelah renovasi besar-besaran.

Sekarang property hotel bintang lima ini bernuansa modern abad pertengahan. Bahkan seragam para stafnya pun dirancang oleh desainer kostum terkemuka. Hotel ini dilengkapi dengan spa, kolam renang dalam ruangan, dan bar atap yang menghadap ke sungai Potomac.

3 dari 8 halaman

Hotel Plaza Pioneer Park di Texas

Hotel Plaza Pioneer Park dibuka di El Paso, Texas pada 1930. Tapi bangunannya berasal dari tahun 1800-an. Sebelum pengambilalihan Conrad Hilton, seorang pengusaha hotel terkenal, bangunan itu adalah Sheldon Hotel yang pada saat itu dikenal sebagai hotel paling mewah di AS barat daya.

Hotel Sheldon adalah markas tidak resmi para anggota revolusi Meksiko. Presiden AS ke-27 William Howard Taft menjadi tamu di hotel ketika bertemu dengan presiden Meksiko Porfirio Diaz pada 1909.

Properti di hotel itu dipulihkan namun tetap mempertahankan arsitektur art dec ikoniknya dengan menambahkan fasilitas modern nan mewah.

4 dari 8 halaman

Hotel Mayflower, Washington DC

Hotel Mayflower terletak di Washington DC yang terdaftar sebagai tempat bersejarah nasional dan hotel bersejarah di AS. Hotel ini memilikidesain elegan dan merupakan hotel paling terkenal di kedua di Washington.

Hotel Mayflower pernah menampung presiden AS dalam 95 tahun sejarahnya. Pada Maret 1933, di tengah depresi besar  dan pad amalam sebelum pelantikan, Presiden Franklin D Roosevelt menulis pidato pengukuhan di kamar hotel 776. Pidato Roosevelt yang paling berkesan adalah “ satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri.”

Selain itu Direktur FBI J. Edgar Hoover makan di Carvery Restaurant dan Coffee Shop hampir setiap hari selama 20 tahun. Sedangkan Presiden Harry Truman menyebut hotel ini sebagai alamat kedua terbaik di Washington.

5 dari 8 halaman

Hotel Hermitage Nashville

Hotel  Hermitage Nashville di Tennessee bergaya indah dengan seni beaux di pusat kota Nashville. Hotel ini dibangun dengan lantai marmer Tennessee, kolom marmer Italia dan jendela kaca yang dicat di lobi masih terlihat sama sejak dibuka pada 1910 silam.

Selama 110 tahun, hotel ini menjadi property idaman keluarga kerajaan Hollywood, ikon olahraga, dan legenda musik termasuk Johnny Crash. Tapi hotel ini juga menjadi favorit para politikus AS. Karena hotel ini menajdi pusat pembuatan Undang-Undang.

Hotel megah ini telah menyambut Presiden Woodrow Wilson, Richard Nixon, John F Kennedy, Lyndon B. Johnson, Jimmy Carter, Bill Clinton, George W Bush, dan William Howart Taft.

6 dari 8 halaman

Hotel JW Marriot Scottsdale Camelback Inn Resort & SPA

Di Arizona, ada hotel yang dibangun di atas tanah seluas 125 hektar, tepatnya di gurun Sonoran yang menjadi tempat pelarian bagi pengunjung yang etrkenal sejak dibuka pada 1930-an.

Presiden George HG Bush dan ibu negara Barbara memanfaatkan tempat perlindungan terpencil namun lengkap ini untuk berlibur sebelum ia menjadi presiden.

John F Kennedy menghabiskan waktu di resort saat memulihkan diri dari kecelakaan kapal PT 109 yang terkenal selama bentrokan dengan kapal Jepang pada 1943. Dan masih banyak sejarah politik dalam hotel ini.

7 dari 8 halaman

Hotel del Coronado di California

Presiden Benjamin Harrison menjadi presiden pertama yang mengunjungi San Diego dan mampir Hotel del Coronado pada 1891. Saat itu ia tiba dengan kereta api lintas alam dan bertemu pada pejabat saat sarapan di hotel ini.

Ternyata pejabat tinggi AS banyak yang mengunjungi hotel yang ikonik di tepi pantai ini seperti William H Taft, Franklin D Roosevelt, Lyndon B Johnson, Bill Clinton, Jimmy Carter dan Ronald Reagan.

Presiden Richard Nixon juga pernah menyelenggarakan makan malam kenegaraan untuk Presiden Meksiko Gustavo Diaz Ordaz pada September 1970. Itu adalah pertama kalinya dalam sejarah acara kenegaraan digelar di luar Gedung putih.

8 dari 8 halaman

Hotel du Pont di Wilmington

Hotel du Pont di Wilmington, Delaware ini dibangun pada awal abad ke 20 dan meniru model hotel besar di Eropa. Hotel ini menjadi tuan rumah bagi Presiden John F Kennedy  dan ibu negara Eleanor Roosevelt.

Baru-baru ini mantan wakil presiden dan kandidat presiden saat ini Joe Biden mengumumkan Kamala Harris sebagai pasangan barunya dari Gold Ballroom Hotel.

Bangunan jaman renaissans Italia ini berusia satu abad dan telah mengalami beberapa kali pemulihan selama beratahun-tahun. Tapi hotel ini masih menampilkan langit-langit berlapis emas asli, ukiran kayu, dan lantai marmer.

Join Dream.co.id