7 Destinasi Populer Lombok, Tak Kalah dari Bali

Destination | Minggu, 1 September 2019 13:33

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Lombok memberikan pengalaman tak terlupakan bagi traveler.

Dream – Bicara traveling, biasanya Bali selalu jadi bahan utama. Banyak yang bilang, Bali itu eksotik. Punya pantai indah, gunung menantang, apalagi desa adat yang lestari.

Tapi, kali ini, ada baiknya kamu menoleh ke Pulau Lombok. Jangan salah, Lombok juga punya banyak destinasi dengan panorama indah. Dijamin, kamu tidak akan kecewa menghabiskan waktu di pulau ini. 

Pulau Lombok berjarak cukup dekat dengan Bali. Tetapi, pullau ini tidak terlalu banyak dikunjungi traveler lantaran mereka sudah kadung memilih Bali. 

Namun dalam beberapa tahun belakangan, pariwisata Lombok mulai menggeliat. Pemerintah setempat bersama masyarakat bekerja sama memajukan sektor pariwisata di sana. 

Alhasil, traveler yang memilih Lombok sebagai destinasi tujuan mereka semakin meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi setelah Lombok memiliki Mandalika, pulau ini jadi bertambah ramai. 

Mandalika hanya satu dari sekian destinasi indah di Lombok. Yang lain masih banyak dengan pemandangan sangat mempesona. 

7 Destinasi Populer Lombok, Tak Kalah dari Bali
Shutterstock.com
2 dari 8 halaman

Gili Trawangan

Pulau kecil yang dikenal dengan ‘Gili T’ ini berlokasi di perairan utara Lombok dan merupakan salah satu dari tiga pulau tersohor di Lombok. Dua pulau lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Menuju pulau ini, kamu bisa menyewa perahu yang tersedia di Dermaga Bangsal. Atau bisa menyewa perahu cepat Teluk Nare, Senggigi.

Gili Trawangan terkenal dengan pemandangan lautnya yang sangat indah. Kamu bisa menikmatinya dengan duduk di tepi pantai sembari meminum es kelapa. 

Selain itu, Gili Trawangan juga memiliki dunia bawah laut yang tak kalah memukau. Snorkeling adalah cara terbaik untuk menikmatinya.

3 dari 8 halaman

Gili Meno

Letak Gili Meno diapit oleh Gili Trawangan dan Gili Air. Pulau ini sangat pas untuk bulan madu. Karena Gili Meno punya suasana yang tenang serta intim.

Berada di Gili Meno, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seperti berenang, menyelam atau sekadar berjemur di pinggir pantai. Di pulau ini, terdapat penangkaran penyu. Kamu bisa melihat anak-anak penyu yang baru menetas dirawat di sini sebelum dilepasliarkan.

4 dari 8 halaman

Gili Air

Lokasi Gili Air cukup dengan pesisir Lombok. Gili Air punya suasana sunyi melebihi Gili Meno. Tidak heran jika sebagian besar orang datang ke tempat dengan tujuan mencari ketenangan.

Gili Air memiliki pantai cantik dengan pasir putih dan pepohonan rindang. Keistimewaan lainnya, kamu bisa menyelam untuk melihat keindahan alam bawah lautnya.

5 dari 8 halaman

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi menjadi salah satu pantai terbaik di Lombok. Pantai berpasir putih sepanjang 10 meter selalu berhasil menarik perhatian pelancong. 

Berada di pantai ini, kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan di pantai. Contohnya, berolahraga voli pantai atau bermain pasir. Kamu juga bisa berenang, snorkeling

Pantai ini adalah tempat yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

6 dari 8 halaman

Pantai Tangsi

Pantai satu ini sangat unik. Jika di pasir di tempat lain berwarna putih atau cokelat, pasir Pantai Tangsi berwarna pink. Sehingga, penduduk sekitar menyebutnya dengan Pantai Pink. 

Pantai Tangsi merupakan salah satu di antara dua pantai di Indonesia yang memiliki hamparan pasir berwarna merah muda. Warna merah muda ini sebenarnya berasal dari serpihan terumbu karang yang telah bercampur dengan pasir.

7 dari 8 halaman

Air Terjun Benang Kelabu

Selain pantai, Pulau Lombok juga punya destinasi alam berupa air terjun indah, namanya Air Terjun Benag Kelambu. Sayangnya, keberadaan air terjun tersebut jarang diketahui. 

Destinasi ini terletak di Aik Berik, Lombok Tengah. Kamu bisa menjangkaunya dengan menempuh jalur darat selama 1 jam dari Kota Mataram.

Seperti namanya, air terjun ini telihat seperti kain kelambu menjuntai dari atas ke bawah. Ini karena air terjun tersebut mengalirkan air seperti benang tipis berukuran sangat kecil.

Tidak mengherankan jika suara air jatuh hanya terdengar gemericik lembut. Namun begitu, tempat ini sangat menenangkan.

8 dari 8 halaman

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani sudah populer seantero dunia. Banyak traveler siap mendaki demi menikmati kawah dan pemandangan Pulau Lombok dari puncak gunung. 

Luas Gunung Rinjadi diperkirakan mencapai 40 ribu hektar. Jika ingin mendaki gunung ini, ada dua jalur yang bisa kamu pilih yaitu Sembalun di Lombok Timur dan Senaru di Lombok Utara. 

Puncak Dewi Anjari merupakan tempat ideal menikmati pesona Lombok. Kamu bisa bermalam dengan mendirikan tenda di dekat Segara Anak,

Segara Anak merupakan danau air tawar yang terbentuk dari bekas letusan Gunung Rindani. Kamu bisa berenang atau memancing di danau ini. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat keindahan panorama Gunung Barujari atau dikenal dengan ‘gunung di atas gunung’.  

(Sumber: Traveloka)

Join Dream.co.id