Berlibur di Deretan Tempat Menarik Dekat Pusat Kota Semarang

Destination | Jumat, 27 September 2019 11:11

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Sebagai salah satu kota tua di Indonesia, Semarang menyimpan pesona yang menakjubkan.

Dream – Bicara soal destinasi wisata di Indonesia, Semarang tidak bisa diabaikan. Kota ini menyimpan pesona yang begitu menakjubkan. 

Semarang juga masuk dalam destinasi favorit traveler. Di kota ini, ada banyak tempat menarik yang memuaskan hasrat jalan-jalan. 

Sejumlah destinasi menarik ada di Semarang. Misalnya, destinasi historis sepert Lawang Sewu yang dulunya merupakan kantor jawatan perkeretaapian Hindia Belanda. Ada juga klenteng Sam Poo Kong yang bersejarah, dan masih banyak lagi. 

Menariknya, tempat-tempat tersebut terletak tidak jauh dari pusat kota Semarang. Jadi, kamu tidak perlu repot pergi ke sana. 

Penasaran kan apa saja itu? Yuk langsung saja kepoin tempat wisata Semarang berikut ini.

Berlibur di Deretan Tempat Menarik Dekat Pusat Kota Semarang
Shutterstock.com
2 dari 7 halaman

Lawang Sewu

Lawang Sewu cukup tenar di kalangan traveler. Bentuk bangunannya yang megah dengan banyak pintu membuat setiap orang yang datang ke sana merasa takjub. 

Bangunan ini dulunya adalah kantor jawatan perkeretaapian Hindia Belanda di Semarang. Nama Lawang Sewu disematkan karena bangunan ini punya banyak sekali pintu yang menghubungkan tiap-tiap ruangan di dalamnya.

Pintu-pintu tersebut menghadirkan kesan eksotis bangunan tua ini.

3 dari 7 halaman

Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat wisata sangat populer di Semarang. Klenteng ini merupakan tempat pendaratan pertama sekaligus persinggahan Laksamana Tiongkok, Zheng He atau Cheng Ho.

Ciri khas tempat ini yaitu bangunan didominasi warna merah khas China. Saat ini, Sam Poo Kong dijadikan sebagai tempat peringatan, sembahyang, hingga berziarah.

Meskipun begitu, setiap orang dari berbagai latar belakang agama dibolehkan masuk ke dalam klenteng terkenal di Kota Semarang ini. Bahkan beberapa waktu lalu, Westlife menggelar konser di Sam Poo Kong.

4 dari 7 halaman

Kota Lama Semarang

Ingin menikmati suasana kota khas Eropa? Datang saja ke kawasan Kota Lama Semarang. 

Terdapat banyak sekali bangunan megah dengan arsitektur khas Eropa masa lalu. Salah satu bangunan yang populer adalah Gereja Immanuel atau lebih dikenal dengan Gereja Blenduk. 

Nama tersebut disematkan karena atap gereja ini berbentuk kubah. Masyarakat Jawa menyebut bentuk kubah dengan 'blenduk'.

 

 

5 dari 7 halaman

Old Town 3D Trick Art Museum

Tak jauh dari Kota Lama, ada tempat menarik yaitu Old Town 3D Trick Art Museum. Sesuai namanya, museum ini memiliki setidaknya 108 koleksi gambar tiga dimensi (3D).

Tentu saja, semua gambar tersebut sangat cocok dijadikan latar belakang foto. Objek wisata ini bisa memperindah feed Instagram.

Koleksi gambar di tempat ini terdiri dari beberapa tema. Mulai dari ikon dunia, film, kartun hingga wisata Semarangan.

Menariknya, gambar-gambar tersebut diganti secara rutin setiap 2-3 bulan sekali. Tujuannya agar para wisatawan tidak bosan mengunjungi Old Town 3D Trick Art Museum.

6 dari 7 halaman

Pantai Marina

Pantai Marina berlokasi di Jalan Yos Sudarso. Pantai ini menyuguhkan pesona yang berbeda dari keruwetan lalu lintas Kota Semarang.

Hanya dengan Rp5.000, kamu sudah bisa menikmati semilir angin serta deru ombak yang menyegarkan pikiran.

Selain duduk bersantai, kamu juga bisa bermain air di pinggir pantai atau memancing. Atau, berkeliling pantai dengan menyewa perahu.

7 dari 7 halaman

Masjid Agung Jawa Tengah

Berkunjung ke Semarang, tidak akan lengkap rasanya jika kalian tidak mendatangi Masjid Agung Jawa Tengah. Terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, masjid ini ini begitu populer.

Masjid ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Keistimewaannya, kamu akan merasa seperti berada di Masjidil Nabawi, Madinah, jika berada di Masjif Agung Jawa Tengah.

Masjid ini memiliki halaman yang sangat luas. Terdapat enam payung raksasa yang dapat dibuka secara otomatis. 

Payung ini dibuka di saat-saat tertentu seperti ketika Sholat Jumat atau ketika hujan. Tak hanya itu, Masjid Agung Jawa tengah juga memiliki menara tinggi bertuliskan lafaz Asmaul Husna.  
 
(Sumber: Liputan6)

Join Dream.co.id