Deretan Destinasi Keren di Kaliurang, Dijamin Seru!

Destination | Senin, 30 September 2019 09:09

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Jalur mengarah ke Gunung Merapi di Yogyakarta ini memang punya pemandangan asri. Tak heran jika muncul banyak destinasi wisata.

Dream – Jika sedang di Yogyakarta, kamu harus berkunjung ke Kaliurang. Kawasan yang merupakan jalur penghubung menuju Gunung Merapi ini punya pemandangan alam yang begitu indah.  

Kaliurang di Kabupaten Sleman dekat dengan perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Letaknya di dataran tinggi membuat Kaliurang menjadi tempat cocok untuk beristirahat.

Karena suasananya yang nyaman, kini terdapat banyak destinasi menarik di sekitar Kaliurang. Tidak ketinggalan tempat-tempat yang Instagramable banget. 

Penasaran mana saja tempat seru tersebut? Simak informasinya di sini. 

Deretan Destinasi Keren di Kaliurang, Dijamin Seru!
Shutterstock.com
2 dari 7 halaman

Wisata Lereng Gunung Merapi

Tempat seru di Kaliurang yang pertama adalah Wisata Lereng Gunung Merapi. Kamu bisa menikmati pesona alam menakjubkan dari Gunung Merapi dari berbagai angel yang berbeda.

Menikmati Gunung Merapi dari lerengnya sebenarnya bisa melalui beberapa kawasan seperti Kaliurang, Magelang, Boyolali ataupun Kaliadem. Tetapi, sangat direkomendasikan dari Kaliurang karena medan yang dilalui tidak terlalu sulit.

Waktu terbaik menikmati pesona Gunung Merapi yaitu pagi hari, tepatnya saat kabut belum turun menyelimuti sang gunung. Kira-kira pukul 07.00 WIB.

 

3 dari 7 halaman

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi diresmikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Purnomo Yusgiantoro pada 1 Oktober 2009 lalu. Museum ini terletak di lereng selatan Gunung Merapi.

Sesuai namanya, museum ini merupakan salah satu wahana edukasi konservasi yang ada di Yogyakarta. Objek wisata ini juga diharapkan mampu menjadi lokasi pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, bencana alam hingga gempa bumi.

4 dari 7 halaman

Kawasan Wisata Kaliurang

Kawasan Wisata Kaliurang juga tidak boleh terlewatkan ketika berada di Yogyakarta. Masih berada di kawasan kaki Gunung Merapi, tempat ini menjadi salah satu objek wisata populer.

Berjarak 35 kilometer di sebelah utara Kota Yogyakarta, Kawasan Wisata Kaliurang menawarkan keindahan serta kesejukan yang membuat hati menjadi tenang. Selain itu, kawasan wisata ini juga menawarkan beberapa wahana bermain menarik hingga menguji adrenalin.

Seperti misalnya outbond, flying fox, rumah pohon Ridz High Rope dan masih banyak lainnya. Bagi kalian yang tidak menyukai wahana tersebut, objek wisata ini juga memiliki beberapa taman bermain yang seru.

5 dari 7 halaman

Goa Jepang Kaliurang

Kaliurang juga memiliki tempat wisata menarik lainnya seperti Goa Jepang. Meskipun masih terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, kamu akan disuguhkan dengan sensasi kawasan lereng yang berbeda.

Sesuai namanya, objek wisata ini berupa sebuah goa buatan peninggalan masa penjajahan Jepang. Dulunya, goa ini dijadikan sebagai tempat perlindungan tentara Jepang saat perang melawan Sekutu.

Dibangun sekitar tahun 1942-1945, Goa Jepang menampilkan sisi eksotisme yang begitu kuat. Menariknya, kamu juga bisa melihat sekawanan monyet yang berada di habitat alaminya tersebut.

6 dari 7 halaman

Stonehenge Cangkringan

Tidak perlu jauh-jauh untuk bisa berfoto di Stonehenge Inggris. Kaliurang ternyata memiliki tempat wisata serupa yaitu Stonehenge Cangkringan.

Stonehenge merupakan sebuah situs prasejarah. Tempat wisata ini terdiri dari beberapa batuan besar yang ditata serta ditumpuk sedemikian rupa pada tengah lapangan.

Menariknya, batuan tersebut ditata secara melingkar sehingga banyak orang menyebutnya sebagai kembaran Stonehenge Inggris. Kemiripannya juga membuatnya mampu menarik perhatian para wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Bonusnya, kamu bisa mengambil foto di beberapa spot menarik yang sangat Instagramable banget.

7 dari 7 halaman

The Lost World Castle

Tempat wisata yang satu ini tergolong masih baru. Diresmikan pada 2017, The Lost World Castle sudah mencuri perhatian masyarakat bahkan sejak masa pembangunannya.

Terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman ini menghadirkan bangunan kastil. Sebagian besar orang menyebutnya sangat mirip dengan Benteng Takhesi.

Menariknya, latar belakang dari tempat wisata ini adalah Gunung Merapi. The Lost World Castle juga menawarkan pada pengunjungnya berbagai macam latar belakang lainnya untuk mengambil foto dokumentasi pribadi.

Awan terbang, sayap bidadari, sepeda motor terbang hingga taman koboi merupakan sedikit dari spot foto menarik tersebut. Tidak hanya itu juga, tempat wisata ini juga menawarkan latar foto trik tiga dimensi (3D) yang sangat menakjubkan.

Untuk bisa menikmati semua keindahan The Lost World Castle, kalian akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp25 ribu setiap orangnya.
 
(Sumber: eksotisjogja)

Join Dream.co.id