Traveling ke Edinburgh, Jangan Abaikan 6 Hal Ini

Destination | Selasa, 6 Agustus 2019 13:24

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Penggemar Harry Potter harus meluangkan waktu ke sini.

Dream – Kamu penggemar Harry Potter? Jika iya, maka kamu harus datang ke Edinburgh. Karena di sinilah sebagian besar adegan film remaja tersebut diambil.

Edinburgh merupakan kota terbesar kedua Skotlandia sekaligus menjadi ibu kota negara tersebut. Sejak dulu, Edinburgh merupakan pusatnya pendidikan terutama di bidang kedokteran, sastra, filsafat, hukum dan teknik.

Edinburgh terkenal dengan bangunan lamanya yang mencerminkan era Renaissance. Banyak traveler, terutama pecinta Harry Potter tertarik untuk berlibur di kota ini. 

Selain itu, Ediburgh juga terkenal dengan sejumlah festival level internasional yang digelar sepanjang tahun. Kota tersebut juga menawarkan destinasi menarik seperti Istana Holyroodhouse, Greyfriars dan Canongate, hingga Kota Baru Georgia.

Tetapi, sebelum berkunjung ke Edinburgh, ada beberapa hal yang harus kamu pahami. Pengetahuan mengenai kota ini dapat menjadi penolongmu ketika menyusuri jalanan di Edinburgh.

Traveling ke Edinburgh, Jangan Abaikan 6 Hal Ini
Shutterstock.com
2 dari 7 halaman

Hindari Belanja Souvenir di Royal Mile

Di Royal Mile ada banyak toko souvenir yang menjual barang unik biasa hingga paling menarik. Jangan sampai terkecoh, karena barang-barang tersebut dijual dengan harga mahal namun buruk kualitasnya.

Jika ingin mendapat barang bagus, datang saja ke beberapa toko seperti Ragamuffin. Toko ini menjual pakaian rajut cantik khas Skotlandia dan Irlandia.

Ingin barang yang benar-benar otentik? Kamu bisa mendapatkannya di toko Wiski Cadenhead. 

 

3 dari 7 halaman

Mata Uang Inggris Masih Bisa Dipakai

Skotlandia sebenarnya punya mata uang poundsterling sendiri. Bentuknya jauh berbeda dengan uang Britania Raya, karena memuat gambar tokoh terkenal mereka sendiri seperti penyair Robert Burns dan penjelajah misionaris Mary Slessor.

Meski demikian, uang Inggris masih bisa dipakai untuk transaksi di Edinburgh dan seluruh Skotlandia. Kamu tidak perlu menukarnya karena mata uang yang diterbitkan Bank of England masih diakui sebagai alat traksansi resmi di sana.

4 dari 7 halaman

Beberapa Pria Menggunakan Rok

Jangan heran melihat pria memakai rok di Edinburgh. Sudah menjadi kebiasaan para pria di sana memakai rok berlipit ataupun rok tebal dengan pola kotak-kotak yang dibuat dari wol.

Pakaian ini dulunya adalah jubah kotak-kotak di Highland Scotland. Namun karena kekalahan kaum Jacobite, pakaian ini dilarang untuk digunakan.

Namun demikian, model yang banyak dipakai saat ini sangat disukai Ratu Victoria sehingga dibolehkan kembali digunakan.

Biasanya, rok ini dipakai kaum Adam untuk menghadiri pernikahan, perayaan tertentu, atau saat memainkan alat musik khas Skorlandia, bagpipers. Seiring berjalannya waktu, pakaian ini menjadi tren fashion bagi para pria.

5 dari 7 halaman

Udara yang Selalu Dingin

Bagi orang yang ingin mencari cuaca yang nyaman, Edinburgh bukan tempatnya. Sebab, kota ini memiliki hawa yang dingin.

Ini karena Edinburgh memiliki laut yang membuat udara menjadi dingin dan berkabut. Banyak orang yang menanggap Edinburgh merupakan kota yang jadi latar cerita " Dr Jekyll dan Mr Hyde" karya Robert Louis.

Sebenarnya, Louis telah mengatur psikodrama Gotik di London dengan menggunakan suasana Edinburgh sebagai inspirasi utamanya. Bahkan, jika kamu mendapati matahari bersinar terang, itu merupakan bonus yang indah.

Sebaiknya persiapkan pakaian hangat yang banyak jika kamu ingin mengunjungi Edinburgh.

6 dari 7 halaman

Jangan Lupakan Boots

Masyarakat yang tinggal di Edinburgh punya tradisi mingguan dengan Arthur’s Seat. Ini merupakan gunung berapi di pusat kota yang sudah lama mati. 

Masyarakat setempat lebih suka menyebut gunung ini sebagai bukit. Sebabnya, Arthur’s Seat memiliki penampakan yang lebih tepat disebut bukit. 

Kamu bisa mencoba mendaki gunung ini hingga ke puncak Salisbury Crags. Di puncak ini, kamu akan mendapati pemandangan kota yang menakjubkan.

7 dari 7 halaman

Sepatu Menari Juga Penting

Skotlandia sangat identik dengan seni musik dan tarinya. Sebelum meninggalkan Edinburgh, ada baiknya kamu menikmati pengalaman menari bersama warga setempat. 

Di Edinburgh, keberadaan musisi jalanan adalah pemandangan khas kota ini. Tidak sedikit pula warga sekitar yang menari mengiringi permainan musik para musisi jalanan tersebut.

Berkunjung ke Edinburgh bakal jadi pengalaman menarik. Jadi, segera kemasi barangmu dan berangkat. 

(Sumber: theculturetrip)

Join Dream.co.id