5 Pantai Bangka yang Mempesona

Destination | Minggu, 23 Juni 2019 13:35

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Bangka terkenal memiliki sejumlah pantai yang sangat indah.

Dream - Pulau Bangka yang termasuk dalam Provinsi Bangka Belitung ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Selain tanah yang subur, Bangka memiliki pantai yang sangat indah dan layak jadi destinasi wisata favorit.

Akses ke tempat-tempat wisata di Pulau Bangka tidaklah sulit, terutama pantai. Tanpa harus menembus medan terjal, kamu sudah bisa menikmati semilir angin pantai di pinggir jalan raya.

Ditambah, pantai-pantai di Bangka cenderung berkontur landai dan berombak tenang. Sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran. 

Laut Bangka memiliki air yang jernih dan hiasan batu granit. Jika ingin bermain ke pantai-pantai di Bangka, kamu tidak perlu kerepotan karena mudah dijangkau.

Berikut ini beberapa pantai yang asyik dan wajib dikunjungi ketika Sahabat Dream main ke Bangka.

5 Pantai Bangka yang Mempesona
Instagram @siwinw
2 dari 6 halaman

Pantai Tikus

Pantai Tikus memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Suasana di pantai ini cukup tenang dengan pengunjung tidak ramai.

 Pantai Tikus, Bangka© Instagram @siwinw


Selain itu, pemandangan di Pantai Tikus sangat alami, dengan bebatuan granit yang tersusun indah. Di seberang pantai terdapat Pagoda Puri Tri Agung yang masih digunakan untuk beribadah.

Hamparan laut biru dengan pesisir bebatuan tampak seperti lukisan. Lebih asyik lagi jika kamu menyusuri bebatuan itu hingga 10 meter dari bibir pantai. Di sana, kamu dapat menemukan bebatuan membentuk pulau kecil.

Menikmati tenggelamnya matahari di pantai ini sangatlah menyenangkan. Benar-benar bikin ketagihan, apalagi aksesnya sangat mudah dan murah.

3 dari 6 halaman

Pantai Batu Dinding Belinyu

Pantai yang terletak di Kecamatan Belinyu, utara Pulau Bangka ini punya keunikan tersendiri yang banyaknya batuan granit berukuran besar dan tinggi. Saking tingginya, batuan tersebut terlihat seperti dinding.

Ketika memasuki kawasan pantai ini, kita seakan berada di atas bukit yang hijau. Di depan kita terhampar perpaduan warna biru laut dan birunya langit.

 Pantai Batu Dinding, Belinyu© Instagram @siwinw


Sejak dari lokasi parkir, kita sudah disuguhi kawasan asri, lengkap dengan rumput hijau, rimbunnya pohon rambutan, dan yang paling menarik perhatian adalah sebuah rumah dua lantai berdinding bata. Rumah tersebut merupakan milik pribadi dari pengelola Pantai Batu Dinding.

Menariknya, tidak ada tarif masuk yang ditetapkan di sini, bayar seikhlasnya. Penjaganya ramah dan kita boleh makan rambutan yang sudah dipetikkan sambil main ayunan atau sekadar duduk-duduk di tenda kecil yang sudah disediakan.

Di bibir pantai yang sepi, kita bisa menikmati waktu berfoto dengan bebatuan granit yang besar. Air laut yang tenang, terhampar pula kapal-kapal nelayan, ciamik banget buat feed di Instagram.

4 dari 6 halaman

Pantai Tongaci

Setelah berasyik-asyik ria dengan alam yang asri dan hijau, waktunya main ke pantai yang 'anak muda banget'. Pantai Tongaci merupakan destinasi paling populer di Bangka.

Selain bisa menikmati keindahan pantai, kita bisa melihat penyu-penyu yang lucu di penangkaran. Makanan yang tersedia di kedai-kedai sepanjang pantai juga menggoda selera, lho.

 Pantai Tongaci© Instagram @siwinw

Begitu masuk ke kawasan pantai ini, kita akan disuguhi penangkaran penyu. Kita juga bisa memberi makan penyu lho, Sahabat Dream.

Puas main dengan penyu, kita masuk ke area De Locomotief, di mana sepanjang jalannya dihias payung-payung tradisional China. Kiri kanan jalan terdapat kedai-kedai dengan interior yang unik.

Selain itu, di De Locomotief ini juga terdapat Museum Garuda yang berisi artefak-artefak kuno. Jugaa ada galeri buku. Untuk masuk ke museum ini kita harus membayar biaya tambahan.

Tapi, kalau malas masuk ke museum, kita bisa asyik berfoto dengan latar “ festival di pantai” ala Pantai Tongaci.

5 dari 6 halaman

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona jadi destinasi yang ramah anak dan cocok digunakan untuk rekreasi dengan keluarga. Pantai yang terletak di Sungailiat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

 Pantai Tanjung Pesona© https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kepulauan-bangka-belitung/pantai-tanjung-pesona-menikmat


Banyak berdiri gubuk-gubuk yang bisa digunakan untuk bersantai dan makan siang bersama keluarga. Selain itu, di pantai ini juga terdapat wahana bermain anak serta restoran yang siap memanjakan lidah pengunjung.

Kalau masalah pemandangannya, jangan ditanya lagi. Pantai Tanjung Pesona juga dihiasi batu granit di bibir pantai. Bedanya, ombak di pantai ini lebih kuat dibanding dua pantai sebelumnya. Akses menuju pantai inipun sangat mudah, bisa dengan mobil maupun motor.

6 dari 6 halaman

Pantai Parai Tenggiri

Sungailiat memang dikenal dengan pantai-pantainya berbatu granit. Salah satunya Pantai Parang Tenggiri.

Pantai ini masuk dalam daftar pantai yang terkenal di Bangka. Hampir sama dengan Pantai Tongaci, di pantai ini juga terdapat fasilitas permainan air seperti banana boat dan snorkeling.

 Pantai Parai Tenggiri© https://phinemo.com/destinasi-di-bangka-ini-belum-banyak-diketahui-wisatawan/


Selain bisa bisa bermain banana boat, pengunjung juga dimanjakan dengan jalan setapak di bibir pantai. Berjalan santai menyisir pantai melalui jalan buatan ini sambil menikmati deburan ombak yang tenang bisa bikin refresh.

Join Dream.co.id