Tak Harus Jauh, Ada Tempat Liburan Seru di Sekitar Jakarta

Destination | Jumat, 27 September 2019 09:09

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kamu tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk ke tempat ini.

Dream - Jakarta terkenal dengan kemacetan polusi udara yang parah. Situasi ini membuat semua orang, termasuk para pekerja mudah lelah dan penat.

Akhir pekan selalu jadi momen yang diidamkan masyarakat Jakarta. Tidak ingin melewatkan waktu senggang, banyak orang mengisinya dengan pergi berlibur untuk melepas penat. 

Sayangnya, waktu yang singkat kerap menjadi hambatan untuk liburan. Belum puas bersantai, tuntutan masuk kerja sudah datang lagi. 

Buat kamu yang bekerja di Ibu Kota, tidak perlu khawatir. Ada banyak tempat berlibur seru di sekitar Jakarta.

Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu sia-sia untuk pergi ke tempat-tempat tersebut. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta memberikan kesempatan buat kamu untuk lebih banyak menikmati waktu liburan. 

Seperti lima tempat wisata di sekitar Jakarta yang sudah dirangkum Dream berikut ini.

Tak Harus Jauh, Ada Tempat Liburan Seru di Sekitar Jakarta
Kebun Raya Bogor (Sumber: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu masih masuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Tetapi, kamu tidak akan pernah menemui suasana yang semrawut di tempat ini. 

Di kepulauan ini, banyak tempat wisata yang sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti resor, perlengkapan olahraga air, dan masih banyak lagi.

 Tempat Wisata dekat Jakarta
© Wonderful Indonesia

Salah satu tempat terkenal adalah Macan Resor. Tempat ini memiliki fasilitas snorkeling ciamik. Resor yang berada di Pulau Macan ini juga punya bungalow tepi pantai, penyewaan kapal dan akomodasi penyelaman. 

Untuk bisa sampai ke pulau ini, pengunjung bisa menaiki perahu Marina dari Jakarta Utara. Perjalanan laut ini ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam. 

3 dari 6 halaman

Pantai Anyer

Pantai ini masuk wilayah Provinsi Banten. Di Anyer, ada destinasi pantai yang menarik dengan pemandangan cantik, Pantai Carita. Baik Anyer maupun Carita cukup populer di kalangan traveler.

 Tempat Wisata dekat Jakarta
© Indonesia Kaya

Pengunjung bisa menikmati berbagai macam kegiatan di air seperti berenang, berselancar dan olahraga lain di dua pantai ini. Pemandangan bawah laut di Pantai Carita dan Anyer cukup terawat, sehingga pengunjung masih bisa melihat indahnya karang beserta biota laut lainnya.

Untuk bisa sampai di pantai ini, kamu bisa berkendara dari Jakarta menuju Banten. Waktu tempuhnya juga tak terlalu lama, sekitar 3 jam perjalanan apabila tidak terjadi kemacetan.

4 dari 6 halaman

Kebun Raya Bogor

Menatap pemandangan gedung tinggi sehari-hari pasti membuat mata jenuh. Ingin melihat pemandangan yang menyejukkan, datang saja ke Kebun Raya Bogor. 

 Tempat Wisata dekat Jakarta
© Wonderful Indonesia

Kebun Raya Bogor memiliki area yang luas dan berada di tengah kota. Kebun ini punya banyak koleksi tanaman.

Selain jadi tempat wisata, kebun ini juga menjadi tempat penelitian tanaman di Bogor. Tak mengherankan jika ada banyak tanaman langka tumbuh subur di kebun ini. 

Untuk bisa sampai ke Kebun Raya Bogor, kamu bisa naik kendaraan pribadi atau dengan transportasi umum KRL. Waktu tempuh tidaklah lama, sekitar 1-2 jam dari Jakarta.

Untuk masuk ke area kebun, kamu dikenakan tarif sebesar Rp15 ribu. Tempat ini buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

5 dari 6 halaman

Teluk Kiluan

Menyebarang Pulau Sumatera, ada sebuah pantai bernama Teluk Kiluan. Tempat wisata ini termasuk dalam wilayah Provinsi Lampung dan terkenal dengan atraksi lumba-lumbanya. Teluk Kiluan juga menyajikan pemandangan Selat Sunda yang mempesona.

 Tempat Wisata dekat Jakarta
© Indonesia Kaya

Untuk bisa melihat lumba-lumba, pengunjung disarankan datang pada April hingga September, bersamaan dengan musim kemarau. Selain itu, pengunjung juga bisa menghabiskan waktu liburan dengan memancing.

Akses menuju tempat wisata ini cukup sulit, jadi perlu persiapan yang matang. Kamu bisa menempuh jalur darat dan laut dengan estimasi waktu 7 jam perjalanan lewat Cilegon dan menyeberangi Selat Sunda.

6 dari 6 halaman

Gunung Padang

Situs Gunung Padang di Cianjur bisa jadi pilihan menarik untuk liburan. Selain bersantai, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan dengan mempelajari reruntuhan kuno yang diperkirakan sudah ada sejak 5500 SM, jauh lebih tua dibandingkan Piramida Mesir.

 Tempat Wisata dekat Jakarta
© Indonesia Kaya

Menuju tempat ini, kamu bisa menempuh perjalanan darat dari Jakarta menuju Cianjur. Estimasi waktu perjalanan kurang lebih 4 jam, apabila tidak ada kemacetan.

Situs Gunung Padang dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 dan ditutup pada 17.00. Pengunjung diharuskan menyusuri medan mendaki dulu untuk sampai ke lokasi.

Sumber: Wonderful Indonesia

Join Dream.co.id