Hendak Liburan ke New Zealand, Pahami Lima Hal Ini

Destination | Selasa, 24 September 2019 11:11
Hendak Liburan ke New Zealand, Pahami Lima Hal Ini

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Ada beberapa hal yang kadang membuat orang Indonesia keliru dalam mengenal New Zealand.

Dream - New Zealand kini jadi destinasi favorit bagi sebagian traveler Indonesia. Negara ini menawarkan pengalaman seru liburan yang tak terlupakan. 

Perencanaan tentu sangat dibutuhkan sebelum melaksanakan perjalanan ke suatu negara. Termasuk pula ketika hendak ke New Zealand.

Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk mengumpulkan informasi mengenai New Zealand. Kamu tidak akan kesulitan melakukan riset kecil untuk tahu apa saja mengenai tujuanmu.

Mengapa riset kecil sebelum ke New Zealand sangat penting? Ternyata, ada banyak orang yang keliru mengenal New Zealand lantaran mereka tidak lebih dulu mencari informasi mengenai negara tersebut.

Buat Sahabat Dream yang ingin berlibur ke New Zealand, ada beberapa hal perlu kamu tahu agat tidak keliru. Lebih jelasnya simak dulu lima hal ini.

2 dari 6 halaman

Nama New Zealand

Jika dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia, nama New Zealand berubah menjadi Selandia Baru. Secara harfiah memang begitu, bahkan banyak media juga menuliskan New Zealand dengan Selandia Baru di pemberitaan mereka.

 Tempat wisata New Zealand
© Pixabay

Hal ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada New Zealand. Contohnya, Netherland yang diterjemahkan menjadi Belanda, United Kingdom jadi Inggris, Sweden menjadi Swedia, dan masih banyak lagi.

Itu masih dalam Bahasa Indonesia. Sementara ada banyak negara lain menerapkan hal sama.

Tetapi, tidak sedikit orang Indonesia yang ternyata menganggap antara New Zealand dengan Selandia Baru merupakan dua negara berbeda. Itu terjadi lantaran informasi yang mereka dapat sangat minim. 

Untuk mendapatkan informasi liburan dan wisata New Zealand yang lengkap, Sahabat Dream bisa mengetikkan New Zealand Tourism atau kata kunci lainnya dalam Bahasa Inggris.

3 dari 6 halaman

Letak New Zealand

Kesalahpahaman lain megenai New Zealand adalah lokasi geografisnya. Banyak orang Indonesia menanggap New Zealand masih termasuk bagian dari Benua Australia.

Letak New Zealand bisa dibilang cukup dekat dengan Benua Australia. Tapi keduanya bukan satu kesatuan.

Seperti halnya Papua Nugini yang dekat dengan Asia Tenggara, bahkan satu pulau dengan Papua. Tetapi, negara tersebut tidak termasuk dalam kawasan Asia Tenggara.

 Tempat wisata New Zealand
© Pixabay

Secara geografis, wilayah New Zealand tidak hanya meliputi Australasia melainkan juga Melanesia, Micronesia dan Polynesia. New Zealand memiliki dua pulau besar utama, yaitu Pulau Utara dan Pulau Selatan. Masing-masing pulau memiliki potensi wisata beragam.

Pulau Utara ada Twin Coast Discovery Highway. Rute ini dimulai dari Auckland dan menyuguhkan pemandangan alam dan pesisir pantai yang luar biasa indah. Sedangkan di Pulau Selatan, ada The Great Alpine Highway yang menyuguhkan pesona ngarai sungai mempesona.

4 dari 6 halaman

Musim Dingin di New Zealand

Bila melihat globe, letak New Zealand ada di bagian selatan bumi dan dekat dengan kutub. Walau sama-sama beriklim subtropis, negara-negara di belahan bumi utara memiliki pembagian musim berbeda dengan New Zealand.

Di New Zealand, musim dingin berlangsung di pertengahan tahun. tepatnya Bulan Juni hingga Agustus.

Sedangkan musim panas terjadi mulai Desember hingga Februari. Berbalik dengan musim di negara bagian utara bumi.

 Tempat wisata New Zealand
© Pixabay

Bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan di New Zealand, disarankan pada waktu shoulder season, yaitu saat musim semi (September hingga Oktober) atau pada musim gugur (Maret-Mei).

Di musim peralihan ini, kamu bisa menikmati keindahan New Zealand yang mempesona.

5 dari 6 halaman

Penggunaan Visa

New Zealand termasuk negara yang memberlakukan visa masuk. Pembuatan visa ke New Zealand cukup mudah, karena bisa dilakukan melalui layanan online di laman VFS Global Center.

 Tempat wisata New Zealand
© Pixabay

Biaya pembuatan visa di negara tersebut biasanya berkisar antara 246 dolar New Zealand atau sekitar Rp2,1 juta. Ditambah biaya retribusi sebesar 35 dolar New Zealand, sekitar Rp300 ribu.

Proses pembuatan visa juga tak terlalu lama. Rata-rata bisa diselesaikan kurang lebih 20 hari kerja, bahkan bisa kurang dari itu.

Sedangkan penerbangan ke New Zealand bisa dilakukan dengan transit ke Australia atau Singapura terlebih dahulu. Transit akan memakan waktu selama 3 hingga 5 jam di luar jam penerbangan, atau bahkan bisa lebih dari itu.

6 dari 6 halaman

Pemandangan Indah dan Budaya

Tak sedikit orang Indonesia mengira New Zealand hanya dipenuhi dengan pemandangan alam pegunungan dan pantai saja. Di samping terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona, New Zealand juga memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang kaya.

 Tempat wisata New Zealand
© Pixabay

Maori adalah suku yang paling banyak ditemui di New Zealand. Mereka juga masih mempertahankan adat istiadatnya, seperti upacara powhiri dan hongi.

Powhiri adalah upacara penyambutan khas Suku Maori. Sedangkan Hongi adalah sapaan unik orang Maori dengan menempelkan hidung satu sama lain.

Suku Maori juga dikenal ramah dan baik. Mereka tak segan menyambut wisatawan dan bercerita tentang kebudayaan mereka. 

Sumber: Tourism New Zealand

Join Dream.co.id