5 Destinasi Wisata Indonesia, Bak Surga yang Tersembunyi

Destination | Senin, 16 September 2019 09:08

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Pesona alam Indonesia memang tak ada habisnya, seperti 5 destinasi wisata Indonesia berikut ini yang tampak seperti surga tersembunyi.

Dream - Luasnya wilayah Indonesia membuat negara kita dianugerahi pesona alam yang indah dan serasa tak ada habisnya. Mulai dari Sabang hingga Merauke, segala jenis wisata alam ada dan sangat lengkap.

Semakin berkembangnya teknologi informasi digital, membuat kita mudah mendapatkan segala jenis informasi dan akses tentang wisata alam di Indonesia, bahkan dunia. 

Kita bisa mencari informasi tujuan destinasi melalui gawai, bahkan bisa langsung memesan tiket pesawat, dan menyewa kamar hotel tanpa perlu repot keluar rumah. Kemudahan ini bisa kita peroleh dengan berbagai jenis aplikasi digital, salah satunya lewat Tokopedia.

Kemudahan-kemudahan itu sangat mendukung kegiatan liburan, dan membuat kita ingin terus mengeksplorasi berbagai destinasi wisata di Indonesia. Di antaranya 5 destinasi wisata Indonesia yang dijuluki surga tersembunyi berikut ini.

5 Destinasi Wisata Indonesia, Bak Surga yang Tersembunyi
Nusa Penida. Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng

Destinasi wisata satu ini sangat tidak asing bagi masyarakat. Ya, Dataran Dieng selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Destinasi wisata ini terletak di jantung Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau ini pernah dinobatkan sebagai Most Popular Highland di ajang Anugerah Pariwisata 2016, lho. Anugerah tersebut menjadi bukti Dieng menjadi lokasi wisata yang wajib dikunjungi.

 Dieng
© Liputan6.com

Di Dieng, wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan pegunungan dan merasakan sejuknya udara di sana. Tapi juga bisa menikmati festival lokal seperti Dieng Culture Festival, karnaval seni serta budaya ruwat rambut gimbal terbesar. Syaratnya, wisatawan berkunjung ke Dieng pada bulan Agustus.

Untuk transportasi dan akses menuju Dieng juga sangat mudah. Wisatawan bisa memilih jalur dari Yogyakarta atau Solo, setelah itu melanjutkan perjalanan darat menuju Wonosobo.

3 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Bukit Lawang

Destinasi yang satu ini terletak di Kecamatan Bahorok, Langkat, Provinsi Sumatera Utara, tepatnya sekitar 80 kilometer dari Kota Medan. Nama destinasi wisata ini ialah Bukit Lawang, dan masih termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, dikenal sebagai konservasi mawas orang utan Sumatera yang langka.  

Bagi wisatawan yang menggemari wisata alam, Bukit Lawang sangat cocok, karena kondisi alamnya masih sejuk dan asri. Bukit Lawang juga dikelilingi hutan, sungai dan kawasan perbukitan membentang. Dijamin membuat wisatawan yang datang ke Bukit Lawang akan merasakan nuansa seperti di pedalaman hutan.

Untuk bisa sampai ke Bukit Lawang, wisatawan bisa menggunakan moda transportasi umum dari Kota Medan, selalu tersedia setiap hari dan siap mengantar kita ke destinasi wisata yang satu ini.

4 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran

Destinasi wisata selanjutnya tak kalah indah dari Bukit Lawang dan Dieng. Destinasi wisata ini terletak di wilayah Wongsorejo, Banyuwangi, Situbondo, Jawa Timur. Yup, Taman Nasional Baluran yang terkenal keasrian dan pemandangannya menyerupai pemandangan di Benua Afrika.

Taman Nasional Baluran memiliki luas sekitar 25 ribu hektar, lengkap dengan pemandangan savanna yang kuning dan gersang. Di dataran savananya, terdapat berbagai jenis spesies satwa liar, seperti rusa, kerbau, banteng, monyet ekor banjang, dan burung merak liar.

Suasana alam liar seperti di Afrika ini sangat sulit didapatkan di Indonesia. Inilah yang menjadi daya tarik Taman Nasional Baluran bagi para wisatawan. Selain itu, akses ke destinasi wisata ini juga mudah. Dari Bandara Juanda, wisatawan bisa menaiki bus jurusan Juanda-Bungurasih, lalu melanjutkan perjalanan dengan bus rute Banyuwangi via Situbondo, dan turun di pintu masuk Taman Nasional Baluran.

5 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Tana Toraja

Kawasan timur Indonesia punya pemandangan alamnya yang asri dan indah. Salah satunya di Pulau Sulawesi, terrkenal alam bawah lautnya yang mempesona. Pemandangan alam pegunungan juga tak kalah indah.

 Tana Toraja
© https://pesona.travel/destinasi/797/tana-toraja-tanah-eksotik-di-pegunungan-sulawesi

Salah satunya destinasi wisata Tana Toraja. Wisatawan bisa melihat langsung kehidupan masyarakat lokal yang masih menjaga adat istiadat dan kebudayaan tradisional mereka. Jika beruntung, wisatawan bisa menyaksikan secara langsung upacara Rambu Solo, upacara pemakaman adat yang langka.

Selain itu, mendaki gunung, arung jeram di Sungai Sa’dan dan menikmati kelezatan kopi Toraja, dijamin akan membuat liburan menjadi lebih berkesan dan tak akan terlupakan.

6 dari 6 halaman

Destinasi Wisata Mandalika

Masih di bagian timur Indonesia, tepatnya di Nusa Tenggara Barat, ada destinasi wisata yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi bernama Mandalika. Tidak hanya menyajikan pemandangan alam indah, Mandalika kini sudah dilengkapi berbagai fasilitas pariwisata seperti hotel dan fasilitas wisata lainnya.

Hampir di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki upacara adat masing-masing, seperti Upacara Rambu Solo di Tana Toraja, Mandalika juga punya upacara adat sendiri, yaitu Bau Nyale. Berbeda dengan Rambu Solo, Bau Nyale merupakan upacara adat berburu cacing laut yang menyenangkan.

 Mandalika
© Shutterstock

Wisatawan yang ingin menyaksikan atau bahkan berniat ikut berpartisipasi dalam upacara adat ini, bisa berkunjung ke Mandalika pada bulan Februari dan Maret.

Untuk akses menuju destinasi wisata satu ini, wisatawan tak perlu bingung. Hanya perlu waktu sekitar 30 dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid melalui jalur darat.

Sudah siap berlibur ke destinasi wisata surga tersembunyi?

Join Dream.co.id