Liburan ke Korea Utara, Ini yang Harus Diketahui

Destination | Senin, 17 Juni 2019 11:12
Liburan ke Korea Utara, Ini yang Harus Diketahui

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang tertutup. Tapi berwisata ke Korea Utara memiliki daya Tarik tersendiri. Sebelum itu, kita harus tahu hal-hal berikut ini.

Dream- Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk berwisata ke Korea Utara. Namun akses informasi ke Korea Utara masih sangat minim, karena memang Korea Utara merupakan negara yang menutup diri dari perkembangan globalisasi.

Bagi sebagian orang mungkin ketertutupan Korea Utara menjadi daya Tarik tersendiri. Sehingga mendorong kemampuan dan niat untuk mengunjungi negara komunis tersebut. Lalu seperti apa berwisata di Korea? Dan apa saja yang harus kita ketahui dan persiapkan sebelum terbang ke Korea?

Sebuah catatan penting bahwa, alangkah baiknya Sahabat Dream mencari asuransi perjalanan dan asuransi kesehatan dari perusahaan travel yang kalian pilih. Selain itu apalagi yang harus diketahui?

2 dari 5 halaman

Situasi Politik

Sejak perang Korea tahun 1953, kawasan Korea dibagi menjadi dua, yaitu Republik Demokrasi Rakyat Korea atau dikenal dengan Korea Utara, dan Republik Korea atau Korea Selatan. Meskipun sudah dilakukan perjanjian perdamaian, hubungan kedua saudara ini masih tegang.

Sampai akhirnya pada April 2018 lalu, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In untuk pertama kalinya bertemu.

Korea Utara merupakan negara komunis, yang berarti selama berada di negara tersebut, kalian akan selalu berada dalam pengawasan rezim. Pasukan keamanan pemerintah bisa juga akan selalu mengawasi dan memantau setiap kegiatan kalian, mulai dari percakapan hingga ke hotel.

 Korea Utara
© Shutterstock

Walau begitu, tidak banyak informasi yang bisa kita peroleh dari situasi politik internal Korea Utara, pengunjung wisata masih bisa mengakses internet selama berada di sana. Beberapa saluran TV internasional juga masih bisa di akses di hotel, namun mungkin tidak sebanyak ketika kita berada di hotel negara lain.

Dan, perlu diketahui. Tidak semua negara memiliki perwakilan kedutaan di Korea Utara, jadi sebelum mengunjungi Korea Utara pastikan alamat kedutaan besar kalian untuk berjaga-jaga.

3 dari 5 halaman

Barang-barang yang Dilarang

Setiap negara mungkin memiliki peraturan dan kebijakan masing-masing, seperti larangan membawa barang tertentu ketika berwisata di negara tersebut. Begitu pula Korea Utara, ada beberapa barang yang dilarang saat kalian berwisata ke sana.

 Barang yang dilarang di Korea Utara
© Shutterstock


Barang-barang itu seperti:
-    Barang-barang keagamaan
-    Barang yang mengandung pornografi
-    Barang-barang politik
-    Buku panduan wisata mungkin juga akan disita saat berada di sana.

Beruntungnya Sahabat Dream masih diperbolehkan membawa kamera, gawai, dan laptop. Walaupun, jaringan telekomunikasi akan sepenuhnya diawasi oleh pemerintah Korea Utara.

4 dari 5 halaman

Visa ke Korea Utara

Untuk memasuki negara lain tentu kita perlu visa, sama halnya dengan Korea Utara. Kebanyakan orang yang ingin mengunjungi Korea Utara harus melalui China, karena memang akses ke Korea Utara sangat dibatasi.

 Visa
© Shutterstock


Dan, perlu Sahabat Dream ketahui juga bahwa ada juga negara yang dilarang mengunjungi Korea, lho. Seperti Korea Selatan dan Malaysia, selain itu pada tahun 2017 Amerika Serikat juga dilarang untuk datang ke Korea Utara hingga bulan Agustus 2019 nanti.

5 dari 5 halaman

Aturan Wisata

-    Mata Uang

Wisatawan asing di Korea Utara tidak diperbolehkan untuk menggunakan mata uang Korea Utara, sehingga harus membawa uang Euro atau mata uang China.

 Currency
© Shutterstock

Berdasarkan pengalaman yang dilansir dari World Nomads, sangat disarankan untuk membawa Yuan. Dan, dianjurkan untuk membawa uang tunai, karena tidak ada mesin ATM atau tempat penukaran uang di Korea Utara.


-    Fotografi

 Barang yang dilarang di Korea Utara
© Shutterstock


Ketika berada di Korea Utara, jangan sembarangan mengambil foto. Sebelum mengambil foto, kita harus mendapat izin terlebih dahulu dari pemandu lokal. Dan, satu lagi yang harus diketahui bahwa drone tidak diperbolehkan.


Wah, ketat sekali aturan berwisata ke Korea Utara ya Sahabat Dream. Hal ini harus menjadi maklum bagi wisatawan karena memang kondisi di Korea Utara seperti itu. Bagi Sahabat Dream yang penasaran bagaimana rasanya mengunjungi Korea Utara bisa tonton video documenter dari DW Documentary berikut ini.

Sumber: World Nomads

Join Dream.co.id