Tips Liburan Ala Eoudia Octavia yang Tak Buang-Buang Waktu

Community-travel | Sabtu, 27 Juni 2020 11:10

Reporter : Nur Ulfa

Pilih lokasi yang memiliki wisata yang banyak

Dream - Euodia Octavia finalis Puteri Indonesia 2020 perwakilan Sulawesi Barat mengaku rindu untuk bisa kembali traveling. Dia mengaku aktivitas itu tidak bisa dilakukan akibat pandemi Covid-19.

Memang traveling menjadi salah satu hobi Euodia selama ini, memilih traveling ke tempat alam terbuka merupakan kegiatan yang paling ia sukai.

"Paling kangen traveling sih," kata Euodia dalam live instagram bersama Dream  2020.

 
 
 
View this post on Instagram

Dalam segala perkara, kuatkan dan tegarkan hati, hari kemarin memiliki kisah dalam kertas sendiri, hari ini Kertas yang baru Berdiri haruslah diatas batu karang yang teguh , yang tidak retak dalam berbagai keadaan dan eksekusi. Bukankah batu karang yang teguh lahir dari derus ombak yang membentuknya menjadi gugusan batu karang kokoh yang indah Badai dan derus tidak akan bisa dihentikan atau diminta untuk berhenti, tetapi pelajaran yang dapat diambil bahwa derus tersebut membuat kita terpisah dari batu karang yang rapuh dan tidak baik, serta membentuk batu karang yang indah seperti sebuah karakter dan kepribadian dalam diri manusia #catatanaudi ?????

A post shared by Euodia | Model • Host • Talent (@audi.octavia) on

Buat Euodia, traveling tidak hanya untuk mendapatkan kesenangan namun juga menambah ilmu pengetahuan. Terlebih jika pergi ke sudatu daerah yang memiliki tempat wisata yang cukup banyak unsur kebudayaan unik.

Euodia lebih menyukai traveling ke sejumlah destinasi dalam satu kali rencana perjalanan. Bagi dia, traveling ke satu lokasi saja hanya membuang waktu karena tidak bisa mengeksplorasi lebih banyak hal.

"Kalau traveling pilih destinasi pack in one. Lokasi alam bagus, atau punya keunikan tersendiri contoh Pulau Komodo atau Bali. Destinasi mana aja yang dikunjungin," ungkapnya.

Dari sekian banyak wisata alam yang ada di Indonesia, Euodia paling menyukai Bali. Karena di Bali bisa menemukan lokasi mulai dari pantai hingga nuansa alam yang menyejukan hati seperti Ubud.

"Aku suka Bali sih, karena disana selain pantai banyak lokasi lain. Aku juga suka diving, disana banyak kan tempat-tempat diving, Aku selalu suka dateng ke tempat peoplenya ramah dan culture nya unik," ungkap dia lagi.

Tips Liburan Ala Eoudia Octavia yang Tak Buang-Buang Waktu
Euodia Octavia
2 dari 7 halaman

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Traveling di Tengah Wabah Virus Corona

Dream - Traveling menjadi hal yang perlu bagi kita untuk melenturkan otot-otot saraf otak setelah fokus bekerja. Stres yang berlebihan akibat pekerjaan seringkali membuat mudah emosi.

Maka aktivitas jalan-jalan sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tubuh dan otak supaya siap bekerja kembali di hari Senin.

Akan tetapi, liburan kita saat ini pasti terganggu karena mewabahnya virus corona. Bahkan banyak orang membatalkan perjalanan liburan mereka karena takut terpapar virus mematikan ini.  

Selain itu, banyak destinasi wisata juga ditutup. Tentu saja semua ini berdampak pada industri pariwisata global. Karena tempat wisata menjadi salah satu tempat penyebaran virus corona.

Jangan khawatir, virus corona bukanlah akhir dari liburanmu. Ingin tetap traveling di saat mewabahnya virus corona, Dream akan membagikan beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

Dilansir dari berbagai sumberbeberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk pergi liburan adalah:

3 dari 7 halaman

Kenalilah Virus Corona Beserta Bahayanya

 Kenali bahaya virus corona
© Pexels

Sebelum berangkat liburan, wajib bagi kamu untuk mengenali virus corona dan bahayanya. Sebelum kamu memutuskan untuk pergi liburan ke luar negeri, pelajari terlebih dahulu negara tujuanmu.

Beberapa negara sudah memberlakukan travel warning. Jadi apakah negara tujua liburanmu sudah memberlakukan travel warning ataukah belum.

Travel warning ini terdapat beberapa kategori. Nah pada poin inilah kamu harus paham.

Travel warning tingkat 1 artinya waspada sewajarnya. Tingkat 2 artinya tingkatkan kewaspadaan.

Sementara tingkat 3 artinya pertimbangkan kembali rencana liburan anda ke negara tujuan. Sedangkan pada tingkat 4 inilah kamu dilarang untuk berkunjung ke negara tujuan.

Contoh negara yang sudah berada pada tingkat 4 adalah negara Cina dan Iran.

Nah, pertanyaannya, negara tujuanmu liburan berada pada posisi tingkat yang mana?

4 dari 7 halaman

Pahami Risiko Virus Corona

 Pahami risiko virus corona
© Pexels

Selanjutnya, jika sudah memutuskan tetap akan traveling di saat mewabahnya virus corona, kamu juga perlu memahami risiko apa yang akan kamu hadapi. Jika negara tujuan liburanmu belum terpapar virus corona, bukan berarti kamu bersantai-santai tanpa antisipasi.

Karena telah kita ketahui, selama jangka tiga bulan saja, virus mematikan ini sudah melahap 79 negara, loh.

Risiko perjalanan di negara tujuan memang lumayan tinggi. Apabila kamu sedang liburan dan tiba-tiba terpapar virus corona, maka kamu harus siap dikarantina di negara itu. Nah, apakah kamu sudah siap tinggal lebih lama di negara itu?

Sebagai referensi buat kamu yang akan pergi liburan, berikut kami kutip negara-negara yang sudah terpapar virus corona: Asia (Cina, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand). Sedangkan dari daratan Eropa: Italia, Jerman, Prancis, Britania Raya, Swiss, Spanyol, Belanda, Swedia, Denmark, Kroasia, Yunani, Finlandia, Romania dan Norwegia.

Sementara itu dari Timur Tengah terdapat Iran yang sudah berstatus tingkat 4, Uni Emirat Arab, dan Lebanon. Sementara di Amerika terdapat Kanada, Amerika Serikat, dan Ekuador. Dan yang terakhir di Afrika adalah negara Algeria.

5 dari 7 halaman

Jangan Lupa Gunakan Asuransi Perjalanan

 Menggunakan asuransi perjalanan akan lebih baik
© Pexels

Jika telah memutuskan untuk tetap berangkat ke negara tujuan maka lebih baik kamu menggunakan asuransi perjalanan yang paling mahal. Karena asuransi jenis ini berbeda dengan asuransi standar.

Sebab memiliki peraturan cancel for any reasons. Artinya, jika sewaktu-waktu kamu akan membatalkan perjalanan, premimu akan dikembalikan.

Karena tidak menutup kemungkinan tiba-tiba kamu membatalkan perjalanan traveling di saat mewabahnya virus corona. Menggunakan asuransi yang murah kemungkinan uangmu tidak akan dikembalikan. Karena banyak maskapai yang merugi akibat pembatalan perjalanan ini.

6 dari 7 halaman

Jagalah Kebersihan

 Menjaga kebersihan makanan ketika sedang travelling
© Pixabay

Menjaga kebersihan sangat diwajibkan ketika kamu memutuskan untuk traveling di saat mewabahnya virus corona. Selama perjalanan berangkat hingga tiba di negara tujuan, kebersihan harus benar-benar diperhatikan.

Cucilah tanganmu sesering mungkin dengan sabun atau hand sanitizer. Tutuplah mulut dan hidungmu dengan menggunakan masker.

Segeralah menggunakan hand sanitizer setelah turun dari kereta atau pesawat atau setelah memegang gagang tangga. Kurangi memegang wajah sebelum kamu benar-benar mencuci tangan dengan sabun.

Kemudian, usahakan untuk tidak kontak langsung dengan orang lain. Setidaknya jaga jarak minimal dua meter dari orang asing supaya kamu tetap aman traveling di saat mewabahnya virus corona.

Selama traveling, makanan menjadi hal yang tak dapat dihindarkan. Maka dari mari kita ikuti saran dari World Health Organization (WHO) supaya makanan kita tetap sehat dan terhindar dari corona.

Pertama, jagalah kebersihan makanan mulai dari mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang makanan.

Kedua, Pisahkan makanan mentah dengan makanan yang sudah matang. Usahakan menggunakan pisau atau garpu yang berbeda untuk setiap makanan.

Ketiga, masak makanan hingga benar-benar matang.

Keempat, jaga temperatur makanan di posisi yang aman.

Kelima, selalu gunakan air bersih dan makanan yang masih segar.

7 dari 7 halaman

Cek Kesehatan Pasca Traveling

 Lakukan cek kesehatan setelah pulang dari travelling
© Pixabay

Setelah berjalan-jalan dan menikmati liburan dengan beberapa tips di atas, tiba saatnya kamu harus mengakhirinya dan kembali ke rumah. Usai tiba di rumah, langsung periksakan kesehatanmu ke dokter.

Ini penting dilakukan untuk memonitor apakah kondisimu benar-benar sehat atau ada hal lain yang menggangu seperti virus corona.

Apabila tidak kamu periksakan, dikhawatirkan orang-orang sehat di sekitarmu akan tertular virus yang terbawa dari pulang liburan. Bukankah ini sangat membahayakan orang-orang yang kita cintai?

Nah tips-tips traveling di saat mewabahnya virus corona sudah kami bagikan di atas. Tunggu apalagi guys, nikmati liburanmu dan perhatikan hal-hal di atas supaya kamu tetap bisa enjoy disaat orang-orang sedang genting dan takut.

Pastikan kamu jangan panik dan over protektif.  Ikuti aturan dari WHO dan selalu menjaga kesehatan selama travelling. Batasi berbicara dengan orang asing, atau ambil jarak dua hingga tiga meter untuk bercakap-cakap dengan mereka.

Laporan: Arini Sa'adah

Join Dream.co.id