Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hindari 7 Menu Makanan Agar Liburan Tak Terganggu Sakit Perut

Hindari 7 Menu Makanan Agar Liburan Tak Terganggu Sakit Perut Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)

Dream- Ketika liburan, tubuh harus beradaptasi dengan kegiatan baru yang berbeda dengan rutinitas biasanya. Terkadang, cara beradaptasi tubuh diwujudkan berupa rasa sakit perut.

Supaya risiko sakit perut menurun, kita harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

Terkadang liburan dijadikan sebagai pelampiasan untuk mengonsumsi semua makanan yang diinginkan. Namun, justru inilah yang dapat menyebabkan perut menjadi bermasalah dan merusak liburan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan saat liburan, coba hindari beberapa menu makanan peningkat risiko sakit perut berikut ini.

Menu Makanan dari Kerang Mentah

Menghabiskan liburan di daerah pesisir, tak lengkap rasanya kalau tidak mencoba berbagai menu makanan laut. Kita bisa saja mencicipi ikan laut bakar, udang goreng, atau cumi asam manis, tapi usahakan untuk menghindari kerang kerang mentah.

Segela jenis makanan bercangkang dari laut sebaiknya dihindari, seperti yang disampaikan oleh Elizabeth Ward, Ahli Diet di Boston, yang mengatakan bahwa kerang mentah meningkatkan risiko vibriosis yang bisa berakibat pada kematian.

Menu Makanan dari Melon

Selain kerang mentah, buah melon juga sebaiknya dihindari saat berlibur karena dapat menyebabkan sakit perut. Kulit buah melon yang mengandung E. Coli dan apabila disimpan pada suhu tertentu, dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan tubuh sakit.

Tidak hanya itu, menu makanan dari buah melon yang tidak disimpan dengan baik dapat menyebabkan bakteri dan virus seperti salmonella dan noroviruss berkembang dan menyebar dalam tubuh. Lebih baik mengonsumsi lemon ketika berada di rumah dan dalam keadaan segar tanpa harus disimpan terlebih dahulu.

Menu Makanan dari Kecambah

Salah satu jenis kecambah yang kerang digunakan sebagai tambahan makanan di sandwich atau salad, yaitu kecambah alfalfa sebaiknya juga dihindari saat liburan. Terlebih saat kita makan di restoran atau tempat asing.

Pengolahan kecambah yang salah, dapat menyebabkan bakteri dan mikroba tumbuh subur di dalamnya. Salah satunya salmonella, listeria, dan E. Coli. Terutama kecambah yang disimpan di suhu yang panas dan lembab. Untuk menghindari sakit perut saat liburan lebih baik hindari menu makanan yang menggunakan kecambah.

Menu Makanan dari Bush Meat

Bush meat atau daging yang berasal dari hewan liar, juga masuk dalam daftar menu makanan yang sebaiknya dihindari saat berlibur. Jenis daging ini biasa kita temui ketika berlibur ke daerah tertentu, seperti kawasan daerah adat atau daerah pedalaman.

Daging hewan yang jarang kita temukan, seperti daging rusa, kuda, dan hewan lain, biasanya dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk bahan makanan. Bagi kita yang tidak terbiasa dengan menu makanan dari bush meat, bisa menyebabkan sakit perut, bahayanya lagi tubuh bisa terkontaminasi penyakit endemik yang berbahaya.

Menu Makanan dari Sayuran Mentah

Menu makanan selanjutnya yang harus dihindari saat liburan ialah menu makanan yang berasal dari sayuran mentah. Saat liburan, terkadang kita ingin mencoba menu baru yang menyehatkan seperti salad. Namun, memilih salad sebagai menu makanan saat liburan lebih baik dihindari.

Sayuran mentah yang digunakan untuk membuat salad di tempat asing, bisa membuat perut sakit. Menu makanan ini juga berlaku untuk burger atau hotdog yang menggunakan selada dan tomat mentah. Inilah faktor utama yang menyebabkan perut mulas saat selesai memakan hotdog atau burger.

Menu Makanan Sushi

Sama seperti halnya menu makanan dari kerang mentah, makanan khas jepang ini umumnya dibuat dari makanan laut yang masih mentah. Bagi yang tidak terbiasa dengan sushi, dan mencoba sushi saat liburan, dapat meningkatkan risiko sakit perut.

Pengolahan makanan laut yang tidak tepat dapat menyebabkan tubuh orang yang mengonsumsinya terinfeksi bakteri atau parasit yang terbawa dari daging ikan mentah. Untuk mengatasi sakit perut karena sushi, lebih baik kita memilih restoran sushi yang terpercaya akan jaminan kebersihan dan pengolahannya.

Menu Makanan dari Es Balok

Siapa sangka ternyata es balok juga dapat menyebabkan sakit perut saat liburan. Yang menyebabkan es balok masuk daftar menu makanan yang harus dihindari saat liburan ialah karena penggunaan air saat pembuatan es di tempat wisata yang tidak kita tahu kebersihannya.

Dikutip dari Reader’s Digest, 30-70 persen wisatawan mengalami diare saat liburan, dan salah satu penyebabnya ialah konsumsi es balok.

Pembuatan es balok yang menggunakan air yang tidak matang dapat membuat bakteri E. Coli berkembang pesat, dan menyebabkan orang yang mengonsumsinya mengalami sakit perut.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan saat liburan ialah kebersihannya. Hal ini wajib dilakukan apabila tidak ingin mengalami sakit perut selama menikmati liburan di tempat asing.

Sumber: Reader’s Digest

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cuma 5 Menit! Cobalah 4 Kreasi Menu Sahur Praktis, Bergizi dan Awet di Perut

Cuma 5 Menit! Cobalah 4 Kreasi Menu Sahur Praktis, Bergizi dan Awet di Perut

Keterbatasan waktu membuat kita cenderung memilih makanan siap saji yang kurang sehat.

Baca Selengkapnya
Hindari 5 Hal Biar Daging Barbeque Saat Pesta Tahun Baru Empuk dan Lezat

Hindari 5 Hal Biar Daging Barbeque Saat Pesta Tahun Baru Empuk dan Lezat

Beberapa hal sederhana bisa merusak rasa makanan yang dipanggang. Hindari kebiasaan tersebut agar rasa daging atau bahan makanan lainnya semakin lezat.

Baca Selengkapnya
Hindari 7 Makanan ini untuk Dimakan di Atas jam 7 Malam

Hindari 7 Makanan ini untuk Dimakan di Atas jam 7 Malam

Ada beberapa makanan dan minuman yang apabila dikonsumsi di malam hari, dapat berdampak buruk.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Sedapnya Sayur Labu Khas Betawi, Tengok Resepnya untuk Menu Ramadan

Sedapnya Sayur Labu Khas Betawi, Tengok Resepnya untuk Menu Ramadan

Sudah mendekati bulan Ramadhan! Saatnya menyiapkan resep-resep praktis untuk berbuka puasa dan sahur.

Baca Selengkapnya
Menu Harian Keluarga, Resep Ayam Kuah Pedas yang Menggugah Selera

Menu Harian Keluarga, Resep Ayam Kuah Pedas yang Menggugah Selera

Saat ingin variasi masakan yang lezat, resep ayam kuah pedas bisa jadi pilihan

Baca Selengkapnya
Awas, Hindari Makanan ini Saat Perut Kembung!

Awas, Hindari Makanan ini Saat Perut Kembung!

Gejala kembung yang muncul secara periodik sering kali disebabkan oleh gangguan dalam sistem pencernaan, perubahan hormon, atau keduanya.

Baca Selengkapnya
3 Resep Menu Buka Puasa dengan 3 Bahan,  Enak dan Bebas Ribet

3 Resep Menu Buka Puasa dengan 3 Bahan, Enak dan Bebas Ribet

Tak perlu khawatir dengan kekurangan bahan atau waktu yang sempit, karena ada beberapa resep menu buka puasa yang sederhana namun tetap lezat.

Baca Selengkapnya