Mencoba Cara Unik Berwisata Sejarah di Solo

Kereta Batara Kresna, Solo. Sumber: Instagram @siwinw
COMMUNITY  |  14 Juni 2019 09:15

Kota Solo memang sarat akan sejarah dan budaya Jawa. Banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang bisa dikunjungi di Kota Batik ini.

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Mengenal Soerakarta Walking Tour

Soerakarta Walking Tour merupakan komunitas sejarah yang memiliki tujuan mengenalkan sejarah Surakarta kepada masyarakat luas dengan cara menapaki tilas sejarah yang ada di Kota Solo. Soerakarta Walking Tour sendiri sudah berdiri sejak Januari 2017, dan sudah melakukan banyak tur mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Solo.

Biasanya Soerakarta Walking Tour mengadakan kegiatan touring dengan berjalan kaki setiap pekan, antara hari Sabtu atau Minggu. Untuk tempat tujuannya bisa berbeda-beda, dan biasanya akan diumumkan beberapa hari sebelum tur diadakan melalui akun Instagram mereka di @soerakartawalkingtour.

Soerakarta Walking Tour

Dalam satu kali tur, Aprianto tidak sendiri, ia ditemani tiga anggota Soerakarta Walking Tour lain, di antaranya storyteller, fotografer, dan runner. Dan, Soerakarta Walking Tour siap menemani rombongan peserta tur berjalan kaki.

Menurut penuturan Muhammad Aprianto, koordinator sekaligus storyteller Soerakarta Walking Tour, antusius masyarakat untuk mengikuti tour menunjukan peningkatan. “Untuk bulan Ramadan kemarin, grafik konfirmasi (peserta) terus naik,” imbuh Aprianto saat dihubungi Dream.

Untuk pendaftarannya sendiri sangat mudah, cukup melakukan konfirmasi melalui direct message ke Instagram Soerakarta Walking Tour sebelum tur berlangsung. Dan menariknya, Soerakarta Walking Tour membebaskan biaya untuk mengikuti tur dengan sistem “Pay as You Wish”.

“Karena emang tujuan kita adalah mengenalkan sejarah ke orang lain, jadi kita akan tetap pakai ‘Pay as You Wish’, dan kita tidak komersil,” imbuh Aprianto.

Selanjutnya : Jalan-jalan Sambil Mendengarkan Cerita
KPR BRI VIRTUAL EXPO Vol. 3 #BERANIPUNYARUMAH
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
KPR BRI VIRTUAL EXPO Vol. 3 #BERANIPUNYARUMAH
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :