Menyusuri Eksotisme Kuba, Perhatikan Tips Ini

Community-travel | Senin, 14 Oktober 2019 15:00

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Kuba menyimpan banyak keunikan, para wisatawan akan dibuat terheran-heran saat berlibur ke negara ini.

Dream - Kuba, negeri yang terkenal akan keeksotikannya. Negara ini menawarkan pesona Amerika Latin yang menakjubkan.

Kuba merupakan negara kepulauan yang terletak di utara Laut Karibia, dengan kota terbesar Havana. Selain pemandangan yang eksotis, negara ini dikenal sebagai kawasan yang unik dan cukup terisolasi.

Saat berada di Havana, para wisatawan akan disuguhi banyak pertanyaan. Mulai dari urusan birokrasi yang membingungkan, alunan musik yang terdengar di mana-mana seakan tanpa batas dan bangunan-bangunan yang tak kalah unik.

Namun demikian, kamu akan dimanjakan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Berikut tips liburan ke Kuba yang akan sangat berguna agar tidak terkejut dengan keadaan di sana.

Menyusuri Eksotisme Kuba, Perhatikan Tips Ini
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Persiapkan Segalanya

Pesan Tiket Pesawat Pulang Pergi

Ketika merencanakan liburan, tiket pesawat tidak boleh ketinggalan. Sangat penting untuk memesan tiket pesawat jauh-jauh hari.

Tips ini juga berlaku buat kamu yang ingin berlibur ke Kuba. Jangan lupa untuk membeli tiket pesawat pulang pergi.

Satu hal yang perlu kamu tahu, penerbangan ke Kuba sangat terbatas. Salah satu maskapai yang melayani penerbangan ke Kuba ialah Air China dari Beijing.

Ada juga penerbangan dari Amerika Serikat namun jumlahnya sangat terbatas. Jadi segera pesan dan jangan ditunda.

 Tips Liburan
© Pixabay


Pesan Penginapan Lebih Dulu

Walau jumlah penerbangan ke Kuba terbatas, jumlah traveler yang ingin ke sana tetap saja banyak. Terlebih pada pertengahan bulan Desember sampai Maret, dijamin banyak wisatawan yang berlibur ke Kuba.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memesan penginapan jauh-jauh hari. Jangan sekali-kali mencoba memesan penginapan saat tiba di Kuba, dijamin kamu bakal kesulitan.

3 dari 6 halaman

Barang yang Wajib Dibawa

Bawa Uang Tunai

Negara yang jadi kampung halaman Che Guevara ini dikenal memiliki banyak bangunan bersejarah. Selain itu, Kuba dikenal sebagai negara yang terisolasi, jadi jangan berharap menemukan mesin ATM dengan mudah.

Tips liburan yang penting saat berada di Kuba ialah selalu membawa uang tunai dalam dompet. Akan lebih baik lagi menukar uang dalam Euro atau dolar Kanada. Apabila menukar dalam mata uang lokal, wisatawan asing akan dikenakan biaya tambahan.

 Tips Liburan
© Pixabay


Bersiaplah untuk Tip

Ada lagi yang harus dipersiapkan oleh wisatawan yang hendak berlibur ke Kuba, yaitu uang tip. Ketika berada di tempat wisata di Kuba, akan ada banyak warga lokal yang berdandan atau memamerkan hewan peliharaannya.

Apabila mengambil foto mereka atau foto bersama mereka, jangan lupa untuk memberikan tip.

4 dari 6 halaman

Jangan Terlalu Berharap

Akses Internet Terbatas

Saat berencana mengunjungi Kuba, jangan terlalu berharap banyak terutama untuk urusan jaringan internet. Fasilitas Wifi dan akses internet di Kuba sangat terbatas dan sulit, jadi lebih baik jangan membawa terlalu banyak gadget, karena akan percuma.

 Tips Liburan
© Pixabay


Menu Makanan yang Kurang Komplit

Ketika berlibur, berburu kuliner jadi sebuah keharusan. Apalagi kalau berlibur ke tempat asing, pasti kita penasaran dengan makanan khas daerah tersebut.

Berbeda dengan di Kuba, wisatawan harus bersiap dengan menu makanan yang tidak komplit, walau tersedia di dalam menu. Pasokan bahan makanan di Kuba sangat terbatas.

Kalau Sahabat Dream tidak bisa bertahan dengan menu seadanya, lebih baik membawa persediaan makanan dari rumah, ya.

5 dari 6 halaman

Lebih Baik Jangan Dilakukan

Jangan Bawa Banyak Oleh-oleh

Pulang liburan tanpa oleh-oleh? Duh, pasti terasa ada yang kurang. Di Kuba, ada souvenir khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti kain atau topi khas Kuba.

Ada lagi kekhasan Kuba yang hanya ada di Kuba, yaitu rum dan cerutu. Tapi jangan berharap bisa membawa barang-barang itu dalam jumlah banyak, kalau tidak mau dikenakan biaya tambahan.

Bayangkan untuk membawa pulang souvenir dari Kuba, dikenakan biaya kurang lebih US$400 atau lebih dari Rp5 juta.

 Tips Liburan
© Pixabay

Jangan Mengemudi Sendirian

Satu lagi hal penting yang wajib diketahui wisatawan sebelum pergi ke Kuba, yaitu jangan pernah mengemudi sendiri di jalanan Kuba. Lebih baik naik taksi atau menyewa sopir.

pPerlu diketahui juga, beberapa taksi lokal enggan mengambil penumpang asing yang tidak bisa berbahasa Spanyol.

6 dari 6 halaman

Kejutan saat Liburan di Kuba

Walau banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang, ada banyak kejutan yang bisa didapat wisatawan begitu tiba di Havana.

Dikutip dari Lonely Planet, 2020 jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Kuba karena di sana sedang terjadi ledakan kreativitas.

 Tips Liburan
© Pixabay


Suasana negara terisolasi tapi memiliki pemikiran terbuka dan keinginan besar untuk maju akan mengejutkan para wisatawan. Mulai dari bangunan tua yang direnovasi penuh warna dengan ide-ide kreatif, pabrik seni, dan masih banyak lagi lainnya.

Menikmati Kota Havana akan membuat kita terngiang lagu Camila Cabello, Havana ooh na na. Half of my heart is in Havana ooh na na.

Sumber: CNN Travel

Join Dream.co.id