7 Hal Seru Ini Bisa Kamu Lakukan Liburan di Bukit Peramun

Community-travel | Kamis, 14 November 2019 11:11
7 Hal Seru Ini Bisa Kamu Lakukan Liburan di Bukit Peramun

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Jangan sampai melewatkan 7 hal ini jika berkunjung ke Pulau Beliting

Dream - Pulau Belitung punya pesona alam yang begitu cantik. Pernah menjadi kawasan tambang timah meninggalkan bekas yang kini dikagumi banyak orang. 

Melihat batu granit di tepi pantai, mengeksplor danau bekas tambang kaolin, adalah sederet aktivitas menyenangkan jika kamu sedang berlibur ke Belitung. Selain itu, menjelajahi hutan yang masih asri dengan beragam kekayaan flora dan fauna juga bakal jadi pengalaman seru tak terlupakan.

Dream berkesempatan menjelajah Desa Wisata Peramun di Bukit Peramun bersama PT Bank Central Asia Tbk. dalam kegiatan yang bertajuk " Kafe BCA" akhir pekan lalu.

Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi. Fokus utamanya, mengembangkan kekayaan flora dan fauna.

Kekayaan tumbuhan di hutan ini diperkenalkan kepada publik dengan cara yang unik dan kekinian. Inilah 7 hal seru yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata Bukit Peramun.

 

2 dari 8 halaman

1. Mendaki Bukit Peramun

 Mendaki Bukit Peramun
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Mendaki Bukit Peramun (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Mendaki Bukit Peramun jadi pengalaman menyenangkan. Perjalanan menuju puncak bukit terbilang mudah karena banyak akar pohon yang bisa dipakai untuk pegangan saat menyusuri jalan tanah yang cukup licin setelah hujan.

Perjalanan ini akan menghadirkan sensasi dekat dengan alam. Deretan pohon menjulang tinggi dan batu granit terhampar di sekitar bukit ini.

Keunikan bukit di Belitung yang tak ada di kota lain adalah kekayaan batu granit dan kandungan tanahnya. Selama perjalanan mendaki, terasa ada gelombang magnet dari batu granit.

" Bukit ini kami teliti memiliki banyak batuan intrusi, banyaknya batu di sini membuat cekungan magnetik di mana dapat menstabilkan energi seseorang dan penyakit-penyakit ringan dalam tubuh bisa agak berangsur-angsur stabil," jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Belitung Timur, Andriyanto Putra.


3 dari 8 halaman

2. Mengunjungi Rumah Hobbit

 Rumah Hobbit
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Rumah Hobbit yang Instagrammable (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Masih ingat dengan manusia Hobbit di film " Lord of The Ring" ? Karakter mungil itu tinggal dalam rumah kecil yang bernama Hobbiton.

Di Desa Wisata Bukit Peramun, kamu bisa menemukan sebuah Hobbiton. Rumah ini dibangun di dalam hutan, terletak tidak jauh dari titik awal pendakian bukit.

Rumah mungil ini berbeda dengan Hobbiton di tempat lain karena terletak di dekat batu granit. Hobbiton sengaja dibuat oleh para pengurus desa ini untuk dijadikan tempat berfoto. Tertarik untuk berfoto dengan Hobbiton satu ini?

 

4 dari 8 halaman

3. Belajar Kekayaan Flora bersama Virtual Guide

 Virtual Guide
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Menjajal Virtual Guide di Tengah Hutan (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Virtual guide adalah sebuah program teknologi yang didesain untuk menjelaskan hal-hal tertentu. Pada bukit ini, kamu bisa mendapatkan penjelasan mengenai keanekaragaman flora di dalam hutan.

Setiap jenis pohon ditempeli barcode yang bisa dipindai oleh para wisatawan. Para pengunjung tidak perlu repot mengunduh aplikasi tertentu karena dengan fitur kamera pada gawai saja barcode ini sudah bisa terdeteksi.

Setelah pemindaian selesai, akan muncul penjelasan secara rinci mengenai pohon tersebut. Jadi, wisatawan dapat belajar dan melihat langsung berbagai flora yang dijelaskan oleh virtual guide ini. Menarik sekali ya Sahabat Dream!

 

5 dari 8 halaman

4. Menyentuh Batu Kembar

 Batu kembar
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Batu Kembar yang Menjadi Lokasi Upacara Adat (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Terdapat batu kembar yang berdiri kokoh di atas bukit pada ketinggian 90 mdpl. Batu kembar ini merupakan dua batu granit yang berdekatan.

Disini adalah lokasi upacara adat untuk para masyarakat Belitung. Jika seseorang remaja berhasil memegang kedua ujung batu kembar ini maka ia sudah diperbolehkan menikah. Namun jika berstatus sudah menikah, maka keluarganya akan harmonis.

" Kalau anak muda ingin menikah harus berhasil memegang kedua ujung batu ini. Jika berhasil maka artinya ia sudah siap menikah" jelas Mustari, pemandu wisata kami.

 

6 dari 8 halaman

5. Berfoto di Mobil Terbang

 Mobil Terbang yang Diangkat dengan Penuh Perjuangan
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Mobil Terbang yang Diangkat dengan Penuh Perjuangan (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Mobil terbang ini menjadi sesuatu yang menarik di Bukit Peramun. Pengunjung dapat menaiki mobil yang berdiri di atas ketinggian +- 100 mdpl.

Menilik kondisi jalan mendaki dan sempit karena sesekali batu granit menghimpit. Timbul pertanyaan bagaimana mobil ini dapat sampai ke atas Bukit Peramun.

Mustari, pemandu wisata kami menjelaskan bahwa mobil ini diangkat oleh 24 pengurus Desa Wisata Bukit Peramun bersama-sama. Perjalanan yang ditempuh juga tidak mudah karena sesekali jalanan terjal mendaki dan sempit karena jarak batu granit yang satu dan lainnya berdekatan.

" Dua puluh empat petugas memangkul mobil itu bersama-sama. Perjalanan sekitar 4 jam hingga sampai disini" jelas Mustari.

 

7 dari 8 halaman

6. Menikmati Matahari Terbenam di Puncak Bukit

 Puncak bukit
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Berfoto di Puncak Bukit Peramun (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Titik puncak menjadi spot yang paling menarik. Para pengunjung bisa berfoto di balkon kayu ini.

Matahari terbenam akan sangat cantik dilihat dari atas bukit ini. Namun sayangnya, langit Belitung senja ini mendung. Dream tidak dapat menyaksikan pesona matahari terbenam disini.

Mustari juga menambahkan " Kalau biasanya kita bisa lihat sunset-nya disini dan daerah pantai terlihat semua dari atas sini" jelas Mustari, pemandu wisata kami.

 Bercengkrama
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Bercengkrama Sambil Minum Es Kelapa di Puncak Bukit (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Meskipun begitu, Dream tetap bisa menikmati hamparan hutan lindung yang dikelilingi pantai Belitung dari puncak bukit.

Desa Wisata Peramun menyediakan es kelapa yang dapat dinikmati untuk melepas dahaga setelah perjalanan mendaki yang cukup jauh. 

 

8 dari 8 halaman

7. Melihat Tarsius, Endemik Langka di Bukit Peramun

 Tarsius
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Bertemu Tarsius di Bukit Peramun (Dream.co.id/Ferdike Yunuri Nadya)

Salah satu satwa endemik di destinasi ini adalah Tarsius. Primata berjuluk 'Monyet Hantu' tergolong satwa langka. Hewan ini punya tubuh hanya seukuran kepalan tangan orang dewasa dan beratnya sekitar 12 gram saja.

Tarsius hanya bisa ditemui di malam hari. Ada syarat tertentu jika ingin berinteraksi dengan hewan mungil ini, yaitu tidak menggunakan lampu flash. Penggunaan lampu flash dilarang karena dapat membuat Tarsius tidak nyaman. Untuk bisa mengamati hewan tersebut dapat menggunakan lampu sorot.

Hewan berbulu abu-abu ini lebih aktif di malam hari dan dapat melihat dengan tajam di kegelapan. Di siang hari, hewan ini biasanya tidur dan menempel di dahan pohon.

" Tarsius bisa memutar kepalanya hingga 360 derajat seperti burung hantu. Jika ingin melihat sesuatu, biasanya ia langsung memutar kepalanya saja," ucap Mustari, pemandu wisata kami.

Tarsius adalah binatang setia, hewan ini hanya kawin satu kali saja. Jika salah satu mati, maka pasangannya akan menyusul. Inilah yang membuat Tarsius menjadi primata langka lantaran siklus hidup yang pendek.

Bagaimana Sahabat Dream? Jika berkunjung ke Desa Wisata Peramun, jangan melewatkan ketujuh hal seru yang bisa kamu lakukan di sana ya!

Join Dream.co.id