6 Tips Liburan Seru Saat Musim Hujan

Community-travel | Senin, 9 Desember 2019 11:10

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Musim hujan bukan penghalang buat jalan-jalan, malah bikin suasana seru.

Dream - Memasuki penghujung tahun pastinya kamu sudah mempersiapkan rencana liburan. Sayangnya, akhir tahun di Indonesia selalu identik dengan musim hujan. 

Hujan bisa membuat beberapa rencana liburanmu sedikit terganggu. Karena jika hujan tiba, banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika melakukan perjalanan.

Saat musim hujan, pastinya barang bawaan liburan semakin bertambah. Belum lagi perlindungan ekstra yang harus dibawa ketika hujan tiba-tiba datang menghampiri.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tempat liburanmu karena akan mempegaruhi anggaran serta barang yang akan kamu bawa. Liburan saat musim hujan memang tidak mudah, tapi bukan berarti jadi nggak nyaman.

Hujan sebenarnya bisa bikin liburanmu makin seru, lho. Simak beberapa tips yang harus dilakukan saat liburan di musim hujan 

6 Tips Liburan Seru Saat Musim Hujan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Perhatikan Cuaca dan Tempat Liburan

 Perhatikan Cuaca dan Tempat Liburan
© MEN

Saat kamu ingin mengunjungi suatu tempat, sebaiknya perhatikan cuaca yang terjadi di daerah tersebut. Jika daerah pegunungan kamu harus mempersiapkan barang bawaan yang cocok untuk digunung.

Perhatikan juga curah hujan dan angin yang sering terjadi di sana sebelum kamu berangkat ke tempat itu. Jika pantai, perhatikan ombaknya, apakah sedang pasang dan ombaknya tinggi.

3 dari 7 halaman

Pilih Tempat Liburan yang Sesuai

 Pilih Tempat Liburan yang Sesuai
© MEN

Tujuan tempat liburan saat musih hujan yang paling aman adalah wisata indoor. Kamu bisa berkunjung ke museum, tempat belanja, area permainan indoor atau juga bisa wisata kuliner.

Karena ketika kamu melakukan liburan indoor, bisa dipastikan aktivitasmu akan berjalan lancar dan tidak terganggu. Tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan wisata outdoor.

Banyak juga tempat cantik yang bisa kamu kunjungi saat hujan, seperti taman bunga, kebun strobei dan lain sebagainya.

4 dari 7 halaman

Perlengkapan Musim Hujan

 Perlengkapan Musim Hujan
© MEN

Kamu harus mempersiapkan perlengkapan musim hujan sebelum liburan. Seperti baju ganti jika sedang berjalan-jalan.

Siapkan jas hujan, payung dan sandal jepit untuk berjaga-jaga saat hujan datang. Pakaian terbaik saat musim hujan adalah pakaian hangat dan tentunya sepatu tahan air.

5 dari 7 halaman

Jaga Kondisi Tubuh

 Jaga Kondisi Tubuh
© Dream

Saat musim hujan, sering kali daya tahan tubuh menurun akibat perubahan suhu yang tidak menentu. untuk itu, minumlah vitamin sehari sekali untuk menjaga kekebalan tubuh dan bisa melangsungkan liburan tanpa terganggu. Hindari aktivitas berlebih saat liburan yang menyebabkan kelelahan.

6 dari 7 halaman

Makan Makanan Hangat

 Makan Makanan Hangat
© MEN

Saat musim hujan memang sangat pas mengkonsumsi makanan yang hangat-hangat. Selain bisa menghangatkan tubuh, makanan hangat juga bisa mengembalikan energi yang hilang akibat kelelahan saat berjalan-jalan.

Jangan menunda makan, karena di saat cuaca sedang hujan, tubuh akan lebih mudah masuk angin ketika telat makan.

7 dari 7 halaman

Bawa Uang Lebih Banyak

 Bawa Uang Lebih Banyak
© MEN

Saat musim hujan ada saja pengeluaran mendadak yang terjadi saat liburan. Misalnya perjalanan ke destinasi liburan bisa ditempuh menggunakan motor, tapi karena hujan harus menggunakan mobil untuk menuju tempat tersebut.

Saat cuaca dingin, perut juga lebih cepat lapar daripada biasanya. Tidak mau kehabisan uang saat liburan kan?

Melakukan liburan saat musim hujan memang sedikit ribet, karena banyak barang bawaan yang harus dibawa. Tapi, liburan saat musim hujan juga meninggalkan kesan tersendiri. tertari mencoba?

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Terkait
Join Dream.co.id