Suka Mendaki Gunung, 6 Barang Ini Wajib Dibawa

Community-travel | Sabtu, 30 November 2019 13:10

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Mendaki gunung tidak seperti liburan pada umumnya. Butuh persiapan yang matang untuk melakukan liburan yang satu ini.

Dream - Liburan tidak harus melulu ke tempat yang jauh atau ke luar negeri. Mendaki gunung juga bisa jadi aktivitas liburan menyenangkan.

Walaupun terdengar melelahkan, mendaki gunung bisa melepas penat dari hiruk pikuk kota dan me-refresh kepala.

Walaupun dikatakan liburan, mendaki gunung sebenarnya termasuk olahraga. Tidak hanya fisik saja yang disiapkan, barang bawaan kamu juga penting dalam mendaki gunung.

Ada beberapa barang yang tidak boleh kamu lewatkan dalam mendaki gunung. Berikut ini 6 barang yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung.

Suka Mendaki Gunung, 6 Barang Ini Wajib Dibawa
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Tenda

Membawa tenda tentu saja sangat wajib untuk kamu yang ingin mendaki gunung. Di alam terbuka, tidur ditenda terasa lebih nyaman dan hangat. Tenda dapat melindungi pendaki dari guyuran hujan dan teriknya matahari.

3 dari 7 halaman

Jaket

Jaket merupakan perlengkapan yang wajib dibawa setiap pendaki. Ini karena udara gunung yang begitu dingin. Penggunaan jaket juga untuk menghindari terjadinya hipotermia.

4 dari 7 halaman

Sleeping Bag

Barang yang tidak kalah pentingnya dengan tenda dan jaket adalah sleeping bag. Menggunakan sleeping bag saat tidur membuat tubuh terasa hangat. Sleeping bag juga membuat kita nyaman saat tidur di alam terbuka.

5 dari 7 halaman

Matras

Matras digunakan dalam tenda sebagai alas tidur pengganti tikar. Dengan matras, tubuh tidak akan langsung menempel di lantai tenda yang begitu tipis. Tanpa matras, suhu dingin dari tanah bisa langsung menusuk tubuh. Apalagi dalam keadaan hujan, matras jadi pelindung dari rembesan air tanah.

6 dari 7 halaman

Kotak P3K

Membawa kotak P3K atau obat-obatan saat mendaki gunung juga sangat penting. Kondisi tubuh yang begitu letih dan iklim di gunung yang begitu dingin dapat membuat tubuh kamu menjadi sakit.

7 dari 7 halaman

Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Fungsinya sama seperti jaket. Sarung tangan dan kaos kaki berguna untuk meminimalisir rasa dingin akibat udara di gunung.

 (Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id