4 Negara yang Ditempati Orang Panjang Umur

Community-travel | Rabu, 11 Mei 2022 09:15

Reporter : Dwi Ratih

PBB memperkirakan jumlah centenarian akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2050.

Dream - Siapa yang tak ingin menikmati masa hidup sehat dan menghabiskan banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman?

Apalagi bisa berkesempatan mengelilingi dunia dengan waktu ekstra tanpa harus merasa dikejar kewajiban dalam menjalankan kehidupan di tahun-tahun emas.

Mengacu pada faktor genetika, hidup hingga usia 80-an, 90-an, bahkan mencapai abad menjadi lebih umum. Faktanya, PBB memperkirakan jumlah centenarian (seseorang yang hidup dengan usia mencapai 100 tahun) akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2050.

Pertama kali diciptakan peneliti Dan Buettner, Blue Zones adalah area yang menjadi rumah bagi beberapa orang tertua dan paling sehat di dunia.

Menurut Buettner, ada lima tempat di mana kamu bisa menemukan orang-orang berusia 80-an, 90-an, dan melampaui angka 100 dengan mudah.

Apa saja, ya?

4 Negara yang Ditempati Orang Panjang Umur
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

Sardinia, Italia

Sardinia adalah Buettner Blue Zone pertama dan timnya yang diidentifikasi pada tahun 2004.

Para peneliti menemukan " keanehan genetik langka" yang dibawa banyak penghuninya, yang dikaitkan dengan umur panjang populasi.

Tapi bukan hanya genetika yang membuat penghuni destinasi itu unik. Orang yang tinggal di Sardinia memiliki gaya hidup seperti berburu, memancing, dan memanen sebagian besar makanan mereka secara lokal.

Makanan sebagain besar masyarakat di daerah itu terbilang sehat karena terdiri dari roti gandum, kacang-kacangan, sayuran kebun, buah-buahan, dan minyak damar wangi yang penting untuk kesehatan jantung.

Okinawa, Jepang

Orang-orang yang tinggal di Okinawa cukup beruntung memiliki tingkat kanker, penyakit jantung, dan demensia yang sangat rendah dibandingkan dengan orang Amerika.

Umur panjang mereka juga dapat dikaitkan dengan ikatan sosial yang kuat, serta tujuan yang mendalam. Orang Okinawa yang lebih tua mudah mengartikulasikan alasan mereka bangun di pagi hari.

Selain menyukai pola makan nabati, kehidupan warga Okinawa selalu mengutamakan peran tanggung jawab yang berperasaan. Hal tersebut jadi hal yang dibutuhkan hingga usia 100-an.

3 dari 3 halaman

Nicoya, Costa Rica

Costa Rica memiliki pepatah bahwa setiap orang harus mengadopsi 'pura vida' yang diterjemahkan menjadi 'kehidupan murni'.

Hidup bahagia setiap hari jadi motivasi orang-orang yang hidup di sini sehingga jadi afirmasi yang baik dan menjadikan mereka hidup lebih sehat dan lama.

" Makan lebih sedikit kalori tampaknya njadi salah satu cara paling pasti untuk menambah tahun dalam hidup kamu," catat Blue Zones yang dikutip Travel and Leisure.

Selain itu, orang-orang Nicoyan makan malam ringan di awal malam. Hampir sepanjang hidup mereka, para centenarian Nicoyan makan makanan tradisional seperti labu, jagung, dan kacang-kacangan.

Ikaria, Yunani

Pulau Ikaria di Yunani ditempati kurang dari 10.000 orang, tetapi mereka adalah kelompok yang sehat.

Hampir keseluruhan mereka bebas dari demensia dan penyakit kronis. Selain itu, satu dari tiga penduduk di sini hidup hingga usia 90-an.

Menurut para peneliti, hal itu terjadi karena adanya budaya sosial-sentris, tingkat aktivitas dan diet mereka, serta kecintaan mereka pada segelas anggur yang baik.

" Udara bersih, angin sepoi-sepoi yang hangat, dan medan yang kasar menarik mereka keluar ke dalam gaya hidup aktif," terang situs tersebut.

Sumber: Travel and Leisure

Join Dream.co.id