3 Spot Menarik di Kalimantan Tengah Sambil Nikmati Hajatan Suku Dayak

Community-travel | Kamis, 12 Mei 2022 09:12

Reporter : Dwi Ratih

Dilaksanakan 17-21 Mei 2022, Festival Budaya Isen Mulang dilakukan secara hybrid.

Dream - Sahabat Dream sering mendengar atau mengetahui Suku Dayak?

Merupakan suku bangsa atau kelompok etnik yang mendiami pedalaman pulau Kalimantan, Suku Dayak memiliki kesenian tradisional yang layak diketahui seluruh masyarakat Indonesia.

Sempat absen dua tahun akibat pandemi COVID-19, warga Dayak siap menggelar Festival Budaya Isen Mulang tepat 17-21 Mei 2022 mendatang.

Di acara tersebut, sembari menggandeng sanggar dan seniman lokal yang berasal dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, ragam kesenian tradisional yang disajikan berupa tarian, musik, hingga busana khas Dayak.

Tak cuma itu saja, helatan yang merupakan kolaborasi Pemerintah Kalimantan Tengah dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini juga menghadirkan olahraga tradisional sebagai salah satu isi acara.

Dilakukan secara hybrid di empat lokasi berbeda, Festival Budaya Isen Mulang akan dilakukan di Museum Balanga, Taman Budaya Kalimantan Tengah, Aula Jayang Tingang, dan pinggir Sungai Kahayan.

3 Spot Menarik di Kalimantan Tengah Sambil Nikmati Hajatan Suku Dayak
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Aneka lomba

Aneka perlombaan tradisional yang jadi ikon sejak hadirnya festival ini, di helatan 2022 akan hadir berjumlah 16 lomba, di antaranya ada lomba tari, lagu daerah, karungut, jukung tradisional, balogo, besei kambel, habayang, lawang sakepeng, dan sajian lomba yang sayang dilewatkan begitu saja.

Dihelat selama lima hari berturut-turut, buat kamu yang berkesempatan hadir di Festival Budaya Isen Mulang 2022 jangan lupa untuk mampir ke spot-spot pilihan di Kalimantan Tengah.

Berikut sisi lain Kalimantan Tengah yang bisa kamu jelajahi layaknya warga lokal di deretan destinasi wisata ini!

3 dari 4 halaman

1. Sungai Sekonyer dengan Klotok

Klotok adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat lokal menyerupai perahu kayu yang didesain tingkat.

Nikmati Sungai Sekonyer dengan Klotok, dijamin mata akan termanjakan dengan pemandangan hutan dan pohon-pohon tinggi. Berbagai flora dan fauna juga bisa kamu jumpai ketika ber-Klotok-ria.

2. Temui satwa endemik di Taman Nasional Tanjung Puting

Nggak ada salahnya menikmati wisata dengan bertemu satwa endemik. Di Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan habitat asli orang utan Kalimantan.

Beberapa jenis primata lain yang tak kalah langka juga tinggal di sini seperti bekantan, owa kalimantan, dan beruang madu.

4 dari 4 halaman

3. Belanja kerajinan rotan di Katingan

Traveling kurang lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan. Apalagi oleh-oleh khas daerah tersebut.

Di daerah Katingan ini, kamu bisa berburu kenang-kenangan khas suku Dayak. Apa lagi kalau bukan kerajinan rotan.

Di sini, terkenal sebagai penghasil kerajinan rotan yang memakai motif khas Dayak, seperti motif burung tingang atau kemang. Tak cuma itu saja, barang-barang yang dijual di sini beragam, mulai dari tas sayur, tikar, pernak-pernik dan lain sebagainya.

Sumber: Indonesia.Travel

Join Dream.co.id