Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Indonesia Incar Rp322 Miliar Lewat Pameran Pariwisata Terbesar Dunia 'World Travel Market' di London

Indonesia Incar Rp322 Miliar Lewat Pameran Pariwisata Terbesar Dunia 'World Travel Market' di London Foto: World Travel Market (WTM) Di London/Instagram @sandiuno

Dream - Indonesia tidak mau ketinggalan ikut serta dalam pameran pariwisata terbesar ke dua di dunia, "World Travel Market (WTM) London 2022", yang berlangsung di Excel, London, Inggris, mulai 7 hingga 9 November 2022. Lewat ajang yang sudah diadakan sejak 1980 itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasarkan potensi sebagai salah satu destinasi utama di Asia Tenggara, apalagi Indonesia telah membuka diri terhadap wisatawan asing sejak Februari lalu.

"Sehingga dengan partisipasi kita dalam World Travel Market London diharapkan dapat meningkatkan devisa negara melalui pariwisata dan mendorong penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas," kata Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Selasa 8 November 2022.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan, keikutsertaan Indonesia dalam ajang ini sekaligus untuk memfasilitasi 36 pelaku pariwisata yang terdiri dari biro perjalanan wisata, tour operator, destination management company, dan jaringan hotel terkenal, agar dapat mengaktifkan kembali bisnisnya melalui pameran pariwisata global.

Para pelaku pariwisata tersebut menawarkan berbagai paket wisata menarik, termasuk Bali dan lima destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) andalan Indonesia, yaitu Danau Toba, Sumatra Utara; Borobudur, Jawa Tengah; Mandalika, NTB; Labuan Bajo, NTT; dan Likupang, Sulawesi Utara.

Upaya pemerintah bangkitkan pariwisata Tanah Air

Indonesia melalui Kemenparekraf menghadirkan Pavilion Wonderful Indonesia dengan area seluas 100 m2 dan berlokasi di booth AS900. Indonesia menargetkan 29.500 pax lewat ajang tersebut, dengan nilai transaksi wisman diharapkan mencapai Rp322.280.000.000 atau US$20,578,512.

Sandiaga Uno (kiri)

"Citra Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang aman, nyaman, dan berdaya saing yang mengutamakan kualitas dan berkelanjutan perlu terus dibangun. Sehingga pencitraan positif untuk mendorong calon wisatawan pasar Eropa pada umumnya dan pasar Inggris pada khususnya untuk berkunjung ke Indonesia," kata Ni Made.

"Kelas menengah atas dan kelas atas di Eropa merupakan segmentasi utama yang dibidik mengingat segmentasi pasar ini tetap memiliki kemauan dan kemampuan untuk melakukan perjalanan wisata long haul ke luar negeri di tahun depan meskipun ada ancaman resesi," ujarnya.

Diketahui, pada 2023 mendatang, Indonesia menargetkan 3,5 juta sampai 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Terlebih dengan adanya second home visa dengan masa berlaku 5-10 tahun bisa jadi pintu bagi ceruk pasar wisman yang memenuhi kriteria.

Laporan: Rena Safira

Instalasi Karya Seniman Bali Siap Sambut Peserta KTT G20

Dream - Beragam instalasi seni karya seniman Bali menghiasi sejumlah titik di Bandara Internasional Ngurah Rai, menyambut tamu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15 hingga 16 November 2022. Instalasi seni tersebut bercerita tentang kehidupan Bali.

Kehadiran instalasi seni tersebut merupakan pameran keragaman budaya Indonesia sekaligus sebagai alat promosi yang efektif. Sehingga para kepala negara, menteri, dan anggota delegasi lainnya, dapat lebih mengenal Tanah Air lebih dalam.

Sekjen Liga Muslim Dunia: dari Bali Akan Ada Aksi Nyata Perdamaian Antar Pemeluk Agama

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi instalasi seni yang merupakan bagian dari program beautifikasi Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai oleh PT. Angkasa Pura 1 itu.

" Kesiapan bandara merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan kesan pertama bagi para delegasi sehingga mereka dapat merasakan keramahtamahan yang menjadi salah satu keunggulan Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno

Sederet karya seni anak bangsa

Berbagai instalasi seni yang akan dihadirkan salah satunya adalah " Paradise Scape" karya I Wayan Upadana, seorang perupa multimedia asal Gianyar, Bali. Menggabungkan berbagai media mulai dari resin, video, layar LED, dan instalasi ini menjadi simbol keindahan dan keharmonisan.

Karya ini menyampaikan kemampuan manusia untuk merangkul lingkungan untuk menyambut dan berasimilasi dengan keunikan yang ditemukan pada orang lain, baik itu karakteristik perorangan atau budaya.

20 UMKM Terpilih Jadi Pemasok Suvenir Resmi KTT G20

Sederet seni ini merupakan pengingat atas bakat kesenian dalam berkeseharian di mana manusia adalah perpaduan kepribadian batin sendiri dengan lingkungan luar.

Tidak jauh dari lokasi instalasi karya seni " Paradise Scape" , ada " Wana Rupa Segara Gunung" karya Kadek Dwi Armika. Instalasi karya seniman kelahiran 1979 ini berada di dinding atas salah satu sudut terminal kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Punya makna mendalam

" Wana Rupa Segara Gunung" merupakan gambaran sketsa ruang adat tradisi budaya lingkungan alam Bali yang terangkum dari alam bawah laut " segara" , tradisi budaya masyarakat pesisir sampai ke gunung, yang dijaga dalam hubungan baik, seimbang dan harmonis antara manusia dengan manusia/masyarakat, antara manusia dengan alam dan lingkungan serta manusia dengan Tuhan.

Instalasi karya seni berikutnya yang hadir di instalasi seni ini dari seniman asal Gianyar, Raka Bernat yaitu " Palemahan" , karyanya ini menggunakan media kayu, rotan, bambu, dan daun lontar yang tersebar di tiga titik area kedatangan internasional Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Meta Siap Hadirkan Eksibisi Teknologi Metaverse di KTT G20 Bali

Karya ini terinspirasi dari Tri Hita Karana yang berpusat pada Palemahan sebagai aspek terpenting dalam kehidupan dengan membawa pengunjung untuk menjumpai pemetaan 3D yang mengungkapkan dunia laut (Segara), tanah (Pertiwi), dan langit (Akasa).

Deretan instalasi karya seni lainnya ada " Nawa Dewata" karya dari studio desain inovatif Atelier Seni, " Konstruksi Semesta" karya Made Wiguna Valasara, serta " Mataya Gate" karya Yoka Sara.

Momentum besar yang harus dijaga

Selain instalasi karya seni di terminal kedatangan dan keberangkatan internasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, PT. Angkasa Pura I juga melakukan revitalisasi dan beautifikasi area lain. Yakni General Aviation Terminal (GAT) dan Gedung VVIP Existing.

" Sehingga para delegasi terutama kepala negara peserta KTT G20 bisa merasakan hospitality Indonesia setibanya mereka di bandara," kata Sandiaga.

Kesan Jokowi Jajal Mobil Listrik Hyundai Buat Kendaraan Resmi KTT G20: `Enggak Ada Suaranya`

Ia juga menegaskan, Presidensi G20 Indonesia merupakan momentum besar yang harus dijaga dalam upaya bersama memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.

Keterlibatan aktif dari seluruh unsur masyarakat dan juga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta pihak-pihak terkait lainnya harus dapat dipastikan guna memastikan pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia benar-benar memberikan dampak yang luas, khususnya dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

" Pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia akan menghadirkan citra yang sangat positif terhadap Indonesia. Bahwa Indonesia sebagai negara yang terkena dampak dari Covid-19 yang cukup tinggi, namun dapat bangkit dan membuktikan diri mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan event dunia. Presidensi G20 Indonesia juga akan menjadi etalase terhadap ragam budaya yang begitu beragam yang dimiliki Indonesia," ujar Sandiaga.

" Sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat dunia terhadap Indonesia semakin tinggi dan semakin memantapkan posisi Indonesia sebagai destinasi kelas dunia yang berkualitas dan berkelanjutan," tutupnya.

Sumber: Kemenparekraf.go.id

Laporan: Rena Safira

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Hong Kong Kedatangan Lebih dari 252 Ribu Turis Indonesia Sepanjang 2023

Hong Kong Kedatangan Lebih dari 252 Ribu Turis Indonesia Sepanjang 2023

Momentum positif itu berlanjut hingga Februari 2024, dengan jumlah kedatangan mencapai 101%

Baca Selengkapnya
Negara ASEAN dengan Kunjungan Turis Asing Terbanyak Tahun 2023, Bukan Indonesia

Negara ASEAN dengan Kunjungan Turis Asing Terbanyak Tahun 2023, Bukan Indonesia

Bukan Indonesia, ini negara dengan kunjungan wisatawan asing terbanyak tahun 2023

Baca Selengkapnya
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya
Almarhum Dante Datang ke Mimpi Tamara Tyasmara:

Almarhum Dante Datang ke Mimpi Tamara Tyasmara: "Dia Kelihatan Senang Banget"

Tamara Tyasmara Diimpikan Dante Jelang Lebaran, Dia Senang-senang Disana. Yuk simak selengkapnya

Baca Selengkapnya