6 Destinasi Wisata 'Family Friendly' di Yogyakarta

Travel | Senin, 8 Agustus 2022 09:01

Reporter : Shania Suha Marwan

Ada rencana ke Yogyakarta bareng keluarga dalam waktu dekat?

Dream - Memiliki destinasi wisata dan lezatnya kuliner yang dapat memanjakan lidah serta perut, Yogyakarta jadi kota yang tak pernah bosan didatangi para turis lokal.

Yogyakarta yang terkenal sebagai salah satu pusat kebudayaan Indonesia juga jadi incaran para pelancong dari luar negeri.

 Ilustrasi© Shutterstock

Kental dengan budaya Jawa, di sini kamu bisa mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang mengisahkan kebudayaan Indonesia dari zaman nenek moyang hingga detik ini.

Tak cuma itu saja, berkunjung ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya seperti bakpia, gudeg, sambal goreng krecek, oseng-oseng mercon, tiwul, brongkos, dan sajian kuliner sedap lainnya.

6 Destinasi Wisata Family Friendly di Yogyakarta
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Jangan lupa ajak keluarga

Tata kotanya yang sangat aman dan nyaman membuat Yogyakarta cocok jadi destinasi wisata bareng keluarga.

Di sini kamu bisa ajak anggota keluarga mengelilingi beberapa destinasi wisata menarik, mulai dari Jalan Malioboro yang terkenal, candi Prambanan, atau mampir ke Pasar Beringharjo untuk membeli batik sebagai buah tangan.

Tenang, tak cuma itu saja, kok. Kamu juga bisa mampir ke beberapa lokasi wisata yang 'Family friendly' berikut ini:

Kampung Wisata Rejowinangun

Salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Kotagede, Kampung Wisata Rejowinangun terkenal dengan klasternya. Kamu bisa menikmati banyak atraksi, seperti pertunjukan seni, atau mencicipi sajian aneka jamu tradisional dan kuliner khas Jogja. 

3 dari 6 halaman

Desa Wisata Kaki Langit

Desa wisata yang sudah ada sejak tahun 2015 ini memiliki pertunjukan seni, dan kuliner khas Yogyakarta. Di sini, kamu bisa merasakan suasana tradisi Jawa tempo dulu yang kental sambil berburu kerajinan tangan. 

 Ilustrasi© Shutterstock

Museum Sisa Hartaku

Terletak di kabupaten Sleman dan dikelola langsung warga setempat, kamu bisa menemukan harta benda yang tersisa dari badak abu vulkanik yang sempat melahap wilayah sekitar Gunung Merapi saat erupsi di tahun 2010.

Di desa tersebut, kamu juga bisa menikmati pengalaman seru naik jeep mengelilingi Gunung Merapi. 

4 dari 6 halaman

Gamplong Studio Alam

Dijuluki sebagai Hollywood-nya Indonesia, Gemplong Studio Alam menjadi lokasi syuting beberapa film layar lebar Indonesia.

Kamu bisa berkunjung ke sini dan melihat beberapa replika bangunan sejarah yang ada di Indonesia, jangan lupa untuk abadikan kebersamaan kamu bareng keluarga di sini.

 Ilustrasi© Shutterstock

Kebun Binatang Gembira Loka

Selain bisa melihat koleksi binatang yang ada, di sini kamu juga bisa menikmati suasana pepohonan yang rindang. Jika ingin bermain sepeda, kamu juga bisa langsung menyewanya!

Merapi Park

Terletak di lereng Gunung Merapi, suasana yang akan kamu rasakan terasa sejuk. Di sini, kamu bisa menemukan miniatur landmark negara-negara di dunia. 

Sumber: Indonesia Travel

5 dari 6 halaman

3 Alasan Kamu Wajib Travel ke Museum Batik Danar Hadi di Solo

Dream - Bosan menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan atau bioskop? Mungkin sekarang waktunya kamu menghabiskan libur akhir pekan dengan sesuatu yang sama sekali berbeda. Museum adalah salah satu tujuan plesir yang bisa kamu masukan ke dalam tujuan objek wisata yang akan didatangi.  

Selain berwisata, kamu juga bisa menambah wawasan soal sejarah yang disajikan di museum yang dikunjungi. Tak cuma itu, kamu akan merasakan sensasi dan pengalaman berbeda saat mengunjungi museum sehingga menambah kesan mendalam ketika berpelancong.

Gandeng Kemenparekraf, 4 Desa Wisata Bersaing Jadi 'Jagoan Pariwisata' Tiket.com

Kamu bisa membagikan cerita mengunjungi museum kepada anggota keluarga atau kerabat lain.

Di Indonesia sangat banyak museum yang dapat kamu jadikan pilihan untuk dikunjungi. Mulai dari museum arkeologi, sejarah, seni, mileter, maritim, hingga museum biologi. 

Jika Sahabat Dream saat ini berada di Solo, Jawa Tengah ada baiknya memasukkan museum sebagai destinasi di itinerary traveling kamu. Di Solo sendiri, ada satu museum yang akan membawamu menyelami dunia seni dan fashion sekaligus. Museum itu adalah Museum Batik Danar Hadi. 

Terletak di Slamet Riyadi St No.261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah 57141, tepatnya di dalam komplek Ndalem Wuryaningratan, ada tiga alasan kenapa museum ini wajib disinggahi!

6 dari 6 halaman

Koleksi Beragam Jenis Batik

Di museum ini ada 11 ruangan yang digunakan untuk menunjukkan ragam koleksi batik yang sesuai dengan tema museumnya yaitu ‘Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan’. 

 Ilustrasi© Shutterstock

11 Ide Liburan Seru, Dijamin Nggak Membosankan!

Koleksi batik di sini terbagi menjadi sembilan yang terdiri batik Belanda, China, Djawa Hokokai, batik pengaruh India, Keraton, batik pengaruh Keraton, Sudagaran dan Petani, Indonesia, serta batik Danar Hadi. 

Tak cuma itu saja, di sini kamu bisa menemukan 10 ribu kain batik yang sudah dicatet dalam MURI sebagai museum batik dengan koleksi terbanyak. 

Wisata Edukasi Batik

Selain bisa melihat koleksi batiknya, kamu juga bisa belajar cara merawat dan proses pembuatan batik. Kamu juga dapat mengikuti workshop terkait pembuatan batik secara langsung.

Wah.. bisa nambah skill, ya?

5 Kota Ramah Muslim di Eropa, Wajib Banget Masuk Itinerary

Museum ini didirikan dengan tujuan melestarikan dan menggembangkan seni kerajinan batik.

 Ilustrasi© Shutterstock

Perpaduan Cagar Budaya dan Museum Bergaya Jawa-Eropa

Bangunan ini merupakan bangunan yang sudah ada sejak abad ke-19 dan memiliki arsitektur Jawa dengan perpaduan arsitektur Belanda.

Hal tersebut karena bangunan yang semulanya adalah konsep rumah tinggal bangsawan khas Jawa bergaya Eropa ini dibangun arsitek dari Belanda. 

Sumber: Indonesia Travel

Join Dream.co.id