Uban di Usia Muda? No Way

Tips Trick | Rabu, 12 Juni 2019 13:36
Uban di Usia Muda? No Way

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Uban di usia muda? Yakin bisa percaya diri? Yuk baca cara dan tips mengatasi uban yang membandel. Selamat Membaca Sahabat Dream!

Dream - Uban merupakan perubahan warna rambut dari warna asli menjadi warna putih atau keabu-abuan. Uban sangat identik sekali dengan gejala penuaan.

Tak heran uban menjadi salah satu pantangan bagi para kalangan usia muda. Timbulnya uban di usia muda dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dirinya.

Kemunculan uban di salah satu rambut kita dapat terjadi karena berbagai faktor. Tidak hanya faktor gejala penuaan, uban juga dapat muncul karena kekurangan vitamin, dan asam folat pada tubuh.

Banyak menggunakan bahan kimia pada tubuh kita terutama rambut juga merupakan salah satu faktor munculnya uban. Selain itu, faktor stress dan fator genetik juga merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan munculnya uban di usia muda.

Untuk mengatasi uban di usia muda, Dream.co.id memiliki beberapa cara dan tips agar uban yang telah muncul bisa tersamarkan dengan baik. Berikut cara dan tips yang bisa kalian terapkan :

2 dari 6 halaman

Cara alami menghilangkan uban

a.    Menggunakan Lemon dan Minyak Kelapa

 Lemon and Coconut Oil
Kandungan vitamin E, vitamin K, dan zat besi yang terdapat di minyak kelapa dapat membantu meregenerasi sel pada batang rambut. Selain kandungan di minyak kelapa, vitamin C yang terkandung di Lemon juga sangat dibutuhkan oleh rambut. Untuk membuat racikan ini, dapat mencampurkan satu perasan lemon dengan 3-5 sendok minyak kelapa. Aduk hingga rata dan racikan ini siap untuk diaplikasikan ke rambut kita.

b.    Minyak Kemiri

 Hazelnut Oil
Minyak kemiri dikenal sebagai salah satu minyak yang dapat menumbuhkan rambut dan memberikan warna hitam ke rambut kita. Asam lemak dan vitamin yang terkandung di minyak kemiri sangat membantu untuk menghilangkan uban yang ada di rambut. Aplikasikan minyak kemiri ke rambut anda sesuai dengan petunjuk yang tertera.

Jika Sahabat Dream menginginkan minyak kemiri buatan sendiri, anda dapat membakar kemiri hingga gosong dan tumbuk kemiri menjadi bagian kecil. Peraslah tumbukan kemiri tersebut dan taruhlah ditempat yang bersih dan aman.

3 dari 6 halaman

c.    Daun Jambu Biji

Daun jamu biji ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi uban loh Sahabat Dream. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggilah membuat daun jambu biji juga berguna untuk mengatasi uban. Daun jambu biji dapat membuat rambut kita menjadi kuat dan membuat pigmen rambut kita tetap terjaga.

 Guava Leaf
Cara menggunakan daun jambu biji ini adalah dengan menumbuk beberapa helai daun jambu biji dengan air hingga halus. Kemudian oleskan tumbukan daun jambu biji tersebut ke rambut kita.


d.    Bawang Bombay

 onion
Bawang Bombay memiliki kandungan enzim katalase yang cukup tinggi. Enzim Katalase ini sendiri bermanfaat untuk menghilangkan hydrogen peroksida yang terdapat pada rambut yang dimana zat tersebut merupakan salah satu faktor memicu timbulnya uban. Parut bawang bombay hingga halus, yang kemudian akan diambil sarinya. Kemudian oleskan sari bawang bombay yang sudah disiapkan tadi ke seluruh rambut kita.

4 dari 6 halaman

e.    Asam Folat dan Vitamin B12

Kekurangan asam folat dan vitamin B12 dapat menyebabkan muncul uban di usia muda. Pada saat ini sebagian besar orang lebih memilih makanan junkfood daripada makan sayuran. Untuk itu, banyak sekali kaum muda yang sudah mulai memiliki uban. Menambah kandungan asam folat dan vitamin B12 ke dalam tubuh sangatlah mudah dilakukan.

 Folic Acid and Vitamin B12
Asam folat banyak terkandung didalam sayuran yang memiliki warna hijau, seperti bayam, brokoli, kubis, dan lain-lain. Selain terdapat pada sayuran, asam folat juga banyak terkandu didalam buah alpukat, pisang, papaya dan buah bit. Vitamin B12 juga banyak terkandung didalam daging-dagingan seperti daging ayam, sapi, ikan, kerang.

5 dari 6 halaman

Cara untuk mencegah uban di usia muda

a.    Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat dan vitamin B12.

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa asam folat dan vitamin B12 sangat dibutuhkan untuk mencegah timbulnya uban.

b.    Menggunakan pelindung kepala

 Head Protection
Menggunakan pelindung kepala pada saat melakukan kegiatan diluar ruangan sangat dianjurkan agar tidak minimbulkan uban. Uban juga dapat muncul karena terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

c.    Menggunakan minyak rambut

Jangan menggunakan minyak rambut sembarangan untuk diaplikasikan pada rambut yang beruban. Gunakanlah minyak rambut yang telah dianjurkan diatas, ataupun dapat menggunakan minyak almond dan zaitun. Menggunakan minyak rambut bertujuan untuk tetap memberikan nutrisi kepada rambut kita setiap saatnya.

6 dari 6 halaman

d. Produk yang mengandung biotin

 Biotin
Biotin merupakan salah satu vitamin yang dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut. Vitamin ini juga dapat membantu mempertahankan warna hitam rambut agar tidak pudar. Selain menggunakan produk biotin ini, diharapkan juga banyak mengkonsumsi almond dan oat agar dapat membuahkan hasil yang maksimal.

e. Menggunakan kopi dan teh

Penggunaan kopi dan teh dalam merawat rambut beruban sangat dibutuhkan. Kopi dan teh dapat digunakan sebagai bahan pewarna rambut yang alami. Cara menggunakan kopi dan teh adalah dengan didihkan kopi atau teh selama 10-15 menit, beri sedikit minyak kedalam kopi tersebut. Bilas rambut dengan menggunakan larutan tersebut secara teratur.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id