Wajah Glowing Bebas Minyak ala MUA Korea

Tips Trick | Senin, 18 Oktober 2021 06:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kamu hanya memerlukan satu trik sederhana.

Dream - Sekilas terlihat sederhana, namun membuat riasan natural bukanlah hal mudah. Kamu harus bisa memakai produk seminimal mungkin dengan coverage yang cukup untuk menyamarkan kekurangan wajah.

Tidak cukup sampai di situ, kamu juga harus membuat kulit tampak glowing tanpa terlihat terlalu berminyak serta menimbulkan rasa tidak nyaman pada wajah. Walaupun terkesan sulit, namun membuat riasan glowing tanpa berminyak bukanlah tidak mungkin.

Kamu hanya perlu melakukan beberapa trik makeup sederhana untuk mewujudkannya. Salah satu trik yang dilakukan Makeup Artist Korea untuk membuat wajah terlihat glowing tanpa menyebabkan kulit berminyak adalah menggunakan tisu.

Wajah Glowing Bebas Minyak ala MUA Korea
Memiliki Wajah Glowing. (Source: Shutterstock)
2 dari 9 halaman

Menggunakan skincare terlebih dulu

Trik tersebut dicoba oleh pemilik akun TikTok @veliaveve_. Sebelum menerapkan trik makeup ala Korea, dia menggunakan produk perawatan kulit terlebih dahulu.

 Menggunakan Sunscreen© TikTok @veliaveve_

Setelah memakai tabir surya dan membiarkannya hingga menyerap, Velia mengambil tisu kering. Tisu kering tersebut dilipat dan ditempelkan pada satu sisi wajah untuk menyerap minyak berlebih.

3 dari 9 halaman

Menggunakan tisu untuk menyerap minyak berlebih

 Menyerap Minyak Berlebih Menggunakan Tisu© TikTok @veliaveve_

" Ini gue pakai dulu di sisi kanan. Di-tap aja pelan-pelan dengan sabar pakai hati dan perasaan," katanya.

Ia tidak menyarankan untuk menggosok wajah dengan tisu karena dapat menghapus produk perawatan kulit yang telah diaplikasikan.

4 dari 9 halaman

Berikut hasil akhirnya

" Kalau digosok skincare-nya yang hilang. Karena ini tujuannya hanya untuk mengangkat sisa-sisa minyak skincare yang nggak dibutuhin" . Setelah mengangkat minyak berlebih, kamu bisa membuat makeup yang terlihat glowing tanpa menyebabkan kulit berminyak.

@veliaveve_

BERGUNA BANGET. tau trik ini dari makeup artist drakor😭 ##gayadirumah ##samasamaditiktok ##wualaaa

♬ Say So (Instrumental Version) [Originally Performed by Doja Cat] - Elliot Van Coup

 

5 dari 9 halaman

Mencoba Teknik Makeup Jamsu Ala Korea yang Bikin Wajah Glowing Natural

Dream - Semakin banyak trik makeup yang bisa dilakukan untuk membuat riasan lebih menarik dan tahan lama sesuai keinginan. Trik makeup yang diunggah ke media sosial kebanyakan menampilkan hasil maksimal dan bisa mengubah penampilan.

Salah satu trik makeup yang masih sering dilakukan dan dikembangkan adalah jamsu technique.

 Mencoba Teknik Makeup Jamsu Ala Korea yang Bikin Wajah Glowing Natural© Dream

Teknik ini disebut banyak digunakan wanita maupun makeup artist Korea untuk membuat riasan yang natural, glowing, dan tahan lama.

Jamsu technique telah menjadi tren di Korea sejak 2016 dan cukup banyak orang yang mencoba ke dalam riasan wajahnya hingga kini. Trik ini dilakukan dengan merendam wajah yang telah dirias ke dalam baskom berisi air dingin selama 30 detik agar hasil riasannya sesuai harapan.

6 dari 9 halaman

Mencoba jamsu technique

 Content Creator Mencoba Jamsu Technique© TikTok @janes_cs

Salah satu Content Creator TikTok @janes_cs turut menjajal trik tersebut. Dia memulai riasannya dengan memakai flawless priming water yang disemprotkan ke seluruh wajah.

" Ini untuk (jenis) kulit normal cenderung kering. Jadi, hasilnya lebih hydrating dan glowing," katanya.

Langkah berikutnya adalah mengaplikasikan foundation yang sesuai dengan warna kulitnya menggunakan kuas.

 Mengaplikasikan Foundation© TikTok @janes_cs

Tak lupa, Janes meratakan foundation ke seluruh wajah menggunakan spons.

" Tahapan kedua complexion, biasanya concealer. Kalau nggak mau pakai juga nggak apa-apa sih," lanjutnya.

Dia mengaplikasikan concealer menggunakan aplikatornya di bawah inner serta outer corner mata. Setelah membaurkan concealer ke seluruh bawah mata, Janes memakai cream contour berwarna cokelat hangat di bawah tulang pipi, kedua sisi hidung, bawah dagu, rahang, serta di bawah hairline.

7 dari 9 halaman

 Memakai Cream Contour© TikTok @janes_cs

Ketika cream contour sudah membaur dan terlihat natural, ia memakai cream blush berwarna merah muda di tulang pipi. Lalu, cream blush dibaurkan menggunakan spons ke arah terluar wajah.

 Memakai Blush© TikTok @janes_cs

Aplikasikan sedikit sisa blush pada dagu untuk membuat wajah terlihat lebih merona. Setelah itu, Janes mengaplikasikan setting powder menggunakan spons di bawah mata, di bagian tengah dahi, dan di bawah tulang pipi.

Tahap terakhir, Janes meratakan kembali setting powder yang sudah diaplikasikan menggunakan kuas.

Saat riasannya sudah sempurna barulah Janes menjajal teknik Jamsu dengan cara yang berbeda.

8 dari 9 halaman

Melakukan teknik jamsu

Janes yang mengaku tak bisa menahan napas cukup lama memutuskan untuk menyemprotkan priming water sebanyak-banyaknya ke wajah yang sudah di-makeup tersebut. Dia melakukannya ke seluruh bagian wajah hingga terlihat sangat glowing 

 

 Menyemprotkan Setting Spray ke Seluruh Wajah© TikTok @janes_cs

Setelah teknik berbeda itu selesai, Janes membiarkan riasannya selama 10 menit sambil mengipasi wajah. Ia juga menunjukkan penampilan riasannya 10 menit setelah melakukan teknik jamsu.

Wajahnya terlihat glowing secara natural. Meski telah menggunakan produk yang bertekstur krim dan diperuntukkan bagi kulit kering, penampilannya tidak terlihat berlebihan atau berminyak.

" Lebih kayak menyatu dengan kulit kan. Nggak dempul but flawless gitu loh," tuturnya sambil memamerkan penampilan wajahnya lebih dekat dengan kamera.

9 dari 9 halaman

Lihat Hasilnya

Tidak berhenti sampai di situ, riasannya dilanjutkan dengan merapikan bentuk alis menggunakan pensil yang bertekstur agak creamy.

Ia pun menggunakan shimmer eyeshadow berwarna cokelat, membuat wing eyeliner berwarna hitam, menambahkan highlighter di tulang pipi, sepanjang tulang hidung, dan cupid's bow, memakai lipstik berwarna merah muda di tengah bibir, memakai lip gloss, serta menyemprotkan setting spray.

@janes_cs

Seribu satu teknik makeup. Teknik apa lagi ini?! #makeuptutorial #jamsutechnique #studiotropik @studio.tropik

♬ Say So (Instrumental Version) [Originally Performed by Doja Cat] - Elliot Van Coup

 

Hasil riasan yang terlihat natural dan glowing dengan teknik jamsu ala Korea itu membuat warganet ingin membuat gaya riasan serupa.

" Asli cakep bgt," kata @azahrafaraditha.

" Baguuus bgt... kaya your skin but better," puji @fayfaza.

" Keren banget teh bagus ajarin lagi ya teh teknik2 yg laen," komentar @31876205449.

" Nah aku suka bgt make up ini," tulis @laylanurlela8.

Join Dream.co.id