Tren Skinmalism Membuat Perawatan Kulit Lebih Hemat dan Sehat

Tips Trick | Selasa, 30 Juni 2020 16:35
Tren Skinmalism Membuat Perawatan Kulit Lebih Hemat dan Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cocok dilakukan selama pandemi.

Dream - Hidup minimalis menjadi tren selama beberapa tahun terakhir. Mulai dari perlengkapan rumah hingga skincare. Di pertengahan tahun lalu, tren skincare sangat populer di Korea dan beberapa negara. Tren ini merupakan kebalikan dari 10 langkah perawatan kulit.

Jadi, seseorang tidak lagi harus melewati proses panjang dan bisa merawat kulit secukupnya. Dilansir oleh Times of India, penelitian Mintel di tahun lalu menunjukkan bahwa 28 persen wanita di Inggris telah mengurangi produk skincare yang dipakai secara rutin.

Produk skincare asal Jepang, Miral Clinical juga mempopulerkan tren skin fasting, dimana kamu bisa beraktivitas tanpa memakai produk skincare apapun selama beberapa waktu untuk membiarkan kulit ‘beristirahat’ serta lebih segar.

Dermatologis asal India, Simal Soin, juga menyadari bahwa kliennya telah mengurangi produk skincare.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Produk Skincare

 Merawat Kulit© Shutterstock.com

Skinmalism mengharuskan kamu mengurangi produk skincare yang dipakai. Dermatologis, Jamuna Pai mengatakan bahwa fungsi dasar kulit adalah melindungi seluruh organ tubuh di dalamnya.

“ Saat memakai terlalu banyak produk, kulitmu akan terganggu,” kata Pai. Untungnya, pandemi bisa membuat kita memakai lebih sedikit produk skincare dan fokus pada pembersihan, pemakaian toner serta melembapkan, atau bahkan memberi waktu istirahat dari perawatan kulit.

Soin menambahkan bahwa sebenarnya, perawatan kulit sangat sederhana. “ Bersihkan wajah di pagi dan malam hari. Gunakan day cream serta serum vitamin C untuk mencerahkan wajah di pagi hari. Lalu, gunakan tabir surya dengan SPF 25 untuk melindungi kulit dari sinar UV.”

3 dari 3 halaman

Merawat Kulit

 Merawat Kulit© Shutterstock.com

Pai menjelaskan bahwa seseorang harus fokus pada perawatan kulit daripada produk yang harus dimiliki. Bersihkan, lindungi, lembapkan dan eksfoliasi merupakan hal yang ia utamakan dalam merawat kulit.

Ia menyukai produk multifungsi seperti tabir surya yang mengandung pelembap. Produk tersebut bisa menghemat pengeluaran serta pemakaian produk pada wajah.

Soin menyarankan untuk memilih kombinasi produk yang tepat dan cocok untuk kulitmu. Meskipun produk multifungsi bermanfaat bagi kulit, namun pemakaian skincare kombinasi antara pembersihan, pemakaian toner dan pelembap tidak disarankan. Ketiga hal tersebut membuat perawatan kulit kurang efektif.

(Sumber: Times of India)

Join Dream.co.id