Tips Pakai Ulang Sun Screen Tanpa Merusak Makeup

Tips Trick | Senin, 11 Mei 2020 07:17
Tips Pakai Ulang Sun Screen Tanpa Merusak Makeup

Reporter : Dwi Ratih

Begini caranya, Sahabat Dream!

Dream - Melindungi wajah dari pancaran sinar UV menggunakan sun screen memang sebuah keharusan sebab sinar UV dapat merusak dan bisa menimbulkan sel kulit mati.

Kesibukan yang diakibatkan bekerja membuat kita sangat malas bila re-apply sun screen di waktu-waktu tertentu, terutama ketika wajah sudah penuh dengan makeup.

Karena hal itu membutuhkan sedikit effort jika menggunakan sun screen kembali ketika memakai makeup, sehingga harus re-touch makeup kembali. Namun, jika kamu tak ingin makeup rusak akibat re-apply sun screen berikut ada tipsnya.

2 dari 5 halaman

Tips 1

Kamu memerlukan sun screen dan spons wajah yang keras karena spons tersebut tidak akan mengambil atau memindahkan makeup dari wajah.

Beri bintik-bintik sun screen di seluruh wajah dan gunakan spons dengan gerakan mengusap.

Ini adalah cara yang bagus untuk menggunakan kembali sun screen tanpa merusak makeup, lho.

ilustrasi wanita© Shutterstock

3 dari 5 halaman

Tips 2

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, mungkin perlu menggunakan tips ini. Siapkan dan gunakan bedak padat dengan SPF minimal 30. Setelah 2-3 jam lalu gunakan sun screen.

Ilustrasi makeup© Shutterstock

Jadi, sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan sun screen, ya, Sahabat Dream. Selamat mencoba!

(Laporan: Cindy Azari, Sumber: Boldsky)

4 dari 5 halaman

Perlindungan Optimal, Ini Jumlah Sunscreen yang Harus Dipakai

Dream - Pemakaian sunscreen sangat dianjurkan untuk mencegah pigmentasi serta tanda penuaan. Sayangnya, tidak sedikit yang mengabaikan pemakaian sunscreen.

Padahal, pemakaian sunscreen pun tidak menjamin kulit terlindungi sepenuhnya dari sinar matahari. Kamu harus memakainya dengan benar untuk bisa mendapatkan perlindungan ekstra.

Sahabat Dream tidak harus memakai sunscreen dengan SPF tinggi jika hanya beraktivitas di dalam ruangan. Cukup gunakan yang mengandung sun protection formula (SPF) 30 atau 50 jika sering terpapar matahari dan polusi.

Setelah itu, gunakan sunscreen setiap 3-4 jam sekali untuk memaksimalkan kembali perlindungannya. Aplikasikan lebih sering ketika sering berkeringat atau luntur akibat cuci muka.

5 dari 5 halaman

Perhatikan Formula dan Dosis

Menurut Spesialis Kulit dan Kelamin, Arini Astasari, sunscreen sebaiknya dipakai sebanyak 2 miligram per sentimeter persegi.

" Biasanya, dianjurkan 2 miligram per sentimeter persegi. Tapi, sunscreen itu tergantung formulanya juga. Ada yang cream, lotion dan lain-lain," ungkapnya di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu 2 Februari 2020.

Mungkin terdengar agak sulit untuk menakarnya secara tepat. Secara umum, penggunaan sunscreen berformula cream pada wajah atau leher sebanyak setengah sendok teh.

Pada lengan dan torso sebanyak satu sendok teh. Untuk di kaki sebanyak 2 sendok teh. Takaran ini tidak berlaku untuk sunscreen berformula lotion atau spray.

Baca aturan pakai pada produk jika bingung dengan takarannya. Beberapa produk pun bisa menggunakan takaran yang berbeda-beda. Pakailah dengan jumlah cukup agar lebih aman dan tidak menyebabkan jerawat.

Join Dream.co.id