Tips Pakai Kondisioner Agar Rambut Tetap Bervolume

Tips Trick | Jumat, 21 Februari 2020 11:12
Tips Pakai Kondisioner Agar Rambut Tetap Bervolume

Reporter : Cynthia Amanda Male

Tentunya agar tidak lepek.

Dream - Tak semua orang sadar pentingnya memakai conditioner bagi kesehatan rambut. Padahal, conditioner dapat mencegah berbagai kerusakan rambut seperti kerontokan.

Salah satu penyebab seseorang tidak menggunakan conditioner adalah kondisi rambut yang lembap dan berminyak setelah pemakaiannya.

 Ilustrasi keramas© shutterstock.com

Efeknya tak terlalu berpengaruh pada jenis rambut tebal atau keriting. Rambut akan terlihat sangat berminyak dan lembap setelah pemakaian conditioner pada rambut tipis.

Namun, sebenarnya rambut tipis pun harus menggunakan conditioner. Yang diperlukan hanyalah memakai conditioner berbahan dasar air.

 

2 dari 6 halaman

Cara pengaplikasian sangat berpengaruh

" Conditioner kan sifatnya acidic. Berarti kalau dicuci pakai conditioner akan gampang disisir. Kalau rambutnya tipis pakai waterbased conditioner akan tetap bervolume," tutur Hairdresser, Teddy Luntungan dalam peluncuran produk Lolane Intense Care Keratin Hair Repair di Tiga Lima Coffee, Jakarta Pusat, Kamis 20 Februari 2020.

Umumnya, conditioner yang dijual di pasaran berformula krim. Sehingga, rambut akan terasa lebih lembap, jatuh dan tipis.

 Lolane© dream.co.id

" Cream based nggak cocok untuk rambut tipis. Seperti kalau pakai krim di muka atau tangan kan berat. Kalau bahan dasarnya air kan lebih ringan," jelasnya.

Cara pengaplikasian conditioner juga berpengaruh pada rambut. Aplikasikan conditioner hanya di ujung rambut untuk mencegah kerontokan akibat patah serta mempermudah ketika ingin menyisir.

" Orang berasumsi conditioner bikin tidak bervolume. Padahal, yang disemprot itu cuma ujungnya aja. From zero to 20 cm itu kering, sisanya dipakaikan conditioner," tutupnya.

3 dari 6 halaman

Seberapa Sering Harus Mencuci Rambut?

Dream - Setiap orang punya cara sendiri untuk merawat rambut. Ada yang keramas setiap hari, ada juga yang hanya beberapa kali seminggu.

Namun sebenarnya bagaimana sih, aturan keramas yang benar?

Menurut pakar kecantikan dan stylist, Julian Farel, mencuci rambut harus disesuaikan dengan kondisi kulit kepala dan rambut masing-masing.

" Rambut memang terhindar dari lepek dengan keramas, namun jika dilakukan setiap hari, hal itu akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya kering sehingga mudah patah," kata Julian dilansir dari Mirror.

 Rambut© Foto: Shutterstock


Julian merekomendasikan untuk mencuci rambut selama dua atau tiga hari sekali. Jika rambut sudah terasa lepek, Sahabat Dream dapat mencucinya dengan air bersih sebelum keramas di keesokan hari.

Namun hal ini tidak berlaku bagi rambut yang mengalami kerusakan.

Terlalu sering men-styling rambut akan membuatnya kehilangan nutrisi. Kamu dapat memakai kondisioner ketika sedang tidak keramas untuk mempertahankan kekuatan rambut.

Kondisioner berfungsi menutup lapisan kutikula yang melindungi batang rambut. Dengan kondisioner, rambut tidak mudah patah dan bercabang. Selamat mencoba Sahabat Dream!

(ism, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

4 dari 6 halaman

Tak Disangka, Daun Jambu Bisa Menyehatkan Rambut

Dream - Daun jambu biji telah menjadi bahan utama yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Bahan ini diklaim dapat membantu menebalkan rambut dan mengatasi kerontokan.

Sifat anti peradangan dan antimikrobialnya juga diklaim dapat mengatasi berbagai masalah rambut. Bisa membuat rambut jadi lebih sehat dan berkilau.

Daun ini memiliki sifat antioksidan dan mengandung vitamin B, C serta analgesik yang mampu menutrisi rambut. Dilansir dari Miss Kyra, berikut manfaat daun jambu biji lainnya pada rambut.

Menyehatkan Kulit Kepala

Seperti yang telah diungkapkan, daun jambu biji mengandung analgesik dan sifat anti peradangan, antioksidan serta antimikrobial. Efeknya adalah dapat menyehatkan kulit kepala. Kamu hanya perlu memijat rambut dengan sari daun jambu biji pada akar rambut dan kulit kepala.

5 dari 6 halaman

Membersihkan dan Menyegarkan


 Inovasi Masker Rambut untuk Si Pemalas© MEN


Daun jambu biji dapat menghilangkan debu dan kotoran pada kulit kepala. Memijat rambut dengan daun jambu biji bisa membuat rambutmu bebas ketombe serta minyak berlebih. Rambut pun akan lebih lembut dan kuat.

Memperlancar Sirkulasi Darah

 Cara Membuat Masker Rambut Secara Alami, Mudah dan Aman© MEN

Kemampuan bahan alami ini dalam memperlancar sirkulasi darah dapat menutrisi serta menyehatkan folikel rambut. Pijat kulit kepala dengan daun jambu biji secara rutin agar rambutmu lebih tebal, sehat dan tidak rontok.

 

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jambu sangat kaya akan vitamin C yang dapat memicu produksi kolagen. Daunnya juga memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kedua kandungan ini membuat daun jambu biji bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Melindungi dari Bahaya Sinar Matahari

  Ini Rahasia Rambut Sehat Wanita Berhijab© Dream

Bahan ini mengandung likopen yang mampu melindungi rambut dari sinar bahaya sinar UV. Terutama, jika kamu sering berada di bawah paparan sinar matahari. Buat masker rambut dengan bahan ini dan gunakan secara teratur.

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id