Tips Mengikir Kuku Agar Tampak Sehat dan Mengilap

Tips Trick | Rabu, 1 April 2020 11:12
Tips Mengikir Kuku Agar Tampak Sehat dan Mengilap

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kamu juga harus memilih pengikir kukunya.

Dream - Mengikir kuku merupakan perawatan yang sempat tren di masa sekolah. Kukumu akan terlihat bersih dan mengilap setelah dikikir. Namun untuk membuat kuku yang bersih dan mengilap, kamu harus melakukan teknik tertentu.

Jika kamu belum tahu teknik mengikir agar lebih rapi, berikut tips Essie Lead Global Educator, Rita Remark serta Celebrity Manicurist, Angel Williams, sebagaimana dilansir Makeup.com.

Cara Tepat untuk Mengikir Kuku

“ Kamu harus mengetahui bahwa pengikir kuku hanya untuk membentuk, bukan memotongnya,” kata Remark. Jadi, jangan memotong kuku dengan pengikir. “ Pertama-tama, gunakan pemotong kuku dan rapikan bentuk ujung kukumu dengan pengikir,” tutur Williams.

Untuk mencegah kesalahan dalam membentuk kuku, mulailah dari sudut dan fokus di area tersebut. Mengikir kuku dengan gerakan ke kiri dan kanan bisa membuatmu lebih sulit mendapatkan bentuk yang tepat.

“ Kikiir kuku dengan gerakan searah dari satu sudut ke bagian tengah,” ujar Williiam. Lalu, pindah ke sisi lain dan rapikan bentuk kuku secara keseluruhan. Jangan terlalu menekan kuku di bagian pinggir agar tidak terpotong. Pastikan pengikir kuku tetap lurus selama digunakan.

2 dari 6 halaman

Mengapa Jenis Pengikir Kuku Berpengaruh Pada Hasilnya

Pengikir Kuku© Shutterstock.com

“ Semakin besar bagian kasar pada pengikir kuku, semakin halus kukumu,” ungkap William. Pengikir kuku berukuran 240 atau lebin tinggi dinilai lebih kasar. “ Pengikir kuku yang lebin abrasif cocok untuk kuku yang tebal seperti pada ibu jari,” imbuh Remark.

“ Sedangkan yang berukuran 180 atau lebih rendah, digunakan untuk merapikan bentuk kuku dan terbuat dari akrilik serta gel,” tambah William. Jika kukumu tipis atau rapuh, kamu membutuhkan pengikir lebih halus seperti yang berbahan kristal.

“ Jika kutikulamu sangat kering atau tebal di sisi kuku, kamu bisa mengusap bagian kulit yang tebal dengan pengikir. Ini akan meningkatkan penyerapan kelembapan serta melembutkan kulit,” pungkas Remark. 

3 dari 6 halaman

4 Kesalahan Umum Saat Melakukan Manikur di Rumah

Dream - Tidak dipungkiri bahwa kuku yang lentik dan cantik bisa meningkatkan penampilan seorang wanita. Karenanya, banyak yang melakukan perawatan kuku agar selalu tampak cantik setiap saat.

Sayangnya, tidak semua wanita bisa merawat dan mempercantik kuku di rumah. Beberapa bahkan melakukan kesalahan saat merawat kuku.

Dilansir dari MissKyra.com, berikut ini adalah kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan manikur di rumah.

Manikur© shutterstock.com

Mengocok botol cat kuku

Seringkali sebagian wanita mengocok botol cat kuku sebelum mengoleskannya pada kuku. Padahal, kebiasaan seperti ini bisa menciptakan gelembung di dalam cat kuku.

Perlu diketahui, cat kuku yang bergelembung akan merusak hasilnya saat kamu mengaplikasikannya pada kuku. Alih-alih mengocok, kamu hanya perlu menggulung botol cat kuku dengan kedua telapak tangan.

4 dari 6 halaman

Hanya Menggunakan Satu Lapisan

Manikur© shutterstock.com

Dengan alasan hemat, kita cenderung hanya menggunakan satu lapisan cat kuku pada kuku. Padahal, hanya satu lapisan saja tidak cukup. Selain terlihat tipis, satu lapisan ini akan membuat cat kuku mudah terkelupas. Karena itu, saat mengoleskan cat kuku, gunakan dua atau tiga lapis untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

5 dari 6 halaman

Tidak Menggunakan Lapisan Dasar

Bukan bermaksud membuat proses pelapisan cat kuku jadi panjang, tapi saat melakukan manikur, sebaiknya menggunakan lapisan dasar terlebih dahulu. 

Manikur© shutterstock.com 

Jika tidak menggunakan lapisan dasar yang transparan, cat cuku akan mudah pecah dan retak akibat pengaruh minyak alami yang ada di kuku. Selain itu, langsung menggunakan cat kuku akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan dari kuku.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Alat dari Logam

Kamu mungkin sering melihat para profesional menggunakan alat-alat yang terbuat dari logam saat melakukan manikur. Jika kamu menggunakan alat yang sama di rumah, kamu harus hati-hati.

Manikur© shutterstock.com

Alat manikur dari logam bisa merusak kuku dan menimbulkan rasa sakit jika tidak bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Lebih baik menggunakan alat manikur dari kayu yang lebih aman dan bebas rasa sakit saat memakainya.

Join Dream.co.id