Tips Mencegah dan Mengatasi Hiperpigmentasi di Seluruh Tubuh

Tips Trick | Minggu, 25 Oktober 2020 15:27
Tips Mencegah dan Mengatasi Hiperpigmentasi di Seluruh Tubuh

Reporter : Cynthia Amanda Male

Buat warna kulitmu merata.

Dream - Hiperpigmentasi seringkali terjadi pada wajah. Biasanya, hal ini disebabkan oleh bekas jerawat dan paparan sinar UV.

Tapi, hiperpigmentasi bisa meluas hingga ke area kulit lainnya. Beberapa di antaranya bisa hilang sendiri seiring waktu namun sisanya bersifat permanen dan sulit dihilangkan.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mencegah munculnya hiperpigmentasi di seluruh area kulit. Dilansir dari Boldsky.com, berikut tips mengatasi dan mencegah penyebaran hiperpigmentasi.

2 dari 4 halaman

Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Menggunakan Tabir Surya© Shutterstock.com
Sinar UV merupakan penyebab hiperpigmentasi paling umum. Sehingga, sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan memakai tabir surya sebelum beraktivitas di pagi hari.

Aplikasikan di wajah, lengan, tangan, tungkai dan kaki. Gunakan juga di area tubuh yang tidak tertutup pakaian. Jangan lupa aplikasikan kembali setiap 3-4 jam atau ketika luntur akibat keringat atau terkena air.

3 dari 4 halaman

Mencegah iritasi kulit

Memakai Skincare© Shutterstock.com
Iritasi dapat memicu peradangan dan menyebabkan hiperpigmentasi. Cegah iritasi dan peradangan kulit agar tidak memicu hiperpigmentasi. Gunakan produk perawatan kulit yang tidak mengiritasi secara intens agar tetap ternutrisi.

Sesuaikan skincare dengan usiamu

Hiperpigmentasi bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Produksi melanin bisa dipengaruhi oleh usia dan membuat beberapa area kulit menjadi lebih gelap.

Oleh karena itu, gunakan produk perawatan kulit sesuai dnegan usia dan kebutuhan kulitmu untuk melawan hiperpigmentasi.

4 dari 4 halaman

Memakai aloe vera gel

Aloe Vera Gel© Shutterstock.com
Aloe vera gel dapat menyegarkan, melembapkan dan menutrisi kulit. Bahan alami ini juga dapat membantu proses regenerasi dan mencerahkan area kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Pijatkan aloe vera gel pada area yang mengalami hiperpigmentasi dan lakukan beberapa kali sehari. Ini akan membuat hiperpigmentasi memudar.

Berkonsultasi dengan dermatologis

Jika hiperpigmentasi belum memudar, konsultasikan dengan dermatologis. Apalagi, jika hiperpigmentasi terus muncul. Mungkin, kamu perlu memakai produk atau melakukan perawatan tertentu untuk mengatasinya.

(Sumber: Boldsky.com)

Join Dream.co.id