Tips Memilih Sabun Kewanitaan yang Tepat dan Nyaman

Tips Trick | Selasa, 24 September 2019 19:48
Tips Memilih Sabun Kewanitaan yang Tepat dan Nyaman

Reporter : Cynthia Amanda Male

Seperti apa ya?

Dream - Kesehatan kulit jadi perhatian utama buat para wanita dalam berpenampilan. Sayangnya masih banyak areal tubuh yang jarang diperhatikan terutama bagian area kewanitaan. 

Selain kulit wajah, Sahabat Dream tentu tahu jika area kewanitaan cenderung lebih sensitif. Namun banyak yang tak tahu cara merawat bagian kulit ini.

Sebagian wanita mungkin membersihkan area kewanitan dengan sabun biasa. Padahal ada perlakuan khusus jika mau merawat bagian tubuh ini.

Kamu bisa memulainya dengan memakai sabun khusus kewanitaan. Sabun kini sudah disesuaikan dengan pH area tersebut sehingga aman dipakai dan terasa lebih nyaman.

" Daerah intim perlu dirawat supaya tidak infeksi, gatal, bau atau iritasi. Daerah intim itu biasanya, pHnya sekitar 5. Jadi harus pakai sabun yang sesuai pHnya," tutur Nurhayatini, Product Manager PT Natural Nutrindo dalam acara peluncuran rangkaian terbaru Corine de Farme Intimate Care di Lalla Restaurant, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September 2019.

 Corine de Farme© dream.co.id/Cynthia Amanda Male

Foto: Nurhayatini, Product Manager PT Natural Nutrindo (tengah)/Dream.co.id-Cynthia Male

2 dari 8 halaman

Perhatikan saat menstruasi

Perawatan khusus area kewanitaan sebaiknya dimulai saat sudah menstruasi. Di periode ini, miss V menjadi lebih lembap karena lebih tertutup dan terkontaminasi pH darah yang lebih netral.

" Sebaiknya pas sudah menstruasi, karena darah haid itu pHnya 7. Jadi akan mengganggu daerah intim yang pHnya asam. Tapi orangtua mulai mengenalkan sebelum mens, jadi anak sudah tahu harus menggunakan apa," tambahnya.

3 dari 8 halaman

Pilih yang segar

Agar lebih nyaman, Sahabat Dream bisa memilih sabun kewanitaan tertentu. Kamu bisa memilih sabun yang membuat area tersebut terasa lebih segar atau wangi maupun disesuaikan dengan kulit sensitif.

" Bisa pilih yang mengandung ekstrak almond yang melembapkan dan menenangkan. Bisa juga yang aloe vera untuk menyegarkan. Atau yang ada kandungan bunga lily dan prebiotik supaya wangi dan memelihara bakteri baik. Atau bisa juga pakai 2in1, supaya praktis dan bisa dipakai sebagai sabun badan," katanya.

 Corine de Farme© dream.co.id/Cynthia Amanda Male

4 dari 8 halaman

Lakukan secara rutin

Saat membeli, pastikan sabun kewanitaanmu menggunakan bahan alami dan mengandung asam laktat untuk memastikan produknya aman serta bersifat asam.

" Jangan lupa dibersihkan secara rutin tapi cukup dua kali sehari supaya tidak berlebihan. Dan jangan membersihkan sampai ke dalam vagina, hanya bagian luarnya saja (vulva)," tutup Tini.

 

5 dari 8 halaman

7 Tips Jaga Kesehatan Area Kewanitaan

Dream - Salah satu perawatan yang paling sering diabaikan adalah menjaga kesehatan area intim. Lebih dari 75 persen wanita tidak menyadari bahwa area kewanitaan mereka butuh perawatan lebih intensif.

Kebanyakan wanita akan datang ke dokter ahli ketika sudah mengalami ketidaknyamanan. Seperti misalnya ketika terserang iritasi atau gatal di area tersebut.

Seperti dilansir dari Times of India, seorang dokter ginekolog, Suman Bijlani memberikan beberapa tips mengenai perawatan area intim wanita.

 

6 dari 8 halaman

Beberapa cara sederhana menjadi kunci utama dalam merawat kesehatan `miss v`. Seperti halnya sebuah tindakan pencegahan agar berbagai penyakit tidak menghampiri. Dari pada penasaran, simak langsung yuk di bawah ini:

1. Secara rutin membasuh dan membersihkan miss v. Hal ini sebagai sebuah tindakan pencegahan terhadap penyakit yang berkaitan dengan ketidaknyaman di area kewanitaan.

Agar tetap terjaga kebersihannya, bersihkan organ intim 2-3 kali dalam sehari. Terutama saat musim hujan dan saat siklus menstruasi untuk menjaga infeksi di area G-spot.

2. Hindari Sabun dan Air

Hindari pemakaian sabun dan air, karena berkaitan erat dengan keseimbangan pH yang harus tetap dijaga. Sabun mengandung pH 5,5 yang cocok digunakan untuk kulit pada umumnya.

Namun, pada area miss v yang lebih sensitif dibutuhkan kadar pH lebih rendah. Berkisar antara  pH 3,8 hingga 4,5 saja. Sehingga area intim dapat terhindar dari rasa sakit, kekeringan serta iritasi yang menjadi pertumbuhan bakteri berbahaya.

7 dari 8 halaman

3. Dilarang Gosok

Dilarang untuk menggosok area intim, apalagi menggunakan spon dan benda-benda semacamnya.

Miss v memiliki kulit yang sangat halus sehingga dikhawatirkan akan tergores yang menimbulkan rasa sakit. Hanya perlu menggunakan handuk lembut untuk mengeringkannya.

4. Basuh dari Depan

Pastikan membersikan daerah kewanitaan dengan membasuh bagian depan ke arah belakang.

Gerakannya berupa gosokan maju mundur menuju anus. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri berbahaya yang berada di anus menginfeksi miss v.

5. Minyak Alami

Mencuci miss v menggunakan sabun berbahan kimia dapat membuatnya menjadi kering. Namun, secara alami akan terjadi reaksi kimia seperti asam laktat yang membantu menjaga keseimbangan pH dan membantu mengembalikan kelancaran organ intim kewanitaan.

Gunakan minyak alami seperti minyak pohon teh yang dapat menjaga kualitas dan wangi segar alami miss v.

8 dari 8 halaman

6. Bawahan Katun

Usahakan untuk selalu memakai bawahan berbahan katun, yang terbuat dari kapas yang paling lembut dan menjadi bagian dari kain yang aman untuk dikenakan. Sehingga hal itu melancarkan sirkulasi udara yang memungkinkan kelembaban dapat cepat terserap.

7. Hindari Busana Ketat

 Mengenakan pakaian yang nyaman, serta hindari pakaian ketat yang dapat membatasi sirkulasi udara.

Hal itu dapat mengakibatkan daerah kewanitaan mengalami dikompresi atau berkerut dengan cara yang tidak wajar.

Join Dream.co.id