Tips dan Rambu-Rambu Tampil Casual di Kantor bagi Wanita Kariera

Tips Trick | Rabu, 17 Juli 2019 14:12
Tips dan Rambu-Rambu Tampil Casual di Kantor bagi Wanita Kariera

Reporter : Sugiono

Ada beberapa 'rambu' yang harus diperhatikan wanita karier jika ingin tampil casual di saat bekerja di kantor.

Dream - Bagi wanita karier, mengenakan baju kerja menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi, saa ini bisa tampil lebih kasual dengan baju kerja. Tidak lagi kaku.

Dulu, tidak sedikit perusahaan yang menyediakan baju kerja berbentuk seragam agar para pegawai tampil profesional dan terlihat resmi.

Namun kini, banyak perusahaan yang mengizinkan wanita karier untuk tampil lebih kasual agar suasana kerja tidak tegang dan kaku.

Meski begitu, gaya baju kerja casual bisa jadi jebakan jika Sahabat Dream tidak berhati-hati.

Ada beberapa 'rambu' yang harus diperhatikan jika ingin tampil casual di saat bekerja di kantor.

Dilansir oleh Reader's Digest, berikut tips dan 'rambu' memakai baju kerja kasual di kantor yang bisa dipraktikkan.

1. Tampil dengan Warna Cerah

Vicki Salemi, pakar karier di Monster, mengatakan, warna-warna terang adalah cara mudah untuk membuat tampilan setelan biru, abu-abu, dan hitam, terlihat lebih cerah.

" Warna-warna terang akan sedikit mencerahkan nada warna yang kalem ini," katanya.

Tapi jangan pilih warna merah dan ungu. " Merah dan ungu adalah warna yang kuat. Apakah saya akan menyarankan klien, kolega, atau teman untuk tampil mengenakan setelan ungu cerah untuk wawancara? Tentu saja tidak. Tetapi, tidak menjadi masalah jika memakai blus ungu atau yang mencolok dan berwarna-warni, bahkan dalam budaya kantor yang lebih konservatif seperti perusahaan keuangan."

2 dari 6 halaman

2. Memperhatikan Penampilan Teman Kantor

Jika kamu adalah orang baru di lingkungan kerja, coba perhatikan budaya kantor dan penampilan teman kerja kamu.

Memerhatikan penampilan teman kerja adalah langkah penting agar kamu bisa menyesuaikan dengan budaya kantor.

" Semakin kamu mengenal mereka, semakin kamu bisa menyesuaikan kepribadian dan gaya busana kerja kamu," kata Salemi.

3 dari 6 halaman

3. Jangan Memakai Perhiasan Berlebihan

Rambu yang satu ini seolah sudah menjadi kesepakatan bersama di antara para pakar karier.

" Tidak ada yang lebih mengganggu dan terdengar risih daripada suara gemerincing perhiasan saat seseorang berjalan ke ruangan kantor," kata sytlist, Alison Deyette.

Jadi pakailah perhiasan yang ringan, seperti kalung yang tipis atau bangle manset tunggal. " Jangan sampai perhiasan dan aksesori yang dikenakan mengalihkan perhatian," tambah Salemi.

4 dari 6 halaman

4. Jangan Memakai Baju dengan Pundak Terbuka atau Menerawang

Meski berada di kantor yang mengizinkan baju kerja kasual, jangan memakai baju dengan pundak terbuka atau yang menerawang. Meski menjadi tren akhir-akhir ini, kedua gaya busana itu tidak cocok untuk dipakai di tempat kerja.

5 dari 6 halaman

5. Pilih Celana Straight Jeans

Jika memilih memakai celana berbahan denim, pilih yang model straight jeans. " Straight jeans lebih konservatif dan mudah dipadukan dengan jaket atau blazer," kata Deyette.

Dia menyarankan untuk memakai yang warna gelap. Lebih gelap lebih bagus.

6 dari 6 halaman

6. Untuk Interview, Tampil Formal

Salemi mengatakan untuk interview, dia menyarankan pelamar kerja untuk tampil formal meski perusahaan memiliki kebijakan untuk tampil casual bagi para karyawannya.

" Saya tidak pernah melihat pelamar kerja gagal mendapatkan pekerjaannya karena penampilan mereka formal. Tapi saya sering melihat kebalikannya, mereka yang tampil casual sulit untuk mendapatkan pekerjaan," katanya.

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id