Camkan! Sinar Ponsel Bisa Membahayakan Kulit dan Picu Penuaan

Tips Trick | Minggu, 24 Mei 2020 17:01
Camkan! Sinar Ponsel Bisa Membahayakan Kulit dan Picu Penuaan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Bagaimana cara mengatasinya?

Dream - Bahaya sinar matahari bagi kulit telah diketahui hampir semua orang. Tapi, belum banyak yang menyadari jika sinar dari ponsel, laptop, komputer atau gawai lainnya ternyata bis berbahaya pada kulit.

Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian membuktikan bahwa sinar kebiruan dari gawai menyebabkan masalah kulit yang sama dengan sinar UV pada matahari.

Sinar kebiruan pada layar gawai merupakan panjang gelombang pendek yang memancarkan banyak energi. Sayangnya, sinar layar gawai hanya memiliki dampak buruk di antaranya menyebabkan penuaan, kerutan serta hiperpigmentasi.

Pada orang yang berkulit gelap dan memiliki banyak melanin, mereka akan lebih rentan mengalami kemerahan serta pigmentasi akibat sinar dari layar gawai.

Sinar tersebut akan merusak kolagen dan menghasilkan noda hitam serta menyebabkan hiperpigmentasi. Untuk mencegah dampak buruk sinar layar gawai, kamu perlu menggunakan tabir surya meski berada di dalam rumah.

Kandungan SPF dalam tabir surya akan melindungi kulit dari paparan sinar yang berbahaya. Jika masih mengalami masalah kulit, berkonsultasilah pada dokter kulit.

(Sumber: Times of India)

2 dari 6 halaman

Seberapa Penting Memakai Skincare di Malam Hari?

Dream - Pemakaian produk perawatan kulit di pagi maupun malam hari sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Di pagi hari, pemakaian skincare bekerja untuk melindungi kulit dari paparan berbagai zat yang berbahaya.

Sedangkan di malam hari, skincare bekerja untuk menyegarkan, menutrisi serta meregenerasi kulit.

Dilansir dari Miss Kyra, pakar menyatakan, pelembap dan produk lainnya akan membantu tubuh meregenerasi sel ketika tidur di malam hari.

Inilah mengapa kamu harus memakai skincare di malam hari. Seperti pembersih wajah, toner, serum, krim mata, spot treatment, pelembap, retinol dan face oil.

Kamu perlu memastikan kecocokan produk pada kulit dan urutan pemakainnya agar lebih efektif. Tentukanlah produk yang benar-benar dibutuhkan dan cocok dengan jenis kulitmu serta urutannya.

Jika kamu memakainya dengan benar, setiap produk akan menyerap sempurna ketika tidur. Disarankan untuk memakai skincare satu jam sebelum tidur untuk memastikan penyerapannya sempurna.

(Sumber: Miss Kyra)

3 dari 6 halaman

4 Bahan Alami Ini Ancam Kesehatan Kulit

Dream - Meski natural, namun tidak semua bahan alami akan berdampak baik untuk kesehatan kulit. Beberapa di antaranya tidak seharusnya dipakai secara langsung untuk kulitmu. 

Dilansir dari Times of India, berikut bahan alami yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Lemon

 Lemon© Shutterstock.com

Jika digunakan dalam jumlah banyak, lemon dapat bersifat abrasif dan membuat kulitmu terasa perih. Kamu bisa menggunakan buah yang memiliki rasa asam ini dalam jumlah sedikit.

4 dari 6 halaman

Pasta Gigi

 Pasta Gigi© Shutterstock.com

Pasta gigi diklaim dapat mengatasi jerawat. Padahal, hal tersebut merupakan mitos. Pemakaian pasta gigi pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan ruam.

5 dari 6 halaman

Baking Soda

 Baking Soda© Shutterstock.com

Baking soda juga dapat mengiritasi kulit, terutama yang memiliki kondisi sensitif. Selain itu, memakai baking soda pada kulit juga dapat menyebabkan banyak efek samping.

6 dari 6 halaman

Cuka

 Cuka Apel© Shutterstock.com

Sama seperti lemon, pemakaian cuka dalam jumlah banyak dapat mengiritasi kulit serta menimbulkan rasa perih. Jika kulitmu terbakar, kamu akan mengalami pigmentasi yang sulit dihilangkan.

(Sumber: Times of India)

Join Dream.co.id