Sudah Coba Bersihkan Wajah dengan Cleansing Balm?

Tips Trick | Rabu, 13 Oktober 2021 10:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cari tahu proses pembersihannya.

Dream - Memakai riasan yang sempurna seringkali membuat perempuan enggan menghapusnya. Apalagi, jika proses untuk meriasnya memakan waktu berjam-jam.

Padahal, hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menghapus riasan di seluruh wajah. Jangan pernah malas untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

Hal tersebut  dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Mulai dari komedo, jerawat, hingga penuaan dini. Maka dari itu, sangat penting untuk menghapus makeup sebelum tidur.

Kamu bisa memakai micellar water, milk cleanser, cleansing oil, cleansing wipes jika dalam keadaan darurat, atau cleansing balm. Cleansing balm sendiri merupakan pembersih wajah yang sedang tren saat ini.

Sudah Coba Bersihkan Wajah dengan Cleansing Balm?
Membersihkan Wajah. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Apa itu cleansing balm?

 Membersihkan Makeup© Shutterstock

Cleansing balm dapat mengikat minyak pada wajah. Sehingga, wajahmu bersih dari kotoran, debu, sisa makeup, serta minyak berlebih.

Meski begitu, pembersih wajah beformula tebal, bertekstur krim, dan berbahan dasar minyak ini dapat menjaga kelembapan kulit. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kulit akan terasa kering setelah dibersihkan.

Teksturnya yang lembut juga membuat cleansing balm sangat aman digunakan untuk membersihkan riasan maupun kotoran di bawah mata. Kamu pun tidak perlu takut area bawah mata terkena gesekan berlebih ketika membersihkan wajah dan menyebabkan penuaan dini.

Dilansir dari Pure Wow, kamu hanya perlu menggunakan sedikit cleansing balm dan gunakan untuk memijat wajah dengan gerakan memutar. Setelahnya, bersihkan wajah dengan air hangat.

Kamu pun bisa menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat untuk melakukan eksfoliasi dan memaksimalkan pembersihan wajah. Gunakanlah cleansing balm ketika wajah terasa sangat berminyak dan kotor. (mut)

Laporan : Syifa Putri Naomi

3 dari 6 halaman

Cegah Jerawat hingga Tanda Penuaan dengan Memperkuat Lapisan Pelindung Kulit

Dream - Salah satu tujuan utama pemakaian skincare adalah memperkuat lapisan pelindung kulit. Jika lapisan pelindung kulitmu cukup kuat, kulit tidak akan mudah mengalami berbagai masalah seperti komedo, jerawat, hiperpigmentasi, bahkan tanda penuaan sekalipun.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu menjaga kelembapan kulit. Jika kelembapan kulitmu terjaga, lapisan pelindung kulit pun akan tetap kuat menangkal berbagai masalah.

Sering Digunakan sebagai Perawatan Tambahan, Ini Manfaat Clay Mask

Umumnya, pelembap yang terjual di pasaran mengandung asam hyaluronat atau HA dengan kemampuan mengikat molekul air, sehingga hidrasinya bisa terkunci.

4 dari 6 halaman

Kandungan skincare yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit

 Memakai Pelembap© Instagram @bloomka_id

Pemakaian pelembap yang mengandung HA disarankan untuk dilakukan setelah menggunakan toner.

Perlukah Menunggu Skincare Terserap Sebelum Memakai Produk Lainnya?

" Sebelum memakai pelembap yang mengandung hyaluronic acid, disarankan mukanya lumayan basah seperti habis pakai toner. Karena sifatnya mengikat molekul air, jadi hidrasinya dikunci," ungkap Shekinah Magda, Brand Manager Bloomka, pada peluncuran Happy Barrier Melted Moisturizer, Senin 11 Oktober 2021.

Masih banyak kandungan skincare lainnya yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, seperti ceramide dan kolesterol. Mungkin, Sahabat Dream familiar dengan kandungan ceramide yang ada pada pelembap dari sejumlah brand kecantikan ternama.

Namun, bagaimana dengan kolesterol? Apa manfaatnya untuk kulit? Meski dikenal sebagai hal yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata kolesterol merupakan kandungan yang masih berkaitan dengan ceramide.

Sehingga, keduanya memiliki fungsi yang sama. Magda pun mengungkapkan bahwa kedua kandungan tersebut sering diletakkan berdekatan pada kolom ingredients suatu produk karena keduanya sangat mirip.

5 dari 6 halaman

Kandungan skincare yang dapat mencegah iritasi kulit

 Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Memilih produk yang dapat mencegah iritasi juga penting ketika ingin memperkuat lapisan pelindung kulit. Apalagi, jika kulitmu sedang mengalami gejala iritasi, seperti kering, perih, kemerahan, kulit mengelupas, atau terdapat sensasi terbakar.

Usia Sudah 81 Tahun Wajah Minim Kerutan, Ini Rahasia Nenek Diandra

Jika ingin mencegah dan meredakan iritasi, gunakan produk yang mengandung poria cocos, calendula, serta sea buckthorn. Ketiganya mampu menenangkan dan mempermudah penyembuhan kulit.

6 dari 6 halaman

Tips tambahan

Meski sudah memilih produk dengan kandungan yang tepat, selalu pastikan skincare tidak mengandung pewangi buatan, alkohol, maupun paraben. Terutama, jika konsentrasinya cukup tinggi.

Kamu bisa memperkirakan tinggi rendahnya konsentrasi masing-masing kandungan skincare dengan memperhatikan urutan ingredients yang tertulis pada produk.

MUA Dandan 3 Jam Ubah Wajah Mirip Joker, Hasilnya Dipuji Layak Dapat Medali

Jika kandungannya ditulis di awal kalimat, itu tandanya konsentrasi kandungan tersebut paling tinggi. Namun jika tertulis di paling akhir, berarti konsentrasinya paling rendah.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit pada wajah. Pastikan juga wajahmu sudah benar-benar bersih.

Hindari pemakaian produk perawatan kulit terlalu banyak. Namun jika ingin memaksimalkan kelembapan kulit sebelum tidur, kamu bisa menggunakan lebih banyak pelembap agar terasa seperti memakai sleeping mask dan membuat wajah lebih kenyal di pagi hari.

Join Dream.co.id