Redakan Masalah Kulit Setelah Terpapar Panas dengan 3 Langkah Mudah

Tips Trick | Selasa, 10 Maret 2020 10:12
Redakan Masalah Kulit Setelah Terpapar Panas dengan 3 Langkah Mudah

Reporter : Cynthia Amanda Male

Pastikan kamu melakukan hal-hal berikut.

Dream – Harus beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas, kadang kala harus kita lakukan. Terutama jika pekerjaan lebih banyak di area outdoor. Kondisi tersebut tentunya bisa membuat kulit sangat tidak nyaman.

Setelah aktivitas di luar ruangan saat panas, kulit biasanya akan mengalami keluhan. Mulai dari kemerahan, perih, gatal hingga mengelupas. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Apa saja? Yuk, simak.

Memakai SPF
Sun protection formula (SPF) atau tabir surya sangat bermanfaat untuk berbagai masalah kulit, termasuk yang datang di kala udara panas. Pilih jenis SPF yang cocok dengan kulitmu dan sesuaikan dengan durasi berapa lama kamu berada di luar ruangan.

Mengganti Sabun
Ganti sabun dengan yang berbahan ringan, bersifat anti bakteri serta dapat menenangkan kulit. Cari yang mengandung tea tree oil untuk meredakan peradangan pada kulit.

Aloe Vera
Aloe vera merupakan bahan alami yang dapat menenangkan kulit saat terpapar matahari. Bisa menggunakan gel aloe vera yang banyak dijual. Taruh dalam kulkas agar lebih menyegarkan dan ampuh mengatasi ruam.

Sumber: Misskyra

2 dari 5 halaman

Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

Dream - Kulit kering dan dehidrasi memiliki karakteristik yang serupa, seperti sensitif, mengelupas, kemerahan serta gejala lainnya.

Tapi, kedua kondisi kulit tersebut memiliki penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu lebih dulu masalah kulit.

Untuk pemeriksaan awal, kamu bisa mengusap wajah dengan tangan dan lihat apakah ada kulit yang mengelupas, sensitif atau kering.

 Ilustrasi wanita cantik© shutterstock.com

 

3 dari 5 halaman

Dehidrasi tanda kekurangan air

 ilustrasi kulit kering© shutterstock.com

Kulit juga akan terasa seperti tertarik setelah membersihkan wajah, bahkan mengalami peradangan di cuaca dingin. Ini adalah tanda kulit kering.

Jika terdapat garis halus di dahi dan mata atau wajahmu terlihat kusam, berarti kulitmu dehidrasi. Ketika memakai foundation pun akan lebih patchy.

Kulit dehidrasi merupakan tanda kekurangan air di lapisan teratas kulit. Lapisan tersebut membutuhkan sekitar 10-15 persen air. Ketika kekurangan air, kulitmu akan dehidrasi.

 

4 dari 5 halaman

Banyak minum air mineral

Dehidrasi tidak hanya dialami pada kulit kering. Padahal, masalah ini bisa dialami semua jenis kulit. Untuk mengatasinya, minumlah air yang cukup kerika merasa kulit mengering atau kusam.

 ilustrasi air putih© shutterstock.com

Dilansir dari Miss Kyra, Founder Pfeffer Sal Skincare Clinic di London, Andrea Pfeffer menyatakan bahwa banyak hal bisa menyebabkan kulit dehidrasi.

“ Kelembapan kulit dapat terkikis akibat paparan AC, cuaca, kurang tidur, kurang minum, kafein, mandi air panas serta perawatan yang tidak intens,” jelasnya.

 

5 dari 5 halaman

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B

Bagi pemilik kulit kering, hindari produk yang dapat merusak bagian teratas kulit dan merusak keseimbangan pH.

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B secara rutin.

“ Vitamin B dapat melembapkan dan memperbaiki lapisan serta menenangkan kulit. Sehingga sangat bermanfaat untuk merawat kulit kering,” tambahnya.

 Ilustrasi wanita cantik© shutterstock.com

Kulit kering akan terasa tertarik dan sensitif ketika disentuh. Kamu juga akan merasa gatal saat pergantian cuaca atau terpapar AC maupun panas.

Kerap berenang di kolam yang penuh klorin atau berada di dalam sauna juga dapat membuat kulit kering.

Join Dream.co.id