Memakai Eyeshadow Atau Foundation Terlebih Dulu?

Tips Trick | Selasa, 7 April 2020 06:43
Memakai Eyeshadow Atau Foundation Terlebih Dulu?

Reporter : Cynthia Amanda Male

Manakah yang lebih dulu dipakai?

Dream - Setiap wanita mengaplikasikan makeup degan cara berbeda. Mungkin kamu salah satu wanita yang memakai foundation terlebih dulu sebelum menggunakan eyeshadow

Sementara, yang lainnya memakai eyeshadow terlebih dulu agar fallout-nya tidak mengotori complexion. Jadi, sebenarnya cara mana yang tepat?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut pendapat Makeup Artist, Priscilla DiStasio dan Ashlee Glazer, sebagaimana dikutip dari laman Makeup.com.

Memakai Eyeshadow Terlebih Dulu

Ini merupakan cara yang dilakukan oleh kedua makeup artist. Terutama, ketika memakai glitter eyeshadow atau warna bold. “ Makeup mata yang menimbulkan banyak fallout akan aku pakai sebelum foundation,” kata Glazer.

Glitter harus dipakai sebelum memakai complexion agar lebih mudah dihapus.” Ketika dipakai sebelum foundation, warnanya bisa mengotori complexion.

Sedangkan menurut DiStasio, memakai eyeshadow terlebih dulu membuat riasannya lebih natural. Terutama ketika membuat gaya makeup no-makeup.

“ Ketika mengaplikasikan foundation terlebih dulu, kamu akan merapikan keseluruhan penampilan, termasuk eyeshadow. Ini akan membuat riasanmu kurang menarik,” ungkap DiStasio.

“ Merias mata terlebih dulu juga membuat pemakaian concealer lebih sedikit.” Dengan memakai eyeshadow terlebih dulu, kamu bisa bereksperimen dengan makeup mata serta menentukan complexion yang cocok.

2 dari 6 halaman

Memakai Foundation Terlebih Dulu

 Memakai Eyeshadow© Shutterstock.com

Meskipun kedua makeup artist memilih teknik yang pertama, tapi kamu tetap bisa memakai foundation terlebih dulu. Terutama, jika pengaplikasian eyeshadow-nya tidak terlalu rumit.

Misalnya, kamu hanya menggunakan eyeshadow berwarna netral atau memakai glitter yang diaplikasikan dengan jari. Kamu bisa mencobanya terlebih dulu. Jika fallout-nya tidak terlalu banyak, cara ini akan lebin menghemat waktu.

Sedikit fallout juga bisa dibersihkan dengan kuas, tweezer atau selotip. Cara ini lebih efektif dilakukan jika kamu sulit menentukan makeup mata sebelum merias wajah. Jadi, sebenarnya kamu bisa memilih cara apapun yang mempermudah merias wajah.

(Sumber: Makeup.com)

3 dari 6 halaman

6 Tips Memakai Eyeshadow Agar Terlihat Lebih Rapi

Dream - Mata merupakan daya tarik terbesar dari keseluruhan wajah. Oleh karena itu, cara pengaplikasian eyeshadow sangat diperhatikan agar penampilan lebih sempurna.

 Ilustrasi hijaber cantik© shutterstock.com

Pengaplikasiannya pun tidak mudah. Kamu perlu berlatih dan membiasakan diri agar tidak salah menggunakan eyeshadow.

Dilansir dari Makeup.com, berikut tips dan trik menyempurnakan penampilan wajah dengan eyeshadow: 

4 dari 6 halaman

Langkah 1: Memakai Primer

Primer akan mempermudah pengaplikasian dan membuat eyeshadow lebih tahan lama. Kamu bisa menggunakan concealer atau foundation sebagai base eyeshadow primer.

 ilustrasi© shutterstock.com

Langkah 2: Mempertajam Warna Asli Mata

Pilihlah warna eyesahdow yang bisa mempercantik warna matamu.

Mata Biru: Eyeshadow peach atau cokelat bisa mempercantik mata biru. Kamu juga bisa memakai warna abu-abu.

Mata Hijau: Cobalah eyeshadow berwarna plum agar mata hijaumu terlihat lebih menarik.

Mata Cokelat: Hampir semua warna cocok dengan bola mata berwarna cokelat. Jika ingin mencoba beberapa warna, gunakan eyeshadow emas atau ungu.

5 dari 6 halaman

Langkah 3: Mengetahui Bentuk Mata

Mengetahui bentuk mata dapat membantumu memilih teknik shading yang tepat. Ini akan membuat matamu lebih menarik dan tampil sesuai yang kamu inginkan.

 ilustrasi mata© shutterstock.com

Langkah 4: Menentukan Area untuk Mengaplikasikan Warna

Tidak semua warna cocok digunakan di semua area mata. Bahkan, masing-masing warna eyeshadow memiliki area pengaplikasian sendiri-sendiri.

Warna Paling Terang: Ini adalah warna yang akan menjadi base eyeshadow. Aplikasikan warna ini di atas garis bulu mata hingga di bawah tulang alis. Gunakan di inner corner agar mata terlihat lebih terang.

Warna Kedua Paling Terang: Gunakan warna ini di seluruh kelopak mata. Baurkan warna ini dari garis bulu mata atas hingga lipatan mata.

Warna Kedua Paling Gelap: Warna ini digunakan untuk mengkontur lipatan mata. Aplikasikan di antara tulang alis dan kelopak mata untuk menambahkan dimensi.

Warna Paling Gelap: Ambil angled brush dan aplikasikan warna paling gelap pada garis bulu mata atas. Tambahkan juga pada garis bulu mata bawah jika ingin tampil lebih bold.

 

 

6 dari 6 halaman

Langkah 5: Baurkan dan Ratakan

Meratakan eyeshadow sangat penting dilakukan agar terlihat flawless. Jika tidak, eyeshadowmu akan terlihat berlebihan dan kurang natural. Gunakanlah kuas yang tepat untuk meratakan eyeshadow.

 ilustrasi mata© shutterstock.com

Langkah 6: Memilih Formula yang Tepat

Formula yang paling banyak ditemukan adalah pressed eyeshadow. Ini membuat pengaplikasian eyeshadow lebih rapi.

Cream eyeshadow merupakan pilihan tepat jika ingin membuat mata terlihat lebih glowing. Loose eyeshadow akan baik digunakan jika kamu sudah terbiasa memakainya. Eyeshadow ini paling mudah berantakan ketika dipakai.

Join Dream.co.id